Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Prov. Bengkulu yang Menjadi Pilihan

Daftar Pondok Pesantren di Bengkulu

Provinsi Bengkulu setidaknya jumlah penduduk hampir 2 juta jiwa ini berada di Pulau Sumatera bagian barat daya. Banyaknya jumlah penduduk dibarengi juga dengan banyaknya sekolah termasuk pondok pesantren yang ada di Bengkulu.

Meski demikian, untuk jumlahnya sendiri lebih kecil dibandingkan dengan pondok pesantren di sumatera lainnya. Khususnya Provinsi Sumatera Selatan, maupun Provinsi Sumatera Barat. Alasannya karena wilayah regionalnya juga Bengkulu tidak terlalu besar.

Pondok Pesantren di Provinsi Bengkulu

Provinsi Bengkulu memiliki lebih dari 40 pondok pesantren. Kesemuanya ini tersebar di berbagai wilayah seperti Rejang Lebong, Kaur, Bengkulu Utara, Kapahiang, Kota Bengkulu, Bengkulu Selatan, Mukomuko, Hingga Bengkulu Utara. 

Masing-masing pondok pesantren memiliki keunggulan masing-masing. Bagi kamu yang berniat melanjutkan pendidikan agama islam di Provinsi Bengkulu, alangkah baiknya simak penjabaran terkait dengan daftar pondok pesantren terbaik di Provinsi Bengkulu.

Daftar Pondok Pesantren di Provinsi Bengkulu

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada wilayah Bengkulu, yaitu;

1. Ponpes Al Hasanah

Pondok pesantren pertama yang akan dibahas adalah pondok pesantren Al Hasanah yang beralamat di Jl. Raya Talang Pauh, Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kelapa, Provinsi Bengkulu. Selain menguasai Al Quran, para santri di pondok Al Hasanah dituntut untuk menguasai IPTEK dan berwawasan global. 

Pondok pesantrten ini menyediakan 2 jenjang pendidikan yaittu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Kesemua jenjang pedidikan ini memiliki program ekstrakurikuler yang beragam seperti menjahit kaligrafi, muhadharah, taekwondo, dan pramuka. 

2. Ponpes Mambaul Ulum

Ponpes selanjutnya ialah pondok pesantren Mambaul Ulum yang berlokasi di Harapan Makmur, Pd. Kubang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu. Ponpes ini menyediakan jenjang pendidikan yang lengkap mulai dari TK Khadijah, MI Darul Ulum, MTs Darul Ulum, dan SMP Unggulan Darul Ulum. Dilengkapi juga dengan program Madrasah Diniyah dan TPQ Darul Ulum. 

Selain kegiatan harian yang dilaksanakan secara rutin, ponpes di Kabupaten Bengkulu Tengah ini juga mengadakan kegiatan mingguan bagi para santri seperti Pengajian pada hari jumat, Fiqih Fashalatan (sabtu), Tilawah dan Pengajian (Minggu), Sholawat dan Rebana (Senin), serta Jamiyyah dan Maulid Al Habsyi (kamis). Kegitan tersebut tentunya menambah pengetauan dan ketrampilan santri. 

3. Ponpes Al Quran Al Fida 

Selanjutnya ada pondok pesantren Al Quran Al Fida yang terletak di Jalan S. Parman 6 No.27, RT.7/RW.2, Padang Jati, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, provinsi Bengkulu. Sesuai dengan namanya, pondok pesantren ini memiliki program reguler berupa program tahfizhul Qur'an. 

Untuk menciptakan santri yang unggul, ponpes di Kota Bengkulu ini menyediakan pengajar yang kompeten lulusan dari kampus ternama seperti Al Ahzar, LIPIA, dan lainnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, diduung pula dengan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang beragam seperti bahasa Arab, bahasa inggris, dan taekwondo. 

4. Ponpes Ja Al Haq

Ponpes ini berlokasi di Jln, R.E. Martadinata No. 04, RT. 06/02, Kelurahan Muara Dua, Kecamatan Kampung Melayu, Kandang Mas, Kp. Melayu, Kota Bengkulu, Bengkulu. Pondok ini berdiri pada tahun 2006 dengan visi menyiapkan generasi muslim yang cerdas emosional, cerdas spiritual, dan cerdas intelektual. 

Saat ini pondok pesantren ini memiliki sekitar 500 santri putra dan putri. Ponpes salafiyah yang satu ini menekankan pada pengajaran al Quran mulai dari fiqih, nahwu, shorof, hadist tauhida, tarikh, matn al ghayah wa al taqrib, matn al ajrumiyyah, dan masih banyak lagi. 

5. Ponpes Bahruul Ulum Al Kalam

Pondok pesantren selanjutnya yang akan dibahas ialah pondok pesantren Bahruul Ulum al Kalam yang beralamat di kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Utara. Ponpes ini mengajarkan bahasa Arab kepada santri untuk diterapkan dalam komunikasi sehari-hari. 

Ponpes di Kabupaten Bengkulu Utara ini menyediakan program pendidikan SDIT, SMPIT, MTs, dan Madrasah Aliyah. Setap santri yang ingin belajar agama di pondok ini harus mengikuti seleksi masuk berupa tes tulis dan tes lisan seperti membaca Al Quran, tes pengetahuan umum, dan tes pengetahuan agama. 

6. Ponpes Al Barkah 

Pondok pesantren ini berada di kecamatan Mukomuko, Kaupaten Bengkulu Utara. Ponpes ini memiliki jenjang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Selain pendidikan formal, ponpes ini juga menyediakan Balai Latihan Kerja untuk menciptakan generasi muda yang kreatif dan inovatif. 

7. Ponpes Modern Al Iman 

Ponpes selanjutnya ialaha pondok pesantren yang berada di wilayah mokumoku yaitu pondok pesantren modrn Al Iman. Sesuai dengan namanya, ponpes ini memiliki sistem pendidikan modern dengan menerapkan kurikulum khas pesantren modern yang  dipadukan dengan kurikulum umum secara berimbang. 

Biaya pendaftaran pondok pesantren di Mokumoku ini berkisar anatar 8 juta untuk santri putra dan putri. Biaya tersebut didukung dengan fasilitas pondok dan tenaga pengajar yang memadai serta kegiatan pendidikan yang berkualitas seperti kajian kitab kuning, tahsin & tahfidz, serta kegiatan pnunjang lainnya. 

8. Ponpes Ar Rhaudha Seluma 

Ponpes yang berdiri pada tahun 1992 beralamat di Jl. Bengkulu-Tais, Babatan, Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu. Ponpes ini menyediakan 3 program pendidikan , yaitu Taman Kanak-kanak, Madrasah Tsanawiyah, serta Madrasah Aliyah. 

Selain pendidikan umum, ponpes di wilayah Bengkulu Selatan ini juga pendukung kegaiatan santripreneur. Salah satunya dengan menyediakan seminar enterpreuner bersama berbagai pihak dan lembaga. Hal tersebut tentu akan mendukung para santri belajar mandiri. 

9. Ponpes Al Falah 

Pondok pesantren selanjutnya adalah pondok pesantren Al Falah yang terletak  di Jalan Lintas Barat, Dusun V, Desa Penarik, Bengkulu. Ponpes ini merupakan cabang dari pondok pesantren Al Fatah di Jawa Timur. Program khusus dari pondok pesantren ini antara lain Madrasah Diniyah (Kitab kuning), Tahfidzul Quran, Masail, TPA/ MDA, serta dakwah ala Minhajjinnubuwwah. 

Berbagai program harian terlaksana dengan baik di pondok ini seperti belajar ilmu alat (Nahwa dan Shorof), melaksanakan ibadah sunnah, ngaji sore dan  masih banyak lagi. Selain belajar agama, santri juga diajarkan untuk menjadi pribadi yang kuat dengan adanya latihan bela diri yang dilakukan pada malam hari. 

10. Ponpes Raudhatujannah

Ponpes Raudhatujannah beralamat di Jalan Lintas Bengkulu-Padang, Bandar Jaya, Pondok Baru, Kab. Mukomuko, Bengkulu Utara. Pondok yang berdiri pada tahun 1999 ini memiliki pendidikan formal TK. Untuk para santri madrasah bisa menempuh pendidikan formal terdekat di  luar pondok. 

11. Ponpes Miftahul Hidayah

Ponpes ini beralamat di Bukit Peninjauan I, Sukaraja, Kabupaten Seluma, Bengkulu. Berbagai kegiatan agama dilaksanakan di ponpes ini seperti sorogan, bandongan, halaqoh, hafalan, dan lain sebagainya. Fasilitas gedung yang luas membuat suasana belajar semakin nyaman. 

Banyak penelitian yang mengangkat seberapa pengaruh ponpes ini bagi masyarakat sekitar. Hasil akhir menyimpulkan bahwa pondok pesantren ini memeiiki pengaruh besar bagi warga sekitar khususnya dalam bidang keagamaan.

Para santri tidak hanya belajar di pondok tetapi juga ikut membaur dengan kegiatan agama di lingkungan sekitar. 

12. Ponpes Langgar Tarbiyah

Pondok pesantren ini beralamat di desa Tanjung Betung II Kecamatan Kaur Utara, Kab. Kaur, Bengkulu. Ponpes di Kabupaten Kaur ini menyediakan berbagai program pendidikan agama dan program pendidikan umum. 

Program pendidikan agama terdiri dari ULA PP Langgar Tarbiyah, Wustha, dan Ulya. Program pendidikan umum terdiri dari PAUD PP Langgar Tarbiyah, SD Asy Syafiyah, SMP Asy Syafiyah, dan SMA Syafiyah. 

13. Ponpes Al Barkah 

Pondok Pesantren ini beralamat di Kec. XIV Koto, Kab. Mukomuko, Bengkulu. Berdiri pada tahun 1993, saat ini ponpes ini memiliki berbagai jenjang pendidikan yaitu Madrasah Ibtidaiyah Nuroniyyah, MTs Nuroniyah, dan Madrasah Aliyah Nuroniyah. Selain program pendidikan formal terdapat juga program pendidikan non formal seperti MDA, BLK, dan program Extra. 

14. Ponpes Nurul Amin 

Ponpes selanjutnya ialah ponpes Nurul Amin yang berada Desa Selahan Jaya, Mokumoku, Bengkulu. Ponpes ini masih terbilang baru karena baru diresmikan pada tahun 2019 di tanah seluas 2,5 hektar. Ponpes ini memiliki tujuan untuk mendorong generasi muda khususnya di wilayah Mokumoku untuk belajar agama lebih mendalam. 

15. Ponpes Al Munawwaroh

Pondok pesantren terakhir yang akan dibahasa adalah pondok pesantren Al Munawwaroh yang terletak di Kapahiang, Bengkulu. Ponpes yang berdiri pada tahun 1998 ini menyediakan program pendidikan Madrasah Diniyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Berbagai program keagamaan santri diselenggarakan di ponpes ini seperti program safari ramadahan, peringatan hari besar Islam, dan berbagai kegiatan lain.

Nah, demikinalah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Bengkulu, Pulau Sumatera. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan referensinya.

Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Prov. Bengkulu yang Menjadi Pilihan"