5+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Jambi yang Bagus

Kota Jambi adalah kota di Indonesia. Tepatnya di sebuah provinsi yang juga bernama Jambi. Bahkan kota inilah (Jambi) yang menjadi ibukota dari provinsi tersebut. Karena itu, area seluas 205,38 km² ini memiliki jumlah penduduk terpadat. Atas alasan ini, pembangunan ponpes diperbanyak yang terangkum dalam daftar nama pondok pesantren di Sumatra, khususnya yang berada di kota Jambi.

Pesantren di Jambi


Ponpes di kota Jambi memberdayakan masyarakat untuk mengerti agama dan keagamaan. Sehingga dari sana lahir kader-kader islam moderat yang cinta agama dan negara. Mereka itulah yang nantinya, melanjutkan perjuangan untuk menjaga islam tetap bersih di bumi Jambi.

Daftar Nama Pondok Pesantren Di Kota Jambi


Ponpes di Kota Jambi ada yang salaf atau tradisional dan ada yang modern. Keduanya sama mengusung pembelajaran agama yang benar sesuai Al Quran dan Al Hadist. Berikut nama-nama ponpes di kota Jambi yang dimaksud:

Ponpes Mambaul Ulum

Pondok pesantren Mambaul Ulum kota Jambi adalah ponpes NU modern. Karena di sini tidak hanya diajarkan materi agama tetapi umum. Bahkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga tersedia.
Pondok pesantren terbaik di Jambi ini dibangun untuk mencetak kader nahdiyin alim dan intelek. Sehingga mereka bisa meningkatkan iklim spiritual di kota Jambi agar lebih taat aturan agama dan pemerintah.

Pondok yang menerima santri non asrama ini berada di jalan Purwosari RT. 24 Kel. Talang Bakung, Paal Merah, Kota Jambi.

PP As’ad Jambi

Pondok pesantren As’ad berdiri pada tahun 1951. Tepatnya di tanggal 12 Agustus 1951. Visi pembangunan pesantren ialah membentuk anak-anak muda Jambi agar berperilaku sesuai tuntunan agama dan tidak melakukan pelanggaran hukum. Selain itu, juga ada kemandirian dan asah bakat yang juga dijadikan visi ponpes.

PP As’ad adalah pondok modern yang mengajarkan materi agama dan non agama. Untuk mata pelajaran non agama, semuanya terakreditasi bagus. Sehingga lulusan MA di sana boleh melanjutkan ke perguruan tinggi islam maupun no islam.

Ponpes modern ini beralamat di Jl. K A Qodir Ibrahim, No. 45 Kel. Olak Kemang, Kec. Danau Teluk, Kota Jambi. Berdekatan dengan terminal Alam Barajo dan Bandara Sultan Thaha.

Pondok Pesantren Sa’adatuddaren Jambi

Daftar nama pondok pesantren di kota Jambi yang ketiga adalah ponpes Sa’adatud Daren. Pondok megah yang sudah melahirkan santri berkualitas. Oleh karena itu, ponpes inilah yang menjadi kawah candradimuka anak-anak usia dini yang ingin memperdalam islam lebih serius.

Pengelola pondok menyediakan sekolah-sekolah islam. Selain Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan MTS, Aliyah juga disediakan. Lembaga-lembaga ini dikelola dengan baik dan fasilitasnya disesuaikan dengan pembelajaran.

Pondok pesantren tertua di kota Jambi ini beralamat di jalan Jl.Tumenggung Jakfar Rt.01 Rw.01 Kel.Tahtul Yaman Kec. Pelayangan Kota Jambi, Tahtul Yaman, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi 36382

Pondok Pesantren Al-Jauharen

Al-Jauharen adalah pesantren di Kota Jambi yang bagus. Di sini, pengajaran bahasa arabnya sangat intensif. Bahkan tidak jarang mendatangkan tutor dari timur tengah, seperti Yaman, Qatar dan Mesir.
Pondok Al Jauharen tergolong pesantren pelahir ulama Jambi.

Hal ini disebabkan oleh permintaan para guru, agar alumninya harus membangun pesantren atau lembaga di lingkungan masing-masing. Minimal mengajar anak mengaji sekalipun hanya 1 orang.

Ponpes dengan kyai yang kharismatik ini ada di Jl. KH. A. Majid No.66, Tj. Johor, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi 36382

Ponpes Madrasah Nurul Iman

Pondok pesantren Madrasah Nurul Iman adalah pesantren kolaborasi salafiyah dengan modern. Karena di sini, masih diajarkan kitab klasik dengan sistem tradisional. Lain daripada itu, juga ada pembelajaran materi umum non agama seperti bahasa Inggris, PKN, Matematika dan selainnya.

Ponpes ini cukup terkenal dan jumlah santrinya banyak. Ini tak lain akibat respon masyarakat yang tinggi. Bahkan, para santri dan santriwati ada yang berasal dari Kepulauan Riau.

Pondok pesantren ini ada di Jl. K. H. Ibrahim, RT.01, Tengah, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi 36124
Nuansa spiritual di Kota Jambi meningkat. Ini diakibatkan oleh banyaknya masyarakat dengan pemahaman agama yang bagus.

Tentu, ini efek pembangunan ponpes yang namanya sudah dijelaskan di atas dalam tajuk daftar nama pondok pesantren di kota Jambi.Semogla ulasan akan informasi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan pembaca. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Jambi yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel