9+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Padang Yang Bagus


Kota Padang merupakan ibukota Provinsi Sumatera Barat yang kaya akan kebudayaan khasnya. Mayoritas penduduk yang beragama Islam membuat Kota Padang memiliki banyak pondok pesantren yang berkembang dan tersebar di seluruh wilayahnya. Nah, berikut ini adalah daftar nama pondok pesantren di Sumatra Barat, yakni dalam administratif Kota Padang yang bisa Anda jadikan rujukan tempat nyantri di Padang.

Pesantren di Padang


Pesantren di Padang cukup berkembang dengan pesat. Meskipun beberapa ada yang berusia cukup lama tak membuat pesantren tersebut ketinggalan zaman. Dengan adanya kombinasi antara kurikulum pesantren dan kurikulum nasional mampu menarik para santri untuk bermukim di pesantren.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Padang


Dengan mengetahui fasilitas dan sistem pendidikan di pesantren dapat menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memutuskan pesantren yang akan dipilih. Daftar nama pondok pesantren di Kota Padang berikut dapat menjadi rekomendasi Anda untuk memilih tempat nyantri di Kota Padang.

Pondok Pesantren Diniyyah Putri

Pondok Pesantren Diniyyah Putri merupakan salah satu pondok pesantren modern yang dikhususkan untuk santri putri. Berdiri sejak tahun 1923, pondok pesantren ini terletak di Jalan Abdul Hamid Hakim No.30, Padang.

Pesantren ini memiliki jumlah santri yang cukup banyak sekitar 1.000 santri putri dan kini memiliki jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA yang bisa diakses oleh masyarakat.

Pondok Pesantren Thawalib Padang

Pondok Pesantren Thawalib merupakan pondok pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1910 dan berlokasi di Jalan Cubadak Air, Lubuk Lintah, Kuranji, Kota Padang. Pesantren ini menganut sistem pendidikan thawalib yang menggunakan kitab-kitab keluaran Mekkah.

Pondok Pesantren Harakatul Quran

Pondok Pesantren Harakatul Quran terletak di Batang Kabung Ganting, Koto Tangah, Padang. Pesantren ini merupakan pesantren modern yang fokus pada program tahfidz Quran.

Sistem pendidikan yang digunakan menggabungkan corak pendidikan pesantren, sistem mua’llim (KMI) dan tahfidz Quran untuk membina santri dalam asrama.

Pondok Pesantren Kanzul Ulum

Pondok Pesantren Kanzul Ulum merupakan pondok pesantren yang terletak di Jalan Pasir Gurun, Pasir Nan Tigo, Koto Tangah, Padang.

Pesantren ini berfokus pada tahfidz Al Quran dan penanaman karakter pada santrinya. Selain memfasilitasi santri dengan ilmu agama, ada pula pendidikan formal yang bisa ditempuh para santri. Selain itu, santri juga dilatih kemandiriannya dengan pendampingan dari pihak pesantren.

Pondok Pesantren Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum telah berdiri sejak tanggal 21 Agustus 1991 dan terletak di Air Pacah, Koto Tangah, Kota Padang. Pesantren ini menggunakan sistem pendidikan salafiyah dan kurikulum nasional.

Selain untuk memperdalam ilmu agama islam melalui kitab kuning, santri juga bisa melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Pondok Pesantren MTI Batang Kabung

Pondok Pesantren MTI Batang Kabung terletak Batang Kabung Gating, Kota Padang. Berdiri sejak tahun 1955, pesantren ini melaksanakan kurikulum pesantren dan kurikulum nasional. Kini pesantren ini memiliki lebih dari 100 santri yang menempuh pendidikan formal di jenjang MTs dan MA.

Pondok Pesantren Bustanul Ulum

Pondok Pesantren Bustanul Ulum terletak di Lambung Bukit, Pauh, Kota Padang. Pesantren ini berada di kawasan PT Semen Padang dan memanfaatkan salah satu gedung milik PT Semen Padang.

Selain untuk memperdalam ilmu agama islam, pesantren ini juga menyediakan pendidikan formal untuk para santri dan masyarakat sekitar. Jenjang pendidikan formal yang ada di pesantren ini adalah SD, MTs, dan MA.

Pondok Pesantren MTI Lubuk Bagalung

Pondok Pesantren MTI Lubuk Bagalung merupakan pesantren di Padang yang telah berdiri sejak tanggal 2 April 1986. Terletak di Jalan Aru No. 26, Lubuk Bagalung, Padang, pesantren ini mengkombinasikan pendidikan agama dan pendidikanumum dengan beragam program yang sudah dipersiapkan pihak pesantren.

Pondok Pesantren Modern Dr. H. Abdullah Ahmad

Pondok pesantren ini terletak di alan Dr. H. Abdullah Ahmad No.8, Kota Padang. Pesantren ini dua kurikulum, yaitu kurikulum pesantren dan kurikulum umum dengan sistem bilingual. Selain itu, ada kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti santri, seperti pramuka, PMR, seni, pencak silat, dan paskibra.

Daftar nama pondok pesantren di Kota Padang bisa menjadi rujukan Anda dalam mencari pesantren di Padang. Untuk informasi mengenai biaya pendidikan, Anda bisa mengecek di website masing-masing pesantren atau mengunjungi langsung melalui alamat yang tertera di atas.

Belum ada Komentar untuk "9+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Padang Yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel