9 Pondok Pesantren di Kabupaten Pesisir Selatan Yang Terkenal

Pesantren di Kabupaten Pesisir Selatan

Memiliki iman dan Agama yang baik merupakan salah satu kunci ketenangan hidup agar terhindar dari pengaruh hal-hal buruk yang ada dikehidupan dunia ini. Salah satu cara untuk memiliki iman yang kuat ialah dengan mempelajari agama secara lebih dalam dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Di masa sekarang ini memang tidak ada yang sulit untuk belajar, karena sudah ada teknologi yang bisa mengaskses internet untuk melihat kajian di youtube maupun grub online lainnya. Akan tetapi alangkah lebih baiknya apabila dalam belajar ilmu agama ada guru yang jelas untuk membimbing diri kita yang salah satunya yaitu bisa diikuti dalam pendidikan pondok pesantren. Dimana ponpes merupakan sarana belajar bagi seseorang yang hendak memperdalam ilmu agama sekaligus mengembangkan diri agar menjadi insan yang lebih mulia. Salah satunya PonPes yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan

Pesantren di Kabupaten Pesisir Selatan

Salah satu pondok pesantren yang mempunyai tujuan untuk menumbuhkan atau memunculkan santri-santri muda yang memiliki pengetahuan tentang Al, Quran dan Tafiz Qur'an yaitu ponpes di Pesisir Selatan.

Bahkan daerah di Kabupaten Pesisir Selatan ini juga dianggap sebagai wilayah pengembangan dakwah Islam, sehingga tidak heran apabila disini terdapat banyak pesantren yang tersebar ke beberapa dusun maupun kecamatan. 

Daftar Pesantren Di Kabupaten Pesisir Selatan

Berikut dibawah ini yang merupakan daftar nama pesantren di Sumatra, Khususnya Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat. Antara lain;

1. Fathul Ulum

Pondok Pesantren Fathul Ulum beralamat di Kp. Rantau Panjang Nagari Pasir Binjai 25674.

2. Alkasyaf Salido

Pondok Pesantren Alkasyaf Salido beralamat di Jln Kampung Luar Salido Kec.Iv Jurai Kab.Pesisir Selatan Prov.Sumatera Barat. Pondok pesantren ini berdiri sejak tahun 2000.  Ketua Yayasan dari pondok pesantren Alkasyaf Salido ini bernama KH Yoserizal.

Peningkatan kualitas pondok selalu diperhatikan terus menerus dan hal ini dilakukan dengan berbagai terobosan salahs satunya yaitu dengan meningkatkan pendidikan, fasilitas dan lain-lain. fasilitas yang ada di pondok pesantren Alkasyaf Salido antara lain seperti asrama, ruang pelatihan menjahit, laboratorium, ruang pelatihan las listrik, ruang komputer dan lain-lain.  

3. Tarbiyah Islamiyah Koto Kandis

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah Koto Kandis beralamat di Koto Kandis. Pesantren ini didirikan pada tahun 1950. Beberapa tokoh yang berjasa dalam pendirian pondok pesantren ini yaitu Pakia Nantang, H. Timu, Buya Abdul Mu‟is dan Buya Abu Sidar Kalimandaro.

Hingga saat ini pesantren Tarbiyah Islamiyah Koto Kandis sudah dikembangkan dengan baik mulai dari segi kurikulum, kualitas guru, maupun sarana dan prasarana. 

4. Sabilul Jannah

Pondok Pesantren Sabilul Jannah beralamat di Timbulun Aur Duri Surantih. Pesantren ini didirikan pada tahun 2003. Inisiatif pendirian pondok pesantren ini dilakukan oleh beberapa tokoh masyarakat yang ada di Pesisir Selatan pada saat itu yaitu ada sekitar 19 tokoh masyarakat.

Visi dari ponpes ini yaitu beramal dengan salah satu mazhab yang empat, menghidupkan nilai - nilai Islam yang sesuai dengan paham ahlussunnah wal jama’ah dalam i’tiqad, dan berfatwa serta menetapkan hukum dengan mazhab Imam Syafi’i.

Adapun beberapa fasilitas yang bisa diperoleh dalam pondok antara lain ruang serba guna, ruang olahraga, ruang majelis guru, ruang pusat kesehatan, ruang belajar tsanawiyah dan aliyah. 

5. Al Munawwarah

Pondok Pesantren Al Munawwarah beralamat di Sw Liat Kenagarian Kapuh Utara.

6. Iqra'

Pesantren selanjutnya yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan adalah Pondok Pesantren Iqra` beralamat di Jl. Padang Painan Km 45 Koto Pulai Br.Br. Balantai. Pesantren ini menerapkan perpaduan kurikulum antara kurikulum satuan pendidikan pada umumnya dengan kurikulum pondok.

Sehingga santri memperoleh pembelajaran pengetahuan umum dan ilmu agama islam secara lebih mendalam. 

7. Nurul Yaqien

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Nurul Yaqien beralamat di Padang Mandiangin.

8. Teladan Hilalang Panjang

Pondok Pesantren Teladan Hilalang Panjang beralamat di Hilalang Panjang.

9. Darul Ulum

Nama Pondok Pesantren terakhir yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan adalah Darul Ulum beralamat di Jl.Simp. Tiga Blok A Tanjung Beringin Lunang Selatan.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatra Barat yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "9 Pondok Pesantren di Kabupaten Pesisir Selatan Yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel