Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Banyumas

Pesantren di Banyumas

Kabupaten Banyumas merupakan kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk mencapai 1.000 jiwa perkilometer. Kepadatan penduduk ini berbarengan dengan banyaknya pesantren yang tumbuh di kabupaten tersebut. Tidak heran jika daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banyumas cukup banyak.

Namun begitu, tidak seluruh pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Banyumas akan diulas dalam artikel ini. Tentu saja, agar data yang disajikan pada setiap ulasan lebih lengkap. Baik alamat, atau unit yang ada di dalamnya.

Pesantren di Banyumas


Di antara sekian banyak daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banyumas, ada pondok pesantren yang tergolong kecil dengan jumlah santri puluhan saja. Meski demikian, ada juga yang jumlahnya banyak hingga ratusan. Unit pendidikan di dalamnya pun berbeda-beda. Ada yang memiliki unit pendidikan formal, ada juga yang tidak.

Nama Pondok Pesantren di Banyumas


Jumlah pondok pesantren di Banyumas hampir mencapai seratusan. Itu sebabnya, untuk menyebut secara detail masing-masing pondok pesantren tersebut, tentu membutuhkan ruang yang sangat luas. Untuk itu, akan dibahas lima pondok pesantren saja dalam ulasan ini.

Pondok Pesantren Anwarush Sholihin

Pondok pesantren ini tidak memiliki unit pendidikan formal sendiri. Karena itu, santri yang belajar di pondok pesantren tersebut umumnya menempuh pendidikan formal di SMP Ma’arif NU 3 atau SMK Ma’arif NU 1. Dua unit pendidikan formal tersebut bekerja sama dengan pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1995 ini.

Kitab yang dikaji di pesantren ini adalah kitab klasik atau kitab kuning. Pondok pesantren ini juga menyelengarakan madrasah diniyyah serta tahfidz Al-Qur’an. Ekstrakurikuler di dalamnya cukup banyak. Salah satunya adalah bela diri. Untuk melihat langsung seperti apa pesantren ini, Anda bisa datang ke alamat Jalan Arsadimeja RT 01 RW 12, Desa Teluk, Kecamatan Purwokerto Selatan.

Pondok Pesantren Ath-Thohiriyyah

Alamat pondok pesantren ini ada di Jalan KS. Tubun Gang Masjid nomor 31, RT 3 RW 5. Lokasinya masuk dalam kawasan Desa Karangsalam Kidul, Kedung Banteng, Purworejo.

Kajian utama di pesantren ini adalah kajian kitab salaf. Terdapat madrasah diniyyah sebagai salah satu pendidikan nonformal yang umumnya ada di setiap pesantren salaf. Santri yang ingin menghafal Al-Qur’an juga terfasilitasi dengan adanya pendidikan tahfidz di pesantren ini.

Pondok Pesantren API Al Hidayah

Pondok pesantren ini menyelenggarakan pendidikan non formal madrasah diniyyah. Kajian utama yang digunakan dalam pendidikan di pesantren ini adalah kajian kitab salaf. Dua di antara metode pengajaran yang digunakan adalah sorogan dan pengajian bandongan.

Alamat pondok pesantren ini adalah Jalan Letnan Jenderal Polisi Soemarto, Desa Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara. Selain mengenyam pendidikan non formal, santri yang mondok di pesantren ini juga bisa menempuh pendidikan formal di SMK Al Kautsar.

Pondok Pesantren Al Ikhsan

Pada awal berdiri, pondok pesantren ini hanya memiliki dua kamar saja. Namun, saat ini, Pesantren Al Ikhsan telah berkembang jauh dari saat berdiri pada tahun 1986 dulu. Pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh pesantren ini adalah madrasah diniyyah serta tahfidz Al-Qur’an.

Selain bisa mengenyam pendidikan non formal, santri di pondok pesantren ini juga bisa menempuh pendidikan formal. Ada dua pendidikan formal di pesantren tersebut. Dua pendidikan tersebut adalah MTs Al Ikhsan serta MA Al Ikhsan.

Alamat pondok pesantren yang banyak mengkaji kitab salaf ini berdiri di Jalan Satria RT 4 RW 2, Desa Beji, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas.

Pondok Pesantren Roudlotut Tholibin Kembaran

Pondok pesantren ini berada di Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Banyumas. Pesantren yang banyak memiliki unit pendidikan formal ini menjadikan kitab klasik ulama salaf sebagaian kajian utamanya.

Pendidikan formal yang ada di Pesantren Roudlotut Tholibin adalah Raudlatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyyah, Madrasah Tsanawiyyah, juga Madrasah Aliyah.

Kajian salaf di pesantren tersebut dilakukan dengan sistem bandongan serta sorogan. Sebagai penunjang, pesantren tersebut juga menyelenggarakan pendidikan formal dalam bentuk madrasah diniyyah. Jenjang madrasah diniyyah tersebut dimulai dari tingkat Ula hingga Ulya.

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banyumas ini semoga bisa memberi gambaran yang baik untuk menentukan pilihan terbaik Anda. Semoga saja melalui ulasan atas artikel ini bermanfaat untuk semuanya.

Belum ada Komentar untuk "Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Banyumas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel