Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Lampung

Pondok Pesantren Tahfidz di Lampung

Ibu Kota Lampung yaitu Bandar Lampung dan daerah ini secara geografis berbatasan langsung dengan beberapa daerah seperti di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia, sebelah timur dengan Laut Jawa, dibagian selatan dengan Selat Sunda, sedangkan di utara berbatasan dengan Sumatera Selatan.

Lampung termasuk salah satu kota yang dikenal memiliki pendidikan agama secara baik, karena masyarakatnya yang menganggap bahwa ilmu agama sangat diperlukan dalam kehidupan dunia maupun akhirat. Oleh sebab itu, di Lampung terdapat banyak pondok pesantren dengan berbagai program salah satunya yaitu program tahfidz quran. 

Pesantren Tahfidz Qur’an di Lampung

Pondok pesantren tahfidz quran di Lampung merupakan lembaga pendidikan agama islam yang didirikan dengan tujuan untuk membina dan menciptakan lulusan yang berwawasan luas, memiliki sifat qurani, mampu memberikan teladan dan berakhlak mulia.

Selain itu pondok pesantren tahfidz quran yang ada di Lampung juga terdiri dari beberapa jenjang pendidikan mulai SD, SMP, maupun SMA.

Daftar Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Lampung

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren tahfidz quran di Lampung adalah;

1. Pondok Pesantren Roudlotul Quran

Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an merupakan ponpes tahfidz quran di Lampung yang didirikan oleh Almarhum Drs. KH. Ali Qomaruddin.

Pendirian pondok pesantren di Metro ini yaitu berlangsung pada tanggal 27 Juli 2001 dan diresmikan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Prof Said Husein Al Munawar pada waktu itu. Alamat ponpes roudlotul quran berada di Kecamatan Metro barat, Kota Metro, Provinsi Lampung Indonesia. 

2. Pondok Pesantren Tahfidz Al Quran Darut Tilawah

Alamat pondok pesantren tahfidz al quran darut tilawah yaitu berada di Jalan Pemir M. Noor, Gg. Karya Muda 2, Sumur Putri, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, Lampung. 

3. Pondok Pesantren Al Hikmah 

Pondok pesantren al hikmah memiliki beberapa jenjang pendidikan diantaranya yaitu madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah. Program tahfidz menjadi program utama di pesantren ini, akan tetapi ada program lainnya seperti bahasa arab dan inggris. 

4. Pondok Pesantren Tahfidz Quran Miftahul Jannah

Pondok pesantren tahfidz quran miftahul jannah alamatnya berada di Gg. Kutilang, Rajabasa, Raya, Kec. Rajabasa, Bandar Lampung. Ponpes ini termasuk ponpes terbaik yang ada di Lampung.

5. Pondok Pesantren Dewan Dakwah

Pondok pesantren dewan dakwah beralamat di Jl. Untung Suropati No. 70 Rt 10 Rw 01, Beringin Jaya Kemiling. Ponpes ini didirikan sejak tahun 2015 dengan jenjang pendidikan SMP dan SMA. 

6. Pondok Pesantren Mu At Tanwir

Pondok pesantren mu at tanwir merupakan salah satu ponpes tahfidz quran di Lampung yang tidak hanya fokus pada pendidikan agama saja. Akan tetapi para santri juga dapat mengasah kreatifitasnya melalui berbagai kegiatan di pondok seperti kegiatan mading, tapak suci, dan lain-lain. 

7. Pondok Pesantren Al Fatah

Pondok pesantren al fatah beralamat di Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Pesantren ini berdiri di atas lahan seluas 100 hektare dan para santrinya berasal dari berbagai penjuru seperti dari Malaysia, Afrika, Tiongkok, Italia, dan Maroko.

8. Pondok Pesantren Darul Huffaz

Pondok pesantren darul huffaz merupakan pesantren yang memiliki visi mewujudkan pesantren unggul dengan melahirkan para santri yang hafal Al-Quran.

Sedangkan salah satu misi yang dilakukannya ialah dengan melaksanakan pendidikan Tahfizh Al-Quran dan pendidikan formal sesuai dengan kurikulum Depag dan kurikulum Diniyah Pesantren yang dilaksanakan secara terpadu.

9. Pondok Pesantren Darul Fattah

Pondok pesantren darul fattah merupakan lembaga pendidikan formal yang berdiri di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Dakwah Islamiyah Darul Fattah (DF) Lampung.

Sekolah islam ini melaksanakan proses pendidikan dan dakwah kepada masyarakat luas baik formal maupun non-formal. Proses pendidikan dilakukan dengan menggunakan perpaduan kurikulum Sekolah Menengah Unggulan (kurikulum Diknas) dengan kurikulum Pondok Pesantren.

10. Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darul Ulum

Alamat ponpes tahfidz quran darul ulum yaitu berada di Perumahan Griya Cempaka Permai, Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung, Lampung. Sehingga banyak masyarakat khususnya para orang tua memilih pesantren di Bandar Lampung ini sebagai tujuan memberikan didikan kepada anak-anaknya dalam menghafal Al-Qur,an.

Nah, itulah daftar nama-nama pondok pesantren khusus tahfidz qur’an yang ada di Provinsi Lampung dari bebagai wilayahnya. Semoga saja bisa berguna untuk pembaca semuanya, ya.

4 komentar untuk "10+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Lampung"

Unknown 13 Maret 2022 pukul 20.11 Hapus Komentar
Ponpes dewan dakwah kemiling tmpt anak sy...semoga selalu membanggakan...dan makin berjaya
Al 14 Maret 2022 pukul 20.31 Hapus Komentar
Ini anasisanya berdasarkan apa
Anonim 15 Mei 2022 pukul 19.32 Hapus Komentar
Ponpes tahfidz Qur'an Miftahul Jannah, menjadi pilihan utk mondok anak saya
Pondoknya ramah santri.
Anonim 2 Februari 2024 pukul 04.19 Hapus Komentar
Pondok pesantren Roudlatul Qur'an adalah pondok saya, terima kasih