10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Yogyakarta yang Bagus


Terkenal sebagai kota pelajar, ternyata Yogyakarta tidak hanya fokus pada pendidikan formal saja. Kota Yogyakarta juga memiliki berbagai pondok pesantren yang tersebar di seluruh penjuru kota. Selain diperuntukkan bagi pelajar, beberapa pondok di Yogyakarta juga dikhususkan bagi pesantren mahasiswa. Untuk info selengkapnya, berikut daftar nama pondok pesantren di Kota Yogyakarta.

Pesantren di Yogyakarta


Tak hanya untuk untuk menimba ilmu agama saja, pesantren di Yogyakarta juga bertujuan untuk membentuk karakter santri. Selain menjadi pilihan pendidikan bagi masyarakat beragama islam, memasukkan anak ke pesantren juga dimaksudkan agar anak belajar agama sekaligus bersekolah formal.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Yogyakarta


Dengan memperoleh daftar nama pondok pesantren di Kota Yogyakarta akan mempermudah Anda dalam mencari pondok pesantren yang tepat untuk anak, adik, ataupun keponakan. Informasi berikut akan membantu Anda dalam memilih pondok pesantren lengkap dengan alamat yang bisa Anda kunjungi.

Pondok Pesantren Al Ikhlas

Pondok Pesantren Al Ikhlas merupakan pondok pesantren yang berlokadi di Jogokariyan Mjj 3/416, Yogyakarta. Pesantren ini dipimpin oleh KH Muhammad Zuhdi Dahlan dengan jumla santri sebanyak 17 santri putri.

Pondok Pesantren Ma’hadul Makfufin

Salah satu pondok pesantren yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Parangtritis adalah Pondok Pesantren Ma’hadul Makfufin. Pesantren ini terletak di Jalan Parangtritis No. 46, Mantrijeron. Pesantren ini menggunakan model pembelajaran salafiyah dengan santri usia sekolah SMP hingga SMA.

Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro

Berlokasi di Jalan Cuwiri No.123, Jogokariyan, Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro merupakan pondok pesantren salafiyah yang dipadukan dengan pendidikan formal.

Selain menjadi tempat santri usia sekolah SMP dan SMA, di pondok ini juga terdapat santri yang sudah mengeyam pendidikan tinggi di berbagai universitas di Yogyakarta. Selain bertujuan untuk mendalami ilmu agama, pesantren ini lebih difokuskan pada penguatan karakter santri dan memiliki wawasan yang luas.

Pondok Pesantren Abu Bakar Asshidiq

Pondok Pesantren Abu Bakar Asshidiq merupakan salah satu pondok pesantren salafy di Yogyakarta yang terletak di Jalan Veteran Gang Bakisar No.716 Q, Umbulharjo.

Mengkombinasikan pendidikan agama dan pendidikan formal, pesantren ini juga menyediakan fasilitas pendidikan, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Darussalam

Salah satu pondok pesantren modern yang ada di Kota Yogyakarta adalah Pondok Pesantren Darussalam.

Pondok pesantren ini terletak di Jalan Luwono MG, Margangsan. Pesantren ini menjadi pesantren terbaik di Yogyakarta dan banyak santri yang menuntut ilmu di pesantren ini. Meskipun terdapat jenjang pendidikan SMP hingga SMP, pesantren ini tetap mengutamakan pendidikan agama dibandingkan dengan pendidikan umum.

Pondok Pesantren Al Khairaat

Terletak di Jalan Veteran UH, Umbulharjo, Pondok Pesantren Al Khairaat merupakan salah satu pesantren yang cukup terkenal di Kota Yogyakarta. Selain mendalami ilmu agama, pesantren ini juga memiliki jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah

Sama seperti Pondok Pesantren Al Khairaat, Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah juga terletak di Umbulharjo, tepatnya di Jalan Babaran Kalangan. Pesantren ini masih menggunakan metodesalafy. Meski begitu, pesantren ini sudah mengkombinasikan dengan pendidikan formal dalam sistem pembelajarannya.

Pondok Pesantren Fauzul Muslim

Berlokasi di Jalan Nyai Pambayun No. 21, Kotagede, Pondok Pesantren Fauzul Muslim termasuk dalam pondok pesantren baru di Kota Yogyakarta.

Meski begitu, pondok pesantren ini cukup diminati masyarakat karena mampu menggabungkan pendidikan agama dan pendidikan formal, mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Nurul Ummah

Pondok Pesantren Nurul Ummah merupakan salah satu pesantren di Yogyakarta yang memiliki jumlah santri yang cukup banyak.

Terletak di Jalan Raden Ronggo KG No. 11/982, Kota Gede, pesantren ini menggabungkan pendidikan agama dengan berbagai jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Al Barokah

Pondok Pesantren Al Barokah terletak di Blunyahrejo, Tegalrejo. Dipimpin oleh KH. Rosim Al Fatih, Lc., Pondok Pesantren Al Barokah kini memiliki 100 santri yang terdiri dari santri putra dan santri putri.

Tidak hanya mempelajari ilmu agama saja, pondok pesantren juga banyak yang sudah menggabungkan dengan pendidikan formal.

Dengan adanya daftar nama pondok pesantren di Kota Yogyakarta semoga bisa menjadi referensi Anda untuk memilih pondok pesantren di Kota Yogyakarta ini ya, dan semoga pula membantu pembaca semuanya. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Yogyakarta yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel