Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14+ Pondok Pesantren Terbaik di Sumatera Barat

Pondok Pesantren di Sumatera Barat

Provinsi yang beribukota di Kota Padang ini ampir 90% masyarakatnya menganut agama islam. Oleh karena itu tidak heran apabila Provinsi Sumatera Barat memiliki banyak sekali pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah dari perkotaan hingnga wilayah terpencil.

Alasannya karena masyarakat di Sumbar paham bahwa menitipkan anak untuk tinggal di pesantren akan mampu memberikan pendidikan lebih dalam pemahaman agama.

Pesantren di Sumatera Barat

Dengan mayoritas masyaratnya yang beragama islam, wilayah ini memiliki berbagai pondok pesantren dari berbagai kategori dengan kualitas yang bagus. Oleh karena itu tidak diragukan lagi pesatnya perkembangan ajaran islam di wilayah ini. 

Adanya pondok pesantren yang tersebar di berbagai wilayah hingga ke wilayah-wilayah terpencil memungkinkan siapa saja bisa menjangkau untuk menimba ilmu di pondok. Tidak semua pondok-pondok yang disediakan harus berbayar. Beberapa pondok di wilayah ini membebaskan biaya pendidikan/gratis. 

Daftar Pondok Pesantren di Sumatera Barat

Beberapa pondok pesantren yang ada di Sumatera Barat antara lain: 

1. Pesantren Serambi Mekah

Ponpes ini beralamat di Jl.Ahmad Yani No 1 Ngalau Padang Panjang Sumatera Barat. Seperti ponpes pada umumnya, pesantren ini memiliki beberapa program unggulan dantaranya: Tahfidz Al Quran, Muhayyam Al Quran, Mukhayyam Al Quran, Pelatihan Mubaligh dan lain sebagainya.

Para santri bisa memulai belajar di pesantren dari tingkatan pendidikan yang paling bawah yaitu SMP. Terdapat juga SMA, MA, hingga perguruan tinggi. Sistem pendidikan yang dikemas dengan modern ini termasuk salah satu ponpes terbaik di wilayah Sumatera Utara. 

2. Pesantren Harakatul Quran 

Ponpes selanjutnya ialah Haraqul Quran yang beralamat di Batang Kabung Ganting, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Pondok pesantren terbaik di Kota Padang ini terkenal dengan lingkungannya yang hijau dan asri sehingga nyaman sebagai tempat belajar. 

Ponpes ini terfokus pada program tahfudz Quran. Pendidikan Al Quran dikemas dan digabungkan dengan pendidikan modern. Dengan kurikulum KMI (Kuliyyatul Mu’alliin Al Islamiyah) memungkinkan para santri untuk belajar lebih disiplin dan mandiri. 

3. Pesantren Arrisalah 

Ponpes ini beralamat di jalan Raya Air Dingin, RT.01/RW.09, Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Untuk mendidik santri agar menghafal dan memahami Al Quran, pesantren ini memiliki program hafalan Al Quran untuk setiap kenaikan kelas. 

Ponpes ini mendidik para santri dengan sistem pendidikan modern tetapi tetap perpegang teguh pada al Quran dan Hadis. Lokasi pesantren yang terbilang cukup luas ini memiliki lokasi hijau dan fasiltas pendidikan pesantren yang memadai menjadikan pesantren ini menjadi salah satu pesantren terbaik di wilayah tersebut. 

4. Pesantren Thawalib Parabek 

Ponpes ini terletak di Simpang Bangkaweh, Ladang Laweh, Kec. Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dua program pendidikan yang disediakan Yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. 

Meskipun memiliki pendidikan islam yang ketat, pondok pesantren terbaik di Kabupaten Agam ini terbuka terhadap perubahan baik dalam segi ilmu pengetahuan maupun teknologi. Keterbukaan ini tentunya untuk membekali santri dengan ilmu agama dan ilmu pengetahuan yang mumpuni. 

5. Pesantren Sabbihisma 

Pompes ini beralamat di Pesantren ini beralamat di jalan Anak Air, Batipuh Panjang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang Prov. Sumatera Barat. Ponpes ini terfokus pada pendidikan dakwah dengan tujuan untuk melatih dan mendorong santi untuk menyebarluaskan agama islam melaui dakwah. 

Meskipun demikian, ponpes ini tetap mengadakan program unggulan berupa fahmahul Quran yang diterapkan melalui program baca tulis Al-Quran. Selain itu, pendidikan karakter santri juga sangat diperhatikan dengan mengembangkan program unggulan berupa pengetahuan keislaman dan pembiasaan hidup islami. 

6. Pesantren Darul Ulum 

Ponpes ini beralamat di jalan Abdul Ahmad, No. 2 Padang Timur, kec. Sawahan, Padang, Kota Padang, Sumatera Barat. Pesantren ini merupakan satu satunya pesantren salafiyah  yang ada di wilayah Padang. 

Selain sebagai tempat menimba ilmu bagi para santri, ponpes ini juga menjadi salah satu wisata religi yang ada di wilayah tersebut. Hal tersebut memiliki tujuan untuk memperkenalkan ilmu agama islam kepada masyarakat sekitar. 

7. Pesantren Dr Abdullah Ahmmad PGAI

Sama seperti pesantren yang dibahas sebelumnya, pesantren in terletak di kota Padang tepatnya di Jl. Dr. H. Abdullah Ahmad No. 8 Padang dengan status pendidikan swasta. Sesuai dengan namanya, ponpes ini didirikan oleh Dr. H. Abdullah Ahmad dengan menyediakan dua pendidikan formal yaitu MTs dan MA. 

