Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Tempat Kursus Bahasa Arab Terbaik di Makassar

Kursus Bahasa Arab di Makassar

Bahasa Arab adalah bahasa yang seharusnya bukan menjadi sesuatu hal asing bagi umat muslim. Hal ini dikarenakan bahasa arab merupakan bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan bahkan digunakan dalam berbagai bacaan shalat, doa, dan lain-lain.

Perlu diketahui pula pada dasarnya bahasa arab juga telah masuk ke nusantara sejak ratusan tahun yang lalu dan masuk pada setiap sendi kehidupan masyarakat dengan melakukan berbagai macam kegiatan. Kegiatan-kegiatan tersebut diantaranya yaitu seperti hal adat dan budaya yang pada akhirnya membuat islam mampu diakulturasikan dengan sangat baik dan tetap menjaga akidah yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad yaitu akidah ahlussunnah waljama’ah.

Kursus Bahasa Arab di Makassar

Makassar adalah salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia selain dari kota Medan, Jakarta, dan Surabaya. Masyarakat yang ada di kota ini juga begitu beragam dengan berbagai suku bangsa yang menetap disana, antara lain seperti suku Makasar, Bugis, Buton, Jawa, Toraja, Mandar, dan lain-lain.

Selain itu Kota Makasar juga terkenal dengan pondok pesantren yang sangat baik, sehingga banyak lembaga pendidikan non formal maupun pendidikan informal seperti tempat kursus di daerah tersebut yang salah satunya adalah kursus bahasa arab.

Tempat Kursus Bahasa Arab di Makassar

Berikut dibawah ini yang merupakan tempat kursus bahasa arab yang ada di Makassar adalah : 

1. Indoles

Indoles adalah lembaga pendidikan dan pelatihan bahasa Arab yang telah berdiri sejak lama dan memiliki pengalaman yang baik dalam belajar bahasa Arab.

Hal ini juga ditunjukkan dengan adanya para guru les Indoles yang berasal dari kualifikasi terbaik di bidangnya masing-masing. Pada umumnya guru-guru tersebut memiliki pemahaman yang sangat baik dalam bahasa arab dan terutama untuk pemahaman ahlussunnah waljamaah. 

2. BISA Learning Centre (BLC)

Kursus bahasa arab Bisa Learning Centre (BLC) ini lokasinya berada di Jl Perintis Kemerdekaan KM 15, Daya, Makassar atau berhadapan langsung dengan Wisma KOOPSAU AURI. Pada kursus ini tersedia kelas bagi anak maupun orang dewasa.

Selain itu para pengajar uga dapat datang ke rumah. BLC sendiri sebetulnya adalah lembaga belajar bahasa Arab dan Al Qur'an terbesar yang ada di Indonesia, bahkan hingga saat ini telah tersebar di belasan kota.

Sedangkan untuk pengajarnya sendiri, kursus BLC ini didominasi oleh lulusan timur tengah ternama antara lain seperi Universitas Islam Madinah, Arab Saudi dan Universitas Al Azhar, Mesir dan juga dari LIPIA dan menjadi hafidz/ah 30 juz bersanad sampai Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam

3. Kursus Al Azahar

Kursus bahasa arab berikutnya yang ada di Makassar yaitu kursus al azhar yang berada di Jln. Cempaka No. 22 Tegalsari Tulungrejo Pare Kediri. Kursus yang satu ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya yaitu belajar lebih fleksibel karena melalui online sehingga bisa dilakukan kapan dan dimana pun.

Selain itu juga akan ada review materi yang membantu peserta kursus dalam mengingat materi-materi sebelumnya, dapat bertanya apa saja yang berhubungan dengan bahasa arab dengan guru dan pengajar online, memperoleh kumpulan E-book Bahasa Arab dan lain sebagainya.

4. STIBA Makasar

Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar adalah institusi Perguruan Tinggi Agama Islam yang juga membuka kursus bahasa arab bagi siapapun yang ingin belajar. Pada dasarnya institusi yang satu ini fokus pada pengaderan dai dan ulama, sehingga para alumni diharapkan dapat berkiprah secara profesional dan berdedikasi dalam dunia sosial.

Perlu diketahui bahwa STIBA Makassar tlah berdiri sejak 23 tahun yang lalu atau tepatnya pada tahun 1998 di bawah naungan Yayasan Pesantren Wahdah Islamiah (YPWI) Makassar. Mengenai kursus bahasa arab di institusi ini biasanya dilakukan selama 3 kali pertemuan dalam sepekan pada hari Senin, Rabu, Jumat pukul 16.00 sampai dengan 22.00.  

5. Markaz Imam Malik

Kursus ini hanya dikhususkan bagi muslimah dan terbuka untuk umum dengan usia min 18 th. Pelaksanaan kursus yaitu pada hari sabtu dan minggu pukul 08.30 hingga sampai 12.00. Guru atau pengajar kursus ini berasal dari alumni ma’had Al Uluum LIPIA Jakarta.

6. Almira Learning Centre

Almira Learning Centre adalah salah satu anak perusahaan dari AbuCorp. Kursus ini tidak hanya dibidang bahasa arab saja, akan tetapi juga pada bahsa inggris, menjahit, dan lain-lain.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama tempat kursus maupun belajar Bahasa Arab yang ada di Kota Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga bisa berguna ya.

Posting Komentar untuk "6+ Tempat Kursus Bahasa Arab Terbaik di Makassar"