10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Timur Yang Terkenal

 

Berbicara mengenai pondok pesantren, pada dasarnya di Indonesia sendiri ada banyak pondok pesantren yang sudah berdiri. Pondok pesantren tersebut menyebar diseluruh pelosok provinsi di Sumatra dan salah satunya yaitu Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Timur. Kabupaten Aceh Timur merupakan daerah yang dikenal memiliki sistem keagamaan yang baik. 

Beberapa aturan-aturan mengenai akhlak dan moral yang baik juga telah diterapkan di provinsi Aceh. Sehingga tidak heran apabila Aceh memiliki pondok pesantren yang sangat baik dalam memberikan pendidikan agama bagi para santri maupun santriwati. 

Pesantren di Aceh Timur

Kabupaten Aceh Timur merupakan daerah yang letaknya ada dibagian timur Aceh dengan sebutan daerah yang kaya akan minyak. Selain itu pada kabupaten Aceh Timur ini juga dikenal sebagai wilayah atau markas gerakan aceh merdeka.

Kabupaten Aceh Timur memiliki luas wilayah sebesar 6.040,60 Km² dengan 24 kecamatan, 54 mukim, 513 desa, 1 kelurahan dan 1.596 dusun. Beberapa pondok pesantren di Aceh Tenggara ini tersebar dalam beberapa kecamatan tersebut seperti di  Kecamatan Darul Aman, Kecamatan Simpang Ulim, Kecamatan Julok, Kecamatan Nurussalam, Kecamatan Idi Rayeuk, Kecamatan Peureulak, Kecamatan Rantau Selamat, Kecamatan Birem Bayeun, Kecamatan Serba Jadi dan lain – lain. 

Daftar Pesantren di Kabupaten Aceh Timur

Pesantren di Aceh Timur dibedakan menjadi beberapa yayasan