10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Singkil yang Terkenal

Pengaruh globalisasi yang masuk ke dalam negara Indonesia ini mau tidak mau harus bisa diterima dan di saring dengan benar. Hal ini karena telah banyak budaya asing yang masuk ke negara kita dan sudah diikuti para pemuda. Oleh karena itu moral bangsa semakin luntur karena mengikuti budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia.

Dalam menangani masalah pergaulan yang semakin bebas di kalangan generasi muda ini. Maka salah satu solusi yang paling penting yaitu penanaman moral, akhlak, dan agama yang baik dalam diri generasi muda. Sehingga tidak heran, apabila di masa sekarang ini justru para orangtua lebih memilih pondok pesantren sebagai salah satu sarana yang diharapkan dapat mendidik dan menanamkan karakter baik bagi generasi muda. Salah satunya diantara dengan menitipkan generasinya di pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Singkil

Pesantren di Aceh Singkil

Kabupaten Aceh Singkil merupakan daerah yang terdiri dari daratan dan kepulauan, namun kawasan daratan jauh lebih luas. Kabupaten Aceh Singkil ini juga termasuk kabupaten di Aceh yang memiliki sejumlah podok pesantren.

Ponpes di Aceh, khususnya kabupaten ini memiliki kualitas, visi, dan misi yang baik dan beberapa pesantren telah tersebar ke beberapa daerah. Masing-masing pondok pesantren di Kabupaten Aceh Singkil sudah mempunyai banyak santri dan para pengajar. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Singkil

Pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Aceh Singkil ini tersebar ke seluruh pelosok atau daerah. Berikut dibawah ini nama-nama pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Singkil. Antara lain;

1. Darul Muta'allimin

Nama Pondok Pesantren pertama yang ada di Kabupaten Aceh Singkil adalah Darul Muta'allimin. Pesantren ini termasuk ponpes yang sudah tua, yaitu telah didirikan sejak tahun 1962. Alamat dari Pondok Pesantren Darul Muta'allimin sendiri terletak di Jalan Pesantren Tanah Merah No 1.

Perlu anda ketahui bahwa pesantren ini dibangun oleh Syeikh Haji Bahauddin. Semangat Syeikh Haji Bahauddin mendirikan pondok pesantren sudah lama tertanam dalam dirinya sejak beliau masih belajar di Pesantren Darussalam Labuhan Haji.

Hebatnya lagi para alumni Pondok Pesantren Darul Muta`allimin ini juga berhasil mendirikan lembaga pendidikan Islam di daerah Aceh Singkil yang hingga saat ini sangat berguna untuk generasi muda di provinsi Aceh. 

2. Darul Hasanah Syekh Abdurrauf

Pondok Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf beridri sejak tahun 1972. Perlu anda ketahui bahwa Pondok Pesantren Darul Hasanah Syekh Abdurrauf lokasinya berada di Jalan Kilangan Singkil. Selain itu ponpes ini juga memiliki ciri khas tersendiri yaitu pengajian kitab kuning (salafiah).

Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terpadu selama 6 tahun yaitu kurikulum salafiyyah dan kurikulum dari Kemenag. 

3. Babussalam

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Babussalam. Tahun berdirinya ponpes yang satu ini yaitu sekitar tahun 1989. Selain itu untuk alamat Pondok Pesantren Babussalam sendiri yaitu berada di Jalan. Singkil Subulussalam, Kecamatan Simpang Kanan Kab. Aceh Singkil.

4. Darul Mahabbah

Pondok Pesantren Darul Mahabbah merupakan ponpes di Kabupaten Aceh Singkil yang didirkan pada tahun 2000an, tepatnya tahun 2008. Pondok Pesantren ini lokasinya berada di Jalan Alternatif Singkil - Rimo.

5. Safinatussalamah 

Daftar nama Pondok Pesantren berikutnya yang ada di Kabupaten Aceh Singkil yaitu Pondok Pesantren Safinatussalamah. Alamat ponpes ini berada di Jalan Iskandar Muda.

6. Al - Hafidz Rizqullah 

Alamat dari Pondok Pesantren Al - Hafidz Rizqullah yaitu berada di Danau Bungara.

7. Al-Muhtadin

Pondok Pesantren Al-Muhtadin ini alamatnya berada di daerah Siompin.

8. Tahfidzul Qur'an Asy-Syifa

Selanjutnya ialah Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Asy-Syifa. Pesantren ini letaknya ada di Jalan Rimo - Kota Baharu Km. 7.

9. Darul Hikmah Al-Hidayo

Pondok Pesantren Darul Hikmah Al-Hidayo termasuk ponpes yang masih baru yaitu didirikan sekitar 3 tahun lalu pada tahun 2017. Pondok Pesantren Darul Hikmah Al - Hidayo ini alamatnya berada di Singkil-Subulussalam.

10. Al-Anshar

Terakhir ialah Pondok Pesantren Al-Anshar. Pesantren ini alamat lengkapnya berada di Jalan. Sibolga - Rimo.

Itulah tadi tulisan yang bisa kami uraikan tentang adanya informasi daftar nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Singkil yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel