Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq Kota Bandar Lampung

 

Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq Kota Bandar Lampung

Pendidikan nonformal berbasis keagamaan berkembang pesat di Indonesia. Bahkan juga di Kota Bandar Lampung, salah satunya Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq yang beralamatkan lengkap di Jalan Padat Karya Lingsuh Rt.02 lk.2. Dimana pondok pesantren ini menjadi salah satu PonPes di Kota Bandar Lampung yang dalam pengajarannya menciri khaskan ajaran Ahlussunnah wal Jama'ah NU (Nahdlatul Ulama) sebagai bagian daripada organisasi keagamaan.

Meskipun tak dapat dipungkiri bahwa Pondok Pesantren ini bukanlah menjadi PonPes terbaik Nahdlatul Ulama namun tetap saja berkembangnya pesantren ini dekat dengan lokasi pendidikan formal yang ada di Bandar Lampung, seperti dekat dengan Unila (Universitas Lampung), Polinela (Politeknik Lampung), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Adila, UBL (Universitas Bandar Lampung), Umitra Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia (UTI), sampai pada pendidikan SMA/MA/SMK/Sederajat yang ada di Lingkungan Kecamatan Rajabasa.

Sejarah Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq

Pondok pesantren Tahsinul khuluq pada dasarnya berdiri di atas tanah wakaf yang terletak di kampung Lingsuh, Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampug, Provinsi Lampung yang mana didirikan atas prakarsa saudara Syukur dengan dibantu oleh warga masyarakat sekitar dan dukungan para tokoh setempat yang tentu saja berkeinginan memujudkan amanah dari Almarhum Hi.Kasmin dan Hj.Tariyah menginginkan tanah tersebut dijadikan tempat sarana dan prasana dalam rangka mempelajari ilmu agama atau pondok pesantren.

Lambat launnya, kemudian dengan secara bergotong royong dan sukarela Anak-anak dan cucu dari Almarhum bersepakat untuk bersama-sama membangun tanah tersebut untuk di jadikan pondok pesantren di mulai sejak tahun 2006 yang awalnya satu lokal gedung belajar. kegiatan dan program belajar pun terus berlanjut hingga saat ini dengan beberapa kali perubahan susunan program pembelajaran dan kepengurusan dalam pengelolaan pondok pesantren.

Adanya penggambaran daripada sejarah singkat pondok pesantren Tahsinul khuluq,mudah-mudahan pondok pesantren ini bisa menjadi kemaslahatan untuk seluruh lapisan masyarakat. Sehingga pada akhirnya untuk proses lengkap daripada profil Tahsinul Khuluq secara resmi mendapatkan legitimasi dari Kementrian Agama Republik Indonesia pada Tahun 2021.

Profil Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq

Nama Pendiri Pesantren Tahsinul Khuluq Syukur dengan Tahun Berdiri 2006

  • Nama Pengasuh : Kyai Muhammad Yahya,S.Ag.
  • Nama Yayasan : Pondok pesantren Tahsinul Khuluq Lingsuh
  • Status Yayasan : Nomor AHU-0004475.AH.01.04.Tahun 2021
  • Waktu Belajar : Sore dan Malam
  • Tempat Belajar : Gedung pesantren
  • Status Tempat Belajar : Milik Yayasan
  • Status Tanah Gedung : Wakaf
  • Luas Tanah : 391 m2
  • No. Akta wakaf : W2/1/2021
  • Luas Bangunan : 114 m2
  • Materi Pembelajaran  yang dilakukan ialah Al qur’an, Iqro, Kitab Kuning

Keadaan Santri yang mencirikan pondok pesantren ini antara lain untuk Laki-laki : 41 Orang, Perempuan: 46 Orang, dengan di dukung oleh Jumlah Pengajar: 12 Orang. Untuk beberapa aktifitas pendidikan yang ada antara lain ada Madrasah Diniyyah. Dimana pendidikan nonformalnya terdapat TPQ,TPA,Majlis taklim,Madin, dan lain lain.

Profil Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq

Visi dan Misi Pesantren Tahsinul Khuluq

VISI:

Mencetak generasi penerus umat yang beriman, bertaqwa dan berakhlaq mulia berdasarkan Al-Qur’an dan Sunah dengan pemahaman Salaful Ummah dan menjadi ponpes unggulan yang mampu mengahadapi tantangan kemajuan zaman

MISI:

  1. Memurnikan ajaran Islam berlandaskan Kitabullah dan Sunnah sesuai dengan pemahaman para sahabat dan Ulama Ahlussunah Wal jama’ah
  2. Menumbuhkan kesadaran kaum muslimin akan pentingnya menuntut ilmu syar’i disamping ilmu-ilmu dunia.
  3. Membentuk generasi Islam yang beriman, bertaqwa, cerdas dan terampil serta berakhlakul karimah yang siap berperan aktif dalam kehidupan masyarakat.
  4. Mampu bersaing dalam menggali dan mengaplikasikan ilmu-ilmu dunia dalam rangka amar ma’ruf nahi munkar dan berlomba lomba dalam kebaikan dan taqwa.

Kegiatan Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq

Alamat dan Informasi Pendaftaran

Secara lengkap pondok pesantren ini berada di Jalan Padat Karya lingsuh, Kelurahan Rajabasa Jaya, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung dengan Kode Pos 35144. Pendaftarannya bisa menghubungi Ust Feri Fadlan  dengan Nomor 089650609457.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan secara lengkap tentang sejarah, profil, visi, misi, sekaligus cara mendaftar di pondok pesantren Tahsinul Khuluq Bandar Lampung. Semoga saja pondok pesantren ini kemudian hari menjadi salah satu pondok pesantren terbaik di Lampung.

Posting Komentar untuk "Profil Pondok Pesantren Tahsinul Khuluq Kota Bandar Lampung"