Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15+ Pondok Pesantren Terbaik di Jambi yang Menjadi Pilihan

Pondok Pesantren di Jambi

Provinsi Jambi dengan mayoritas penduduknya beragama Islam ini tentulah memiliki banyak yayasan pendidikan agama islam sebagai pusat belajar, salah satunya adalah pondok pesantren. Pondok pesantren yang ada di wilayah Sumetra, khususnya Jambi tersebar di berbagai daerah-daerah yang ada dengan pendaftaran gratis maupun yang berbayar.

Pondok Pesantren di Jambi

Sebagai agama mayoritas, islam berkembang cukup pesat di wilayah Jambi. Pondok pesantren banyak didirikan mulai dari negeri hingga swasta. Lebih dari 20 pesantrten yang tersebar di seluruh wilayah di Jambi memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan pondok pesantren di wilayah lainnya. 

Sebagai referensi buat kamu tentang pondok pesantren yang ada di Jambi, artikel ini akan mengulas daftar pondok pesantren yang ada di Jambi mulai dari lokasi hingga program-program pondok pesantren yang tentunya akan menambah informasi terkait pondok pesantren khususnya bagi kalian yang memiliki minat menimba ilmu agama di wilayah Jambi. 

Daftar Pondok Pesantren di Provinsi Jambi

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Jambi antara lain: 

1. Ponpes Darul Arifin 

Ponpes yang pertama akan dibahas adalah ponpes Darul Arifin yang beralamat di Suka Karya, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi. Berada di ibukota wilayah, ponpes ini menyediakan empat program pendidikan yaitu TK ISLAM, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

Dengan visi menjadi lembaga pendidikan yang mencetak kader-kader pemimpin umat, ponpes Darul Arifin memiliki pengasuh dan pengajar yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya dibawah asuhan Dr. KH. Zainul Arifin, M.Ed, MA.

Ponpes di Kota Jambi ini memiliki tujua untuk menjadikan para santri sebagai generasi yang berakhlak mulia, mengikuti sunnah, cerdas dalam IPTEK dan IMTAQ, serta kreatif. 

2. Ponpes Darul Ikhlas Al Islami

Selanjutnya ialah pondok pesantren darul ikhlas al islami yang beralamat di Desa Ambang Baru, Kec.Tabir Lintas, Kabupaten Merangin, provinsi Jambi. Ponpes ini menyediakan 5 jenjang pendidikan yaitu SD IT Al Quran, SMP IT, Diniyah Salafiyah, serta Tahfidzul Quran. 

Program utama ponpes di Kabupaten Merangin ini adalah hafalan quran dan hadits. Selain program utama, beberapaprogram pengembangan seperti ekstrakurikuler juga disediakan di ponpes ini seperti pramuka, drumb band, bela diri, paskibra, dan masih banyak lagi, futsal, tari, teater, dan lain sebagainya. 

3. Ponpes An Nur Tangkit

Pondok pesantren ini beralamat di Jl. An-Nur, Tangkit, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Visi ponpes ini adalah untuk melahirakn santri/generasi muda yang berakhlak mulia dan kompeten di bidang bahasa arab, inggris, dan eksakta. 

Sama seperti ponpes yang diulas sebelumnya, ponpes di Kabupaten Muaro Jambi ini juga mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, paskibra, serta ekstrakurikuler lain dari berbagai bidang. Dengan biaya pendaftaran sekitar 4,6 juta kamu sudah bisa menimba ilmu agama dengan fasilitas memadai yang nyaman untuk belajar.

4. Ponpes Mambaul Ulum Kota Jambi

Ponpes ini beralamat di alan Purwosari RT.24 Kel. Talang Bakung, Paal Merah, Kec, Kota Jambi, Jambi. Salah satu keunggulan ponpes ini adalah tersedeianya jenjang perguruan tinggi yang tidak semua pondok pesantren membuka perguruan tinggi. 

Program utama dari ponpes ini adalah mmpelajari kitab kuning. Kualitas pendidikan di ponpes ni sudah terbilang cukup maju, dibuktikan dengan jenjang MI dan MTs yang sudah berhasil mendapat akreditasi A. 

5. Ponpes Al Anwar

Pondok pesantren yang akan dibahas selanjtnya adalha pondok pesantren Al Anwar yang beralamat di Petanang, Kec. Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Dengan visi mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam iman dan takwa, berakhlakul karimah, serta menguasai ilu pengetahuan, ponpes ini memfasilitasi kegatan berlajar mengajar dengan fasilitas yang memadai seperti gedung asrama, asrama tahfidz, masjid, dan lain-lain. 

Ponpes yang berdiri pada tahun 2006 ini saat ini sudah memiliki lebih dari 900 santri dari berbagai wilayah di Indonesia. ponpes ini menggunakan kurikulum pesantren dan pendidikan formal dalam sistem pengajarannya. Saat ini ponpes ini sudah terdaftar dan memiiki legalitas. 

6. Ponpes Al Qosimi

Masih dari kabupaten Muaro Jambi, ponpes seanjutnya ialah pondok pesantren Al Qosimi yang beralamat di Mekar Jaya, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi. Ponpes ini memiliki tujuan unutk mendidik generasi muda yang berpegang teguh pada Al Quran dan hadist. 

Ponpes ini menyediakan empat jenajng pendidikan formal, yaitu Marhalah Salafiyah Uulya atau setara dengan dengan jenjang SMA (putra), Marhalah Tahfidzul Quran Lilbanaat (putri) atau setara dengan sekolah menengah pertama, Maharlah Salafiyah Wustho Ikhwan (Putra) atau setara dengan SMP, dan Maharlah Salafiyah Uulya atau setara dengan sekolah dasar. 

