6+ Pondok Pesantren di Kota Bengkulu yang Bagus


Kota Bengkulu adalah ibukota provinsi Bengkulu Indonesia. Ini tergolong kota terbesar kedua di Sumatera setelah kota Padang. Maka dari itu, pembangunan infrastruktur pendidikan sangat aktif di sini. Termasuk pesantren yang berada dalam list daftar nama pondok pesantren di Sumatra, khususnya untuk kota Bengkulu.

Pesantren di Bengkulu


Pondok pesantren di kota Bengkulu dibangun untuk memberdayakan umat. Paling tidak, supaya lahir insan dengan pemahaman agama yang bagus. Sekalipun begitu, pembelajaran ilmu pengetahuan juga tidak ditinggalkan. Maka dari itu, ponpes semacam ini yang membuat masyarakat lebih cerdas dan berakhlak baik (akhlakul karimah).

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Bengkulu


Banyak pondok pesantren di Kota Bengkulu berkualitas tinggi. Ini tidak hanya disebabkan oleh kurikulum agama yang bagus. Tetapi para kyai sebagai pengajarnya memiliki teknik mengajar yang mumpuni. Berikut daftar nama pondok tersebut:

Pondok Pesantren Al Hasanah

Daftar nama pondok pesantren di kota Bengkulu yang pertama adalah ponpes Al Hasanah. Sebuah pondok modern yang siap mendidik putra-putri bengkulu menjadi insan agamis yang berintelektual.
Al Hasanah adalah pondok pesantren berprestasi.

Ini tidak lain akibat keseriusan pengelola untuk mengikutsertakan para santri dalam even keagamaan seperti MTQ dan lomba tahfidz. Bahkan di ponpes ini, ada beberapa hari khusus, santri wajib berbicara menggunakan bahasa arab dan inggris.

Pondok pesantren modern ini berdiri megah di alamat Jalan Raya Talang Pauh Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa Kota Bengkulu.

Ponpes Rabbani Bengkulu

Ponpes Rabbani merupakan pondok pesantren kelas Internasional. Karena pengajarnya sebagian besar alumni pondok yang berprestasi di universitas keislaman. Maka dari itu, teknik mengajarnya lebih menyeluruh dan kontemporer.

Pondok pesantren Rabbani Bengkulu fokus pada pembelajaran Al Quran. Karena selaras dengan visinya yaitu menanamkan kecintaan kepada kitab suci sejak dini. Serta sebisa mungkin, mengamalkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika ingin mendatanginya, silakan akses alamat Jl. Mayjend Sutoyo Tanah Patah Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu

Ponpes Al Quran Harsalakum

Ponpes Al Quran Harsalakum adalah pondok pesantren modern di kota Jambi. Di sini, para santri belajar Al Quran dengan serius dan sistematis. Bahkan para gurunya ada yang direkrut dari universitas islam di luar negeri.

Pondok pesantren dibangun di tempat strategis. Karena lokasinya berada di area publik yang ramai penduduk. Termasuk se arah dengan terminal terkenal di kota Jambi yaitu Terminal Betungan.
Pondok ini beralamat di Jl. Hibrida Ujung RT/RW 09/02 Kecamatan Selebar Bengkulu.

Pondok Pesantren Darussalam

Daftar nama pondok pesantren di Kota Jambi selanjutnya adalah ponpes Darussalam. Ini merupakan pondok Nahdlatul Ulama (NU) yang siap mendidik putra-putri dari kalangan nahdiyin agar pemahaman keagamaan lebih matang.

Semua santri ponpes di asramakan. Namun, jangan khawatir, pengasuhnya mumpuni dan berpengalaman. Mereka akan merawat para santri dan santriwati dengan baik dan penuh kasih sayang. Apalagi kedua asrama terpisah.

Pondok pesantren berada di lokasi strategis tepatnya di Jalan Pangeran Natadirja 103 Kecamatan Gading Cemp Kota Bengkulu Bengkulu.

Pondok Pesantren Al Fida Bengkulu

Pondok Pesantren Al Fida Bengkulu adalah pondok penggagas program pemberdayaan keumatan. Ini tidak hanya dilihat dari pendidikan Quran untuk para santri. Tetapi juga ada kajian-kajian rutin agama dengan masyarakat sekitar sebagai peserta.

Pihak ponpes memperbolehkan santri pulang ke rumah. Namun, jika ingin diasramakan, bangunannya sudah disediakan dengan pelayanan pengasuh yang bagus. Jadi, semuanya terserah keinginan para wali santri.

Ponpes Al Fida ada di Jl. S. Parman 6 No. 27 RT.7/RW.2, Padang Jati, Ratu Samban Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu.

Pesantren Mambaul Ulum

Pesantren Mambaul Ulum dibangun di lahan permai dan asri. Ini sesuai dengan visi pondok yaitu melahirkan insan islam yang berakhlak yang tidak melupakan budayanya seperti bertani dan berkebun. Maka dari itu, di sini tidak hanya diajarkan ilmu Alquran. Tetapi juga cara bercocok tanam yang baik. Lahan untuk praktik juga disediakan.

Ponpes Mambaul Ulum mengajarkan agama sekaligus wira usaha. Karena pihak pengelola berharap, para santri bisa mengelola spiritual umat dengan cuma-cuma. Sedangkan mata pencaharian mereka dari mengolah tanah. Sebuah idealisme yang luar biasa.

Ponpes yang layak menjadi rujukan ini beralamat di Jl. Masjid Muttaqin No. 92 Desa Harapan Makmur Pondok Kubang bengkulu.

Kota Bengkulu layak disebut kota islam. Ini tak lain akibat banyaknya pondok pesantren di ibukota Bengkulu tersebut. Sebagian besarnya sudah dijelaskan dalam daftar nama pondok pesantren di kota Bengkulu di atas. Semoga bermanfaat,

Belum ada Komentar untuk "6+ Pondok Pesantren di Kota Bengkulu yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel