Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Surakarta

Pondok Pesantren Mahasiswa di Surakarta

Pondok pesantren di lingkungan kampus pada dasarnya bukan sesuatu yang baru. Justru kuliah dengan menjadi santri adalah hal yang patut dibanggakan dan harus dilandasi dengan penuh rasa semangat.

Selain itu kuliah dan menjadi santri secara langsung di pondok pesantren juga dapat mencetak generasi-generasi muda yang tidak hanya paham dengan intelektual umum, melainkan juga memahami agama dengan baik yang bisa digunakan sebagai bekal kehidupan di dunia dan akhirat. 

Pesantren Mahasiswa di Surakarta

Berbicara mengenai pondok pesantren mahasiswa, sebetulnya di Indonesia sendiri sudah terdapat banyak ponpes mahasiswa tersebut dengan sistem asrama dan lain-lain.

Salah satu pondok pesantren mahasiswa yang hingga saat ini diminati banyak orang dan terus di kembangkan adalah ponpes mahasiswa di daerah Surakarta. Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Kota Solo ini merupakan kota yang tidak pernah tidur, karena masyarakatnya yang penuh dengan berbagai kegiatan baik dari segi ekonomi, agama, sosial, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren Mahasiswa di Surakarta

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Solo, khususnya untuk mahasiswa. Antara lian;

1. Pondok Pesantren Al Fattah

Daftar pondok pesantren mahasiswa pertama yang ada di kota Surakarta adalah pondok pesantren al fattah. Pondok pesantren al-fattah adalah pondok pesantren yang lokasinya sangat dekat dengan kampus IAIN Surakarta yaitu hanya sekitar 400 meter.

Perjalanan dari kampus menuju pondok pesantren hanya berkisar 5 sampai dengan 10 menit, sehingga umumnya para mahasiswa hanya berangkat dengan berjalan kaki saja.

Santri yang belajar di ponpes al fattah akan mempelajari kitab kuning dan menghafal quran dengan sungguh-sungguh. Sedangkan untuk alamat lengkapnya yaitu berada di Krapyak RT 01 RW 10, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo.  

2. Pondok Pesantren Al Hikmah

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren al-hikmah yang lokasinya berada di Dk Hargosari RT 03 RW 02, Ds. Sraten, Gatak, Sukoharjo. Pondok pesantren ini mempelajari bebeapa disiplin keilmuan seperti kajian al quran, kitab kuning, tasawuf dan lain-lain. Sedangkan nama pengasuhnya ialah Kiai M. L. Miftahul Huda, S.Ag.

3. Pondok Pesantren Al Istiqomah

Ketiga yaitu ada pondok pesantren al istiqomah. Lokasi pondok pesantren al istiqomah yaitu berada di Jl. Slamet Riyadi RT 01 RW 12, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo.

Pada sementara waktu ini, pesantren al istiqomah hanya menerima santri perempuan, karena jumlah kamar yang terbatas. Selain itu dahulunya ponpes ini hanya berwujud langgar kecil yang terus dikembangkan hingga menjadi pondok pesantren al istiqomah seperti sekarang ini. Pengasuh pondok pesantren al istiqomah bernama K.H. Ismail Thoyyib dan Ibu Nyai Nur Fauziyah. 

4. Pondok Pesantren Al Muayyad

Pondok pesantren al muayyad adalah ponpes yang didirikan sejak tahun 1930 oleh K.H. Abdul Mannan dan K.H. Ahmad Shofawi serta Prof. R. M. Adnan.

Program pendidikan pondok pesantren di Jawa Tengah dengan nama Al-Muayyad ini ada dua yaitu pendidikan non formal yang meliputi tahfidzul quran dan madrasah diniyyah. Sedangkan yang kedua yaitu pendidikan formal yang meliputi pendidikan formal SMP, MA, dan SMA. Alamat lengkap pondok pesantren al muayyad yaitu berada di Jl. Samanhudi 64, Mangkuyudan, Surakarta. 

5. Pondok Pesantren Darussalam

Berikutnya yaitu ada pondok pesantren darussalam yang beralamat di Dusun IV, Gerjen, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Pengasuh pondok pesantren ini bernama K.H. Aminuddin Ihsan. 

6. Pondok Pesantren Mahasiswa Tahfidz Syifaul Quran

Daftar pondok pesantren mahasiswa di Surakarta yang terakhir adalah ponpes mahasiswa tahfidz syifaul quran. Pondok pesantren yang satu ini adalah pesantren mahasiswa yang dikelola langsung oleh Fakultas Ilmu Tarbiyah (FIT) dan Fakultas Adab dan Bahasa (FAB) IAIN Surakarta.

Salah satu pesantren mahasiswa di Indonesia ini terbentuk dengan tujuan agar para mahasiswa bisa lebih mudah mendapatkan fasilitas untuk memdalam hafalan al quran. Alamat lengkap pondok pesantren mahasiswa tahfidz syifaul quran yaitu berada di Kampung Alun-Alun Kidul RT 04 RW 02, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo. Sedangkan nama pengasuh pesantrennya adalah Dra. Hj. Noor Alwiyah, M.Pd.

Nah, itulah tadi artikel lengkap yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Semoga saja bisa berguna.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Mahasiswa Terbaik di Surakarta"