Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan Pesantren

 

Jurusan Kuliah Lulusan Pondok Pesantren

Bagi sebagian masyarakat yang awam dengan lingkungan pesantren mungkin masih ada yang belum memahami bahwa lulusan pesantren pada dasarnya dapat memperoleh ijazah formal yang nantinya dapat digunakan untuk melanjutkan studi lebih lanjut.

Salah satu contohnya yaitu pondok pesantren yang memiliki jenjang pendidikan seperti Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), sehingga tentu ketika lulus dari pondok pesantren akan memperoleh ijazah formal yang didapatkan dari Kemendikbud. Sehingga dapat digunakan untuk mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.  

Jurusan Kuliah Lulusan Pesantren

Bagi para santri yang sudah lulus dari pondok pesantren jenjang pendidikan madrasah aliyah atau setara dengan tingkat SMA dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi tentu merasa bimbang untuk menentukan jurusan yang tepat bagi diri mereka sendiri.

Pada dasarnya penentuan jurusan kuliah bisa disesuaikan dengan bakat dan minat dalam diri agar sesuai dengan kemantapan hati. Karena toh banyak tokoh pesantren yang menjadi pemimpin di Indonesia.

Daftar Jurusan Kuliah Yang Cocok Untuk Lulusan Pesantren

Berikut dibawah ini beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang cocok untuk lulusan pondok pesantren, antara lain;

1. Bahasa

Umumnya anak santri selama belajar di pesantren akan diajarkan pendidikan bahasa setidaknya bahasa Arab dan Inggris.

Oleh karena itu tentunya ada beberapa santri yang merasa tertarik untuk mengembangkan dan mempelajari lebih lanjut kemampuan bahasa tersebut. Sehingga jurusan bahasa bisa menjadi salah satu alternatif pilihan jurusan saat memasuki dunia perkuliahan.  Baik misalnya untuk jurusan bahasa ini dalam ranah pendidikan seperti Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Bahasa Indonesia, ataupun dalam ranah sastra seperti Sastra Arab ataupun Sastra Inggris.

2. Keagamaan

Salah satu jurusan yang dapat dipilih lulusan pondok pesantren yaitu jurusan keagamaan. Tentunya jurusan ini masih sangat terhubung dengan hal-hal yang telah dipelajari di pondok pesantren. Program program studi yang bisa diambil antara lain seperti sastra arab, pendidikan agama islam, ilmu fikih dan lain sebagainya. 

3. Sastra 

Jurusan sastra juga bisa menjadi rekomendasi jurusan lulusan pondok pesantren yang ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.

Umumnya para santri yang ada di pondok pesantren akan diajarkan beberapa bahasa, seperti bahasa arab, bahasa indonesia, bahasa inggris dan lain sebagainya. Sehingga dengan pengajaran dan pengarahan yang telah diperoleh dari pesantren tersebut bisa diteruskan di jenjang perkualiahan dengan mengambil studi sastra inggris, sastra arab dan lainnya. Karena tak jarang banyak novel pesantren hasil tulisan para lulusannya.

4. Bisnis dan Manajemen

Bisnis dan manajemen merupakan jurusan kuliah yang didalamnya mempelajari tentang bisnis, ekonomi, beserta dengan pengelolaannya. Oleh karena itu para santri yang sekiranya telah memiliki minat untuk bisa mengetahui dunia perekonomian beserta siklus bisnis bisa mengambil jurusan yang satu ini.

5. Keguruan

Selanjutnya yaitu ada jurusan keguruan yang umumnya memiliki banyak peminat. Jurusan ini bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa diambil lulusan pondok pesantren. Karena pada dasarnya seorang santri ada yang tertarik untuk membagikan ilmu yang dimilikinya kepada orang lain, dan jurusan keguruan bisa menjadi langkah awal untuk menjadi seorang guru.

6. Hukum

Para santri yang memiliki minat untuk memperdalam masalah hukum-hukum negara beserta dengan aturan-aturan yang ada, maka bisa mengambil jurusan hukum ini.

Santri yang mengambiil jurusan hukum dan suatu saat menjadi jaksa atau hakim maka dapat memutuskan perkara dengan adil, benar, dan bijaksana sesuai dengan pendidikan akhlak yang diperoleh dari pondok pesantren.  

7. Sejarah dan Kebudayaan Islam

Jurusan sejarah dan kebudayaan islam juga menjadi salah satu rekomendasi jurusan yang dapat dipilih oleh lulusan pondok pesantren. Karena jurusan ini masih berkaitan dengan keagamaan dan budaya-budaya islam. 

8. Sains dan Teknologi

Sains dan teknologi juga menjadi salah satu jurusan yang dapat dipilih para santri, khususnya bagi para santri yang memang memiliki bakat dan minat dibidang tersebut. Salah satu program studi yang berkaitan dengan jurusan sains dan teknologi ialah teknik informatika. 

9. Ekonomi

Jurusan ekonomi pada dasarnya memiliki banyak cabang anatara lain yaitu akuntansi, ekonomi syariah, perbankan, dan lain-lain. Apalagi nama angkatan santri yang memiliki kemampuan dalam hal analisis, berhitung, dan pandai berkomunikasi bisa mengambil jurusan ini.

10. Seni Rupa

Terakhir yaitu jurusan seni rupa yang berkaitan dengan nilai-nilai estetika, keindahan, karya, dan lain sebagainya. Jurusan seni rupah ini mampu menjadi pendorong bagi lulusan pesantren untuk dapat lebih berkembang lagi karena pada dasarnya kreatifitas anak pesantren tidak bisa untuk diragukan.

11. Tafsir

Memanglah tidak ada persyaratan khusus yang bisa masuk dalam jurusan tafsir namun pastinya untuk mengambil Jurusan Tafsir Al Qur'an dan Tafsir Hadist lulusan pesantren memiliki nilai lebih dibandingkan dengan lulusan lainnya alasannya karena hal ini sejatinya sudah diajarkan sejak awal untuk ilmu pengetahuan dasarnya.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua semua kalangan. Berkenaan dengan rekomendasi jurusan perkuliahan yang cocok untuk lulusan pondok pesantren. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian ya.

Posting Komentar untuk "11+ Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan Pesantren"