Dengan visi berakhlakul karimah serta terampil dalam iptek dan berbudaya lingkungan, ponpes ini bertujuan untuk menciptakan santri yang terampil dalam beragaman dan dan bersikap. Untuk menunjang perkembangan ssantri, ponpes ini memiliki beberapa program unggulan dalam berbagai bidang seperti bidang keagamaan, olahraga, akademik, serta kesenian.  

8. Pesantren Thawalib Padang Panjang 

Ponpes ini beralamat di Jl. Abdul Hamid Hakim No. 12, kel Ps Usang, Kec. Padang Panjang Br, Kota Padang Panjan,g Sumatera Barat. Pondok pesantren terbaik di Padang Panjang ini sebenarnya berupa yayasan yang terdiri dari beberapa jenjang pendidikan. 

Beberapa jenjang pendidikan formal tersebar di berbagai wilayah di padang panjang. Daftar pendidkan formal yang ada antara lain: PAUD RAA, MIUT, MTsS Putra, MTsS putri, MAS – KUI Putra, serta MAS-KUI Putri.

9. Pesantren MTI Sabilul Janah

Ponpes yang berdiri pada tahun 2003 ini beralamat di Timbutun Surantih, kec. Sutera, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Visi dari MTI Sabilul Janah ini adalah menjadi salah satu lembaga pendidikan islam yang melahirkan intelektual muda muslim yang tafaqquh Fiddin. 

Untuk program pendidian, pondok pesantren terbaik di Pesisir Selatan ini menyediakan program pendidikan formal seperti program Tsanawiyah, Aliyah, Tahfidz Quran, serta studi ilmu pengetahuan. Berbagai macam kitab suci agama islam dipelajari seperti nahu, sharaf, fiqih, tafsir, hadist, tasawuf, tarekh, tauhid, mantiq, ushul fiqih, balaghah, serta madzahib. 

10. Pesantren Tarbiyah Islamiah 

Ponpes yang beralamat di Jl. Tarbiyah Batang Kabung, Batang Kabung, Kec. Koto Tangah, Kota Padang Prov. Sumatera Barat ini memiliki visi untuk menjadikan madrasah tarbiyah islamiyah canduang sebagai lembaga pendidikan islam yang mewujudkan intelektual muda muslim yang tafaqquh fiddiin.

Berbagai pembelajaran berbasisi islam seperi al Quran, hadist, tashauf, nahu, sharaf, ushul fiq, mantiq, tarekh, dan juga balaghal dipelajari di pesantren ini. Dengan penggunaan qurikulum dari kementrian agama, para santri memiliki berbagai prestasi baik akademik maupun nonakademik. 

11. Pesantren Darul Tauhid

Ponpes ini beralamat di Selayo Kota Hilalang, Kec. Kubung, Kab. Solok, Sumatera Barat. Ponpes ini menyediakan pendidikan formal setara dengan jenjang SMP.

Bahkan pada saat ini pondok pesantren terbaik di Kabupaten Solok ini memiliki lebih dari 300 santri dengan berbagai kegiatan berbasisi islam dan pengetahuan umum. Banyak santri-santri di pondok ini yang sudah berhasil tahfidz quran. Meskipun belum semua santri mampu menghafal 30 juz, perkembangan pendidikan islam di ponpes ini bisa dibilang cukup pesat. 

12. Pesantren Al Kautsar Muhammadiyah 

Sesuai dengan namanya, ponps ini mengajarkan pendidikan islam muhammadiyah dengan 5 program pendidikan formal diantaranya: PAUD dan TK, SD Muhammadiyah Full Day School, Madrasah Diniyah Awaliyah Al Kautsar, MTs PPM Al Kautsar Muhammadiyah, dan MAS Al Kautsar Muhammadiyah. 

Dengan visi unggul dalam ilmu, terampil dalam amal, dan mulia dalam akhlak ini menggunakan sistem pendidikan islam yang diajarkan secara modern sehinngga para santri tetap memiliki ketrampilan umum sesuai perkembangan zaman dengan tetap memperhatikan hukum-hukum islam.

13. Pesantren Al Kasyaf Salindo 

Ponpes yang didirikan pada tahun 200 ini beralamat di JL. Kampung Luar Salido, IV Jurai, Pesisir Selatan, Painan, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Saat ini ponpes Al Kasyaf Salindo memiliki dua program pendidikan formal setara Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. 

Tidak hanya pendidikan fomal berupa pendidikn agama (tahfidz, pembacaan kitab kuning, dll) dan pendidikan umum, para santri juga dibekali dengan berbagai ketrampilan seperti ketrampilan ilmu beternak, ketrampilan menjahit hingga ketrampilan las listrik. 

14. Pesantren Nurul Yaqin

Ponpes terakhir yang akan kita bahas adalah ponpes yang didirikan pada tahun 1960 yaitu Nurul Yaqin yang beralamat di Ringan-ringan, Kecamatan Enam Lingkung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Dengan tenaga pendidik yang memadai dan kompeten, pondok pesantren terbaik di Kabupaten Padang Pariaman ini memiliki program unggulan yaitu santri dianjurkan menguasai Qawaid Luqatul Arabiyah dan beribadah maddah bagi santri jenjang pendidikan Tsanawiyah dan mampu menggali dalil-dalil ibadah serta sanggup mempertahankan dalil tersebut dan diajarkan kepada masyarakat bagi santri jenjang pendidan Aliyah.

Nah, demikianlah saja seputar informasi yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Barat. Semoga saja bisa bermanfaat,

Posting Komentar untuk "14+ Pondok Pesantren Terbaik di Sumatera Barat"