Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Tengah yang Bagus


Kabupaten Lampung Tengah berada di Provinsi Lampung. Ini merupakan wilayah terluas daratannya di Lampung dengan ibukota kabupaten berada di Gunung Sugih. Lokasinya berjarak 58 km dari Bandar Lampung. Di kabupaten padat penduduk ini juga banyak pondok pesantren.

List-nya ada di dalam daftar pondok pesantren di Lampung, khususnya untuk wilayah Kabupaten Lampung Tengah dan alamanya adalah sebagai berikut;

Pesantren di Lampung Tengah


Pondok pesantren di Lampung Tengah, muncul sejak tahun 80an. Bahkan ada yang jauh sebelumnya. Maka dari itu, pondok salaf di sini masih banyak. Yang mengkhususkan pendidikan agama dengan sistem tradisional. Yang modern juga ada. Lembaga pendidikan islam plus akademik yang bagus untuk para santri.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Tengah


Sebagian besar pondok pesantren di Lampung tengah berkembang pesat. Desain bangunannya juga elegan dengan fasilitas pendidikan memadai. Tak hanya itu, kurikulum yang diampu juga disesuaikan dengan perkembangan jaman. Ini dia list nama-nama ponpes tersebut:

1. Pesantren Darus Sa’adah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lampung Tengah yang pertama adalah Darus Sa’adah. PonPes ini adalah pesantren modern yang juga memiliki lembaga pendidikan lengkap seperti MI, MTS dan MA. Bahkan semuanya sudah masuk kategori pendidikan formal dan terakreditasi.

Fasilitas pondok sangat lengkap. Tidak hanya ada fasilitas belajar seperti komputer dan perpustakaan, lapangan olahraga dan graha seni juga disediakan. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh santri yang ingin aktif dalam bidang eskul seperti futsal, bulu tangkis dan kasidah.

Sehingga ketika keluar nanti, ada keterampilan yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan kehidupannya. Adapun alamatnya sendiri berada di Desa Seputih Jaya, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah.

2. Pondok Pesantren Darul Hikam

Informasi terbaru tentang adanya pondok pesantren terbaik di Kabupaten Lampung Tengah ialah PonPes Darul Hikam yang alamatnya sendiri berada di SB. 6 Tanjung Harapan, Kecamatan Seputih Banyak. PonPes ini meskipun bukan menjadi salah satu Pondok Pesantren NU terbaik di Indonesia namun tetap saja dalam segi pendidikannya menjadi salah satu yang terbaik di Provinsi Lampung.

Untuk pendidikan formalnya sendiri ada Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah atau setara dengan pendidikan SMP dan SMA. Ustadz Hafidz 085838777001

3. Ponpes Wali Songo Lampung Tengah

Ponpes Wali Songo adalah pondok pesantren NU. Di sinilah putra-putri nahdiyin Lampung belajar ilmu agama dan ilmu umum. Bahkan, program asah bakat juga disediakan dengan lengkap. Seperti Seni hadrah, Kaligrafi dan Silat.

Program non pembelajaran pondok pesantren juga banyak. Di antaranya mengunjungi makam para wali, serta mengikuti kegiatan Bahtsul Masail dengan rutin. Oleh karena itu pondok pesantren ini bagus dijadikan rujukan untuk belajar Khittah Nahdlatul Ulama (NU) beserta standar keilmuannya.
Pondok ini dibangun megah di Jl. Ponpes Wali Songo, Sukajadi, Bumi Ratu Nuban, Sukajadi, Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Tengah.

4. Ponpes Darul Hidayah

Pondok pesantren Darul Hidayah juga pesantren berafiliasi pada organisasi NU. Pondok inilah yang tidak pernah berhenti mencetak insan nahdiyin berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan rutin diadakannya lomba terkait kitab-kitab rujukan Nahdlatul Ulama seperti Ihya’Ulumuddin, Hifzul Qutub dan selainnya.

Ponpes dijadikan tempat acara besar NU seperti peringatan hari santri. Yang terbaru adalah Musabaqoh Kitab Kuning (MKK) 2018 yang digagas oleh PKB.  Kegiatan-kegiatan semacam inilah yang membuat aura NU di ponpes begitu kental.

Alamat pondok pesantren ini ada di Uman Agung, Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

5. Ponpes Baitul Mustaqim

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lampung Tengah yang ke empat adalah ponpes Baitul Mustaqim. Pondok ini baru dibangun pada tahun 1994. Namun, perintisnya sudah muncul di tahun 1959, ketika seorang santri bernama Ismain, mulai mengajar anak-anak Lampung Tengah secara sukarela di masjid Baitul Mustaqim.

Ini adalah pondok salaf. Maka dari itu, sistem mengajarnya masih tradisional sejenis sorogan. Sekalipun begitu, lembaga pendidikannya juga lengkap. Ada RA, MI, MTS dan Aliyah. Pihak pengelola juga memberdayakan program pendidikan islam non formal yaitu madrasah-madrasah.

Pondok pesantren ini beralamat di Jl Kampung Sidorahayu Sidomulyo Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah.

6. Pesantren Nurul Ulum

Pondok Pesantren Nurul Ulum bisa dikatakan sebagai salah satu lembaga pendidikan non formal yang terbaik di Provinsi Lampung. Dimana pengasuh pesantren ini adalah beliau Drs.KH. Aliman Marzuqi, M.Pd.I sangatlah termasyhur bagi masyarakat Lampung.

Adapun letak alamatnya sendiri berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Gajah, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung.

7. Pondok Pesantren Nurul Qodiri

PonPes Nurul Qodiri di Lampung Tengah bisa dikatakan sebagai lembaga yang cukup familiar bagi masyarakat. Beralamatkan di Kampung Lempuyang Bandar, Kecamatan Way Pengubuan, Kabupaten Lampung Tengah. Beberapa tokoh nasional, regional juga pernah hadir. Misalnya saja Gus Miftah.

Oleh karena itulah pesona keagamaan di Kabupaten Lampung Tengah mulai bangkit. Ini akibat kesadaran masyarakat untuk menuntut ilmu di banyak ponpes.

Maka dari itu, nama pondok yang sebagian dimasukkan ke dalam daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Lampung Tengah, tidak pernah sepi dari santri dan santriwati. Semoga ulasan kali ini memberikan informasi yang bermanfaat. Trimakasih,

Posting Komentar untuk "7+ Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Tengah yang Bagus"