7. Ponpes Al Faqih

Ponpes selanjutnya masih dari kabupaten Muaro Jambi, yaitu Pondok Pesantren Al Faqih yang beralamat di Kasang Pudak, Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Saat ini ponpes Al Faqih sudah terakreditasi C dengan sarana dan prasarana yang memadai seperti ruang kelas, ruang laboratorium, rusang perpustakaan, dan fasilitas lainnya. Ponpes ini menyediakan jenjang pendidikan TK, SDIT, SMP ISLAM, serta pesantren. 

8. Pesantren Jauharen 

Pondok pesantren selanjutnya adalah pondok peantren tertua di Jambi yaitu pondok pesantren Jauharen yang beralamat di Jl. KH. A. Majid No.66, Tj. Johor, Pelayangan, Kota Jambi, Jambi. Pondok ini berdiri dari tahun 1972. 

Ponpes ini menyediakan 2 program pendidikan yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dengan program pengajaran pada pendidikan salafiyah berupa pengkajian kitab kuning dan pendidikan khalafiyah. 

9. Ponpes Hastaka 

Ponpes hastaka berlokasi di Air Hangat Semurup, Air Hangat, Bedaro Rampak, Tebo Tengah, Kerinci, Jambi. Pondok pesantren ini hanya menyediakan satu program pendidikan yaitu SMP Atthayyibah Kerinci.

Berbagai presrtasi banyak diukir oleh santri di ponpes yang berada di Kabupaten Kerinci ini seperti juara 1 lomba LCC budaya. Pengemabngan kegiatan tidak hanya dari segi pendidikan agama tetapi juga berbagai kegiatan lainnya seperti olahraga dan seni. 

10. Ponpes Tahfidz dan tafsir Al Fatah

Ponpes selanjutya ialah pondok pesantren Tahfidz dan tafsir Al Fatah yang beralamat di jalan sumatra kacematan bathin VII, Limbur Tembesi, Batin VIII, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Sesuai dengana namanya, ponpes ini memiliki program unggulan yaitu tahfidz Al Quran. Banyak para santri di ponpes ini yang sudah berhasil menghafal 30 Juz. 

Banyak pula santri-santri yang berprestasi salah satunya adalah juara dua hafalan Al Quran MTQ tingkat povinsi Jambi. Meskipun program utama pada bidang tahfidz Al Quran, ponpes di Kabupaten Sarolangun ini tetap memperhatikan pendidikan pada aspek pengetahuan umum seperti sains dan tekonologi serta pada aspek pengembangan kewirausahaan. 

11. Ponpes Al Manar

Masih dari kabupaten Sarolangun, ponpes selanjutnya adalah ponpes Al Manar yang berlamat di Karang Mendapo, Pauh, Kabupaten Sarolangun, Jambi. Ponpes ini merupaka salah satu ponpes modern di wilayah Sarolangun. 

Saat ini ponpes ini memiliki lebih dari 300 santri putra dan putri. Untuk mengembangkat bakat para santri, ponpes ini menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti pentas seni, kegiatan pramuka, pencak silat, menghafal Al Quran, serta berbagai kegiatan perlombaan. 

12. Ponpes Masdarul Hikmah

Ponpes ini beralamat di  Jl. Teratai, Suka Damai, Rimbo Ulu, Suka Damai, Rimbo Ulu, Kabupaten Tebo, Jambi. Dengan visi menciptakan generasi muda yang berkualitas, mengedepankan akhla yang meiliki ketrampila hidup, ponpes ini memiliki tenaga pengajar dan pengasuh yang kompeten dan berpengalaman.

Selain itu, ponpes di Kabupaten Tebo ini menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar mengajar para santri seperti tersedianya aula dan laboratorium. 

13. Ponpes Zulhijah

Pondok pesantren ini beralamat di daerah Teratai, Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi. Ada tiga jenjang pendidikan yaitu Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Zilhijjah, sekolah menengah awal pondok pesantren zulhijjah, serta madrasah aliyah pondok pesantren zulhijjah. 

Di pondok di Kabupaten Batang Hari ini, para santri memiliki kegiatan wajib yang harus dilaksanakan yaitu belajar ceramah, membaca yasin setiap jumat, belajar tablik/berpidato, belajar membaca al quran dan tilawah, serta belajar menulis kaligrafi. 

14. Ponpes Irsyadul Ibad

Sama seperti ponpes Zulhijjah, ponpes ini berlokasi di kabupaten Batanghari tepatnya di l. Jambi - Muara Bulian, Simpang Kubu Kandang, Pemayung, Kabupaten Batang Hari, Jambi.

Ponpes ini menyediakan empat pendidikan formal yaitu madrasah Salawiyah, Madrasah Tahfidzul Al Quran, MTsS Irsyadul Ibad, dan MAS Isyadul Ibad. Ponpes ini menyediakan kegiatan ekstrakurikuler untuk para santri, diantaranya pramuka, paskibra, PMR, Patroli keamana sekolah, dan pecinta alam. 

15. Ponpes Al Muballighin 

Ponpes terkahir yang akan dibahas adalah ponpes Al Muballighin yang beralamat di JL. Semagi, Bungo Barat, Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi. Ponpes ini memiliki visi berani, ikhlas, dan sabar. 

Ponpes di Kabupaten Bungo hanya menyediakan dua pogram pendidikan yaitu MTs Al-Mubhallighin dan MA Al-Mubalighin. Berbagai prestasi berhasil diraih para santri di ponpes ini seperti juara MTQ di tingkat kecamatan.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Provinsi Jambi, Pulau Sumatera. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya.


Posting Komentar untuk "15+ Pondok Pesantren Terbaik di Jambi yang Menjadi Pilihan"