Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Mamuju Utara yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Mamuju Utara

Kabupaten Mamuju Utara dimasa sekarang ini namanya telah berubah menjadi kabupaten Pasangkayu. Perlu diketahui bahwa kabupaten ini merupakan wilayah yang terdiri gabungan kecamatan Pasangkayu, Bambalamotu, Baras, dan Sarudu.

Selain itu dalam sektor perekonomiannya, kabupaten ini bergantung pada ranah pertanian maupun perkebunan. Salah satu hasil perkebunan yang dimanfaatkan untuk mendorong perekonomian di kabupaten ini yaitu buah jeruk. 

Pesantren di Mamuju Utara

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Mamuju Utara memang menjadi wadah pendidikan agama islam bagi generasi muda yang ingin memperdalam ilmu agamanya. Bukan hanya soal pendidikan agama islam saja, akan tetapi ponpes di Mamuju Utara ini juga memberikan bimbingan kepada para santri agar memiliki kepribadian yang terpuji.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Mamuju Utara

Daftar nama pondok pesantren yang ada di Sulawesi Barat, khususnya Kabupaten Mamuju Utara antara lain ialah sebagai berikut ini;

1. Nurul Jadid

Pondok Pesantren Nurul Jadid berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Nurul Jadid beralamat di Jln Pendidikan No. 10 Desa Saptanajaya Kec. Duripoku. Jumlah santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada sebanyak 150 orang yang terdiri dari 70 santri laki-laki dan 80 santri perempuan. 

2. Pondok Pesantren Al-Falah Baras

Pondok Pesantren Al-Falah Baras berdiri pada tahun 2008. Pondok Pesantren Al-Falah Barasberalamat di Jl PT Unggul Dusun Waekame.

3. Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al-Hikmah berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Al-Hikmah beralamat di Jl. Masjid No. 3 Desa Karave. Tokoh yang berhasil mendirikan ponpes ini yaitu bernama Zaenal Ngabidin. Sedangkan jumlah santri laki-lakinya yaitu ada 43 orang dan santri perempuannya ada 51 orang. 

4. Yadi Cabang Funju

Pondok Pesantren Yadi Cabang Funju berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Yadi Cabang Funju beralamat di Jl.Sp.V Lor III Dusun Maros Baru. Banyaknya santri yang menempuh pendidikan di ponpes Yadi Cabng Funju yaitu ada 168 orang yang terdiri dari 102 santri laki – laki dan 66 santri perempuan.

5. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl.ahmad Yani dusun Tanjung Babia.

6. Al-Bana Asing NW

Pondok Pesantren Al-Bana Asing NW berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Al-Bana Asing NW beralamat di Jl. Trans Sulawesi. Tokoh pendiri ponpes yang satu ini bernama H. Bana Asing. Selain itu jumlah santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes Al-Bana Asing NW yaitu ada 56 santri laki-laki dan 47 santri perempuan.

7. Thariqul Ulum

Pondok Pesantren Thariqul Ulum berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Thariqul Ulum beralamat di Jl. Poros Desa Tirta Buana Kecamatan Dapurang Kab. Pasangkayu.

8. Al-Khaerat

Pondok Pesantren Al-Khaerat berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Al-Khaerat beralamat di Jl. Pue Balorang.

9. Darul Ulum Benggaulu

Pondok Pesantren Darul Ulum Benggaulu berdiri pada tahun 2001. Pondok Pesantren Darul Ulum Benggaulu beralamat di Dusun Funju. Jumlah santri di ponpes ini ada sebanyak 104 orang yang terbagi atas 60 santri laki-laki dan 44 santri perempuan. Sedangkan nama tokoh pendiri pesantren Darul Ulum Benggaulu yaitu KH. Syamsuddin. 

10. Al-Munawwarah

Pondok Pesantren Al-Munawwarah berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Al-Munawwarah beralamat di Jl. Desa Sarjo.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Mamuju Utara yang Bagus"