Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Jabodetabek Yang Bisa Menjadi Pilihan

 

Pesantren di Jabodetabek

Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan agama Islam yang saat ini telah memiliki banyak peminat. Hal ini karena pesantren telah berkembang semakin baik dengan sistem pendidikan dan pengajar yang berkualitas.

Selain itu pondok pesantren juga berkembang pesat, sehingga hampir disetiap daerah di Indonesia terdapat pondok pesantren. Tak terkecuali yang berada di daerah Jabodetabek.

Pondok Pesantren di Jabodetabek

Salah satu wilayah yang memiliki pondok pesantren dengan kualitas yang baik yaitu daerah di Jabodetabek.

Dimana untuk wilayah Jabodetabek ini singkatan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Wilayah ini merupakan metropolitan Jakarta dan daerah disekitarnya. Pondok pesantren yang ada di sekitar Jabodetabek ini tentunya berada pada lokasi yang sangat strategis dan memiliki visi misi yang sangat baik. 

Daftar Pondok Pesantren di Jabodetabek

Berikut dibawah ini beberapa contoh daftar pondok pesantren terbaik yang ada di Jabodetabek adalah : 

1. Pondok Pesantren Darunnajah

Pertama yaitu ada pondok pesantren darunnajah yang memiliki jenjang pendidikan begitu lengkap mulai dari Paud, TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Selain itu kualitas ponpes darunnajah juga telah diakui oleh masyarakat luas maupun pemerintah. 

Sedangkan untuk kurikulum pendidikannya sendiri, pondok pesantren darunnajah menggunakan perpaduan kurikulum antara kurikulum pondok modern gontor dengan kurikulum nasional dan kurikulum pesantren salaf. 

2. Pondok Pesantren Daarul Rahman

Kedua yaitu ponpes darul rahman yang didirikan pada tanggal 11 Januari 1975. Alamat pondok pesantren daarul rahman yaitu berada di jalan Senopati Dalam II, No. 35 A Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Hingga saat ini PonPes Jakarta Selatan, bernama Daarul Rahman telah memiliki 3 cabang pondok yang meliputi jenjang pendidikan tingkat SMP dan SMA. 

3. Pondok Pesantren Asshidiqiyah

Pondok pesantren Asshidiqiyah didirikan pada bulan Juli 1985. Tokoh yang berhasil mendirikan Pondok Pesantren di Jakarta ini Almarhum DR. KH. Noer Muhammad Iskandar, SQ. Selain itu cabang pesantren ini juga telah menempati beberapa daerah diantaranya seperti di Bogor, Tangerang, Lampung, Jawa Barat, dan lain- lain. 

4. Pondok Pesantren Daar El Qalam

Pondok pesantren daar el qalam didirikan pada tanggal 20 Januari 1968 oleh Drs. K.H. Ahmad Rifa’i Arief. Seluruh pengajar yang ada di ponpes ini berasal dari lulusan ternama baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sehingga kualitas pengajar ponpes daar el qalam tidak dapat diragukan lagi. 

5. Pondok Pesantren Darul Ulum Lido

Pondok pesantren darul ulum lido termasuk salah satu pondok pesantren terbaik yang ada di Jabodetabek. Kurikulum di pesantren ini terbagi menjadi dua model yaitu Kurikulum al-‘ulûm al-tanzîliyyah dan Kurikulum al-‘ulûm al-kauniyyah. 

6. Pondok Pesantren Darul Quran

Ponpes darul quran merupakan pesantren yang didirikan oleh ustad Yusuf Mansur dengan tujuan untuk membangun kesadaran masyarakat agar kembali memegang teguh dan mencintai al quran. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam ponpes ini antara lain ialah shalat berjamaah, tahajud, dhuha, qabliyah, badiyah, menghafal, puasa dan lain sebagainya. 

7. Pondok Pesantren Darus Sunnah International Institute for Hadith Sciences

Pondok pesantren yang satu ini merupakan pesantren yang hanya berfokus pada pembelajaran dan pemahaman ilmu hadist.

Tokoh yang mendirikan pondok pesanren darus sunnah international institute for hadith sciences adalah Prof. Dr. K.H. Ali Mustafa Yaqub, MA. Alamat pondok pesantren ini berada di Jl, Inpres 02/09 Cireundeu Ciputat Timur. 

8. Pondok Pesantren Al Isyraq

Pondok pesantren al isyraq diresmikan sebagai lembaga pendidikan agama islam yaitu pada tanggal 6 Desember 2009. 

9. Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah

Pondok pesantren yang satu ini menawarkan jenjang pendidikan madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah atau setingkat dengan SMP maupun SMA. Fasilitas yang ada di pesantren ini juga terbilang lengkap, antara lain yaitu adanya masjid, gedung sekolah, asrama, dan lain sebagainya. 

10. Pondok Pesantren Putri Al Kenaniyah 

Terakhir yaitu ada ponpes putri al kenaniyah. Pesantren yang satu ini hanya menerima santriwati untuk belajar di pondok pesantren. Sistem pendidikan yang diselenggarakan dalam ponpes putri al kenaniyah antara lain yaitu TK, MI, SD, MTS, dan MA.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Semoga bisa berguna ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Jabodetabek Yang Bisa Menjadi Pilihan"