Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Pesantren Terbaik di Kota Bandar Lampung

 

Pondok Pesantren di Kota Bandar Lampung

Kota Bandar Lampung merupakan salah satu kota di Lampung yang terkenal sebagai kota terbesar dan terpadat di Pulau Sumatera, setelah kota Medan. Luas wilayah daratan Bandar Lampung yaitu sekitar 169,21 km².

Selain itu, Kota Bandar Lampung juga dikenal sebagai pusat kota perdagangan, jasa, dan kegiatan perekonomian lainnya di provinsi Lampung. Kota ini terdiri dari 20 kecamatan dan 126 kelurahan. 

Pesantren di Bandar Lampung

Kota Bandar Lampung selain dikenal sebagai daerah yang memiliki kepadatan sangat tinggi juga dikenal sebagai daerah yang memiliki lembaga pendidikan islam yang berkualitas.

Beberapa nama pondok pesantren yang telah mencetak lulusan terbaik dengan memberikan bekal agama dan membimbing generasi muda untuk menjadi seorang hafidz maupun hafidzoh yaitu dijelaskan pada beberapa ponpes dibawah ini. 

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Bandar Lampung

Daftar nama Pondok Pesantren di Lampung, khususnya Kota Bandar Lampung yaitu sebagai berikut: 

1. Al-Hikmah

Pondok Pesantren Al-Hikmah berdiri pada tahun 1999. Pondok Pesantren Al-Hikmah beralamat di Jl. Sultan Agung, Gg. Raden Saleh, No.23. Jenis program pendidikan di pesantren ini ada dua macam yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal.

Pendidikan formalnya meliputi RA, MI, MTS, dan MA. Sedangkan untuk pendidikan non formalnya yaitu seperti tahfidz quran, pendidikan pesantren, dan madrasah diniyah.

Selain itu beberapa fasilitas yang didapatkan dari pesantren Al-Hikmah yaitu ada perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan, masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, dan koperasi santri.

2. Pondok Pesantren Darussa’adah Kiai Haji Asyikin

Pondok Pesantren yang terbaik di Kota Bandar Lampung selanjutnya ialah PonPes Darussa’adah Kiai Haji Asyikin yang sebelumnya bernama Pondok Pesantren Darussa’adah. Adapun Pengasuh Pesantren ini ialah beliau K.H.M Fahkrurrizal sedangkan untuk Ketua Pondok Pesantrennya ialah beliau Ust. M Fahmy Annatary.

Pesantren ini sendiri berada di Jl. Punawirawan 7 Gg. H. Abdul Latif, Kelurahan Gunung Terang, Kecamatan Langkapura, Kota Bandar Lampung.

3. Nurul Iman

Daftar nama pondok pesantren pertama di kota Bandar Lampung adalah Pondok Pesantren Nurul Iman. Alamat ponpes Nurul Iman berada di Jalan Purnawirawan No. 115, Kelurahan Gunung Terang.

4. Nurul Islam

Pondok Pesantren Nurul Islam berdiri pada tanggal 5 Juli 1974. Pondok Pesantren Nurul Islam beralamat di Jl. Gatot Subroto Gg. Hi. Payakun No 55.

Sedangkan tujuan umumnya dibentuk pesantren ini yaitu untuk mewujudkan manusia muslim Pancasila yang cukup cakap dan bertanggung jawab. Melalui tujuan tersebut misi yang dilakukan ialah menanamkan dan membentuk karakter tanggung jawab serta berwawasan luas untuk kebaikan bangsa dan negara. 

5. Hasanuddin

Pondok Pesantren Hasanuddin berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Hasanuddin beralamat di Jl. Ms Batu Bara, No.85, Kupang Teba. Selain itu metode bimbingan agama yang digunakan dalam pesantren Hasanudin yaitu berupa sorongan, bandongan, ta’zir, riyadloh, dan mau’idzah.

Kemudian santri juga dilatih untuk memiliki tingkat kesabaran, kedisiplinan, sopan santun, dan memaknai kandungan isi al quran dengan baik. Sarana prasarana yang ada di ponpes ini antara lain adalah ruang tamu, mushola, asrama, ruang belajar, kamar mandi dan lain sebagainya. 

6. Safiinatuddaarain

Nama pondok pesantren yang selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Safiinatuddaarain. Lokasi ponpes yang satu ini yaitu berada di Jalan Telukbone no 33/48 Sukabanjar II.

7. Hidayatul Islamiyah 

Urutan ke enam ponpes di kota Bandar Lampung yaitu Pondok Pesantren Hidayatul Islamiyah yang berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Hidayatul Islamiyah ini beralamat di Jl. Teuku Cik Di Tiro, Gg. Ponpes, Sumber Agung.

8. Miftahul Khair

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Miftahul Khair yang berdiri pada tahun 2001. Pondok Pesantren Miftahul Khair alamatnya berada di Jalan Pulau Pandan, No.28.

9. An-Najah 

Pondok Pesantren An-Najah berdiri pada tahun 2013. Pondok Pesantren An-Najah beralamat di Jl. MS. Batubara, Gg. Sedap Malam, Kupang Teba. Jumlah santri yang terdapat di ponpes ini yaitu ada sekitar 104 santri dengan 8 ustadz yang mengajar. 

10. Madarijul Ulum 

Pondok Pesantren Madarijul Ulum berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Madarijul Ulum beralamat di Jl. Wa. Rahman, Gg. Simpang Makmur, Cibiah, Rt.002, No. 01, Kel. Batu Putu. Santri yang belajar di ponpes ini yaitu berjumlah 331 santri dan ada sekitar 18 guru yang mengajar. 

11. Tarbiyatul Athfal Al-Barokah 

Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Al-Barokah, berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Tarbiyatul Athfal Al-Barokah beralamat di Jl. Sisingamagaraja, Gg.Ar Rahmah, No.05 Rt.03 Lk.I Kel.Kelapa Tiga Permai. Pesantren diketahui sudah mempunyai jumlah santri sebanyak 67 santri.

Nah, itulah saja informasi yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan.

Posting Komentar untuk "11 Pesantren Terbaik di Kota Bandar Lampung"