Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Konawe

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Konawe

Kabupaten Konawe merupakan salah satu daerah yang ada provinsi Sulawesi Tenggara dan disebut sebagai lumbung beras di provinsi tersebut. Selain itu kabupaten Konawe ini terdiri dari 297 desa, 57 kelurahan dan 27 kecamatan. Nama-nama kecamatannya antara lain seperti kecamatan Abuki, Amonggedo, Anggaberi, Asinua, dan lain sebagainya. 

Sistem perekonomian yang ada di kabupaten Konawe dibantu dengan adanya kegiata ekonomi pada bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, industri, dan perdagangan. Sehingga dari segi perekonomiannya, wilayah ini bisa dikatakan cukup baik. 

Pesantren di Konawe

Perlu diketahui bahwa masayarakat yang ada di kabupaten Konawe, mayoritas adalah beragama muslim. Sehingga tidak heran apabila di kabupaten ini terdapat lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren yang menampung para santri agar belaar agama islam secara lebih mendalam.

Selain itu jumlah ponpes yang ada di kabupaten Konawe ada sekitar 12 pesantren dengan jumlah santri secara keseluruhan yaitu mencapai 2.197 orang dan banyaknya tenaga pengajar ada 148 orang. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Konawe

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Sulawesi Tenggara, khususnya yang ada di kabupaten Konawe adalah;

1. Pp. Al-Munawwarah

Daftar nama pondok pesantren pertama yang ada di kabupaten Konawe adala Pondok Pesantren Pp. Al-Munawwarah yang beralamat di Desa Tirawuta. Pondok pesantren Al Munawwarah merupakan salah satu ponpes terbaik yang ada di kabupaten Konawe.

Bahkan jumlah santrinya saat ini telah mencapai 427 orang. Sedangkan banyaknya tenaga pendidik yang mengajar dan membimbing para santri agar menjadi lulusan yang berbekal agama islam lebih baik lagi ada sekitar 16 orang. 

2. Pp. Birrul Walidain Nw 

Pondok Pesantren Pp. Birrul Walidain Nw beralamat di Jln. Balai No. 17desa Anahinunu. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren ini yaitu ada 126 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar di ponpes ini ada 9 orang. 

3. Royatul Islam

Pondok pesantren Royatul Islam lokasinya berada di Jl. Gagak Duriaasi Wonggeduku. Sedangkan banyaknya santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu ada sekitar 172 orang dengan 2 guru yang membimbing para santri tersebut. 

4. Al Mujahidin

Pondok Pesantren Al Mujahidin merupakan salah satu contoh pesantren yang ada di kabupaten Konawe. Jumlah santri menimba ilmu di ponpes ini yaitu ada 75 orang. Sedangkan banyaknya guru yaitu ada 7 orang. 

5. Pondok Pesantren Al-Anshor

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Al-Anshor beralamat di Jalan Poros Langgea. Banyaknya santri yang belajar ilmu pendidikan agama islam di pondok pesantren Al – Anshor yaitu ada 36 orang. Sedangkan jumlah gurunya sendiri ada 6 orang. 

6. Daarussholaah

Pondok Pesantren Daarussholaah beralamat di Lorong Mangkuasa. Pesantren Darussholaah diketahui mempunyai 55 santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes tersebut. Sedangkan jumlah guru yang membimbing para santri agar memiliki pendidikan agama yang baik dan akhlak karimah ada sekitar 6 orang.

7. Al-Muhajirin Darussalam

Pondok Pesantren Al-Muhajirin Darussalam beralamat di Jl. Poros Desa Ahuawatu. Santri yang ada di pondok pesantren Al – Muhajirin Darussalam jumlahnya ada 24 orang dengan 6 ustadz yang membimbing para santri. 

8. Annur Azzubaidi

Pondok Pesantren Annur Azzubaidi beralamat di Jl. S. Palulu Desa Larowiu Kec. Meluhu Kab. Konawe.

Ponpes ini termasuk pesantren yang memiliki banyak peminatnya di kabupaten Konawe. Hingga saat ini banyaknya santri yang belajar pendidikan agama islam di pesantren ada 410 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya mencapai 21 orang. 

9. Al-Anshor

Pondok Pesantren Al-Anshor  beralamat di Desa Langgea. Sedangkan jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 73 orang dengan 7 ustadz yang membimbing dan mengajarkan ilmu agama islam kepada para santri. 

10. Al-Ikhlas

Pondok Pesantren Al-Ikhlas beralamat di Desa Amberi. Ponpes yang satu ini merupakan pesantren yang memiliki kualitas baik dan banyak peminatnya. Jumlah santri yang belajar pendidikan agam islam di ponpes ini yaitu mencapai 433 orang dengan jumlah ustadz 33 orang.

Itulah saja nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Konawe"