Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pesantren di Kabupaten Bengkulu Utara yang Terbaik

 

Pesantren di Kabupaten Bengkulu Utara

Kabupaten Bengkulu Utara merupakan daerah yang ada di provinsi Bengkulu atau keberadaanya lebih dekat dengan sebelah barat pesisir pantai Sumatera. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 9.585,24 km².

Sedangkan masyarakatnya terdiri dari dua golongan utama seperti suku Enggano dan suku Rejang. Selain itu ada pula suku pendatang lainnya meliputi suku Jawa, Sunda, Batak, Minang dan Bali. 

Pesantren di Kabupaten Bengkulu Utara

Pondok pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Bengkulu Utara tersebar ke beberapa kecamatan. Diantara kecamatan tersebut yaitu seperti di kecamatan Putri Hijau, Napal Putih, Pinang Raya, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Bengkulu Utara

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di Bengkulu Utara, antara lain; 

1. Baitul Halim

Pondok Pesantren Baitul Halim beralamat di Jl.Tugu Garuda, Rt.004 Desa Tanjung Harapan. Pesantren Baitul Halim mempunyai jumlah santri sekitar 94 santri dan 8 tenaga pengajar yang ada di sana.

2. Darul Ilmi

Pondok Pesantren Darul Ilmi beralamat di Jl. Raya Kota Bani, Rt. 06, Desa Kota Bani, Kecamatan Putri Hijau. Santri yang terdapat di pondok pesantren Darul Ilmi yaitu ada 111 orang dengan 8 ustadz pembimbing.

3. Darusalam

Pondok Pesantren Darusalam berdiri pada tanggal 1 Januari 1975. Alamat pondok pesantren Darussalam yaitu berada di Desa Marga Jaya. Jumlah santri yang terdapat di ponpes ini yaitu ada 277 santri.

Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 16 orang. Selain itu pesantren Darusalam juga memiliki dua jenis pendidikan baik pendidikan formal dan pendidikan non formal. Pendidikan formalnya meliputi madrasah tsanawiyah, madrasah ibtidaiyah, dan madrasah aliyah.

Kemudian untuk pendidikan non formalnya yaitu seperti pembelajaran bahasa arab dan bahasa inggris, kajian keislaman, kajian kitab, nahuu shorof, ibadah, kesenian islam, muhadharoh/praktek khitobah, dan lain-lain. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler juga terdapat di pesantren ini seperti yasinan jumat, tilawah, tahsin Qur’an, pramuka, paskibra, dan olahraga. 

4. Darun Naja Pemandi

Pondok Pesantren Darun Naja Pemandi beralamat di Jl. Lintas Barat Bengkulu - Padang KM.77, Dusun Pemandi. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Darun Naja Pemandi yaitu ada 143 santri dan 11 guru pengajar. Pesantren ini telah melakukan berbagai bentuk perkembangan pendidikan di berbagai bidang yang meliputi pendidikan formal dan pendidikan non formal.

Pendidikan formal dalam pesantren ini yaitu Madrasah Ibtida’yah Darunnaja, MTs Darunnaja, MA Darunnaja. Sedangkan pendidikan non formalnya yaitu Madrasah Diniyah Takmiliyah Darunnaja, Pengajian Wetonan dan sorogan dan Pondok Sepuh Tarekat Naqsabandiyyah al Kholidiyyah.

Kegiatan ekstrakurikuler di ponpes Darun Naja Permandi antara lain seperti pidato, kitab kuning, badminton, pramuka, PMR, pembacaan maulid, seni kaligrafi, dan lain-lain. 

5. Al-Um 

Pondok Pesantren Al-Um didirikan sejak tahun 2005 yang silam. Ponpes ini beralamat di Desa Bukit Harapan, Pinang Raya, Bengkulu Utara. Selain itu pesantren Al-Um ini diketahui sudah memiliki jumlah santri sekitar 184 orang, sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 12 orang.

Kurikulum yang digunakan dalam pondok pesantren Al-Um yaitu kurikulum perpaduan antara kurikulum Kementerian Agama, Kemendiknas, Kurikulum Pesantren Salafiyah, dan Kurikulum Pesantren Modern.

Selain itu para santri juga dapat mengikuti kegiatan peminatan seperti kegiatan tahfidz, perkebunan, pencak silat, menjahit, dan sorogan al quran. Fasilitas yang dimiliki ponpes ini antara lain asrama santri baik putra maupun putri, masjid, mck, lapangan olah raga, asrama guru, ruang belajar, gedung lab. mts dan ma, perpustakaan, kopontren, kebun praktik, dan lain-lain.

6. Pondok Pesantren Modern Darul Ilmi

Pondok Pesantren Modern Darul Ilmi beralamat di Jalan Raya Desa Kota Bani. Pesantren ini memiliki santri sebanyak 109 orang dengan 8 ustadz pembimbing. 

7. Darunnaja 

Pondok Pesantren Darunnaja beralamat di Dusun Pemandi Desa Urai. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada 302 santri dengan 16 ustadz yang mengajar. 

8. Miftahul Ulum 

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Bengkulu Utara yaitu Pondok Pesantren Miftahul Ulum. Pesantren ini beralamat di Pasar Minggu Desa Air Putih. Santri yang belajar di pesantren Miftahul Ulum jumlahnya ada 66 santri dengan 7 ustadz pembimbing.

Nah, itulah saja informasi yang bisa diberikan pada khalayak umum tentang daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Semoga memberikan wawasan bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

1 komentar untuk "8+ Pesantren di Kabupaten Bengkulu Utara yang Terbaik"

Anonim 12 Juli 2022 pukul 16.18 Hapus Komentar
Ponpes Darul ilmi dan Oonpes modern darul ilmi...itu satu...bkn beda . Kenapa harus di ulang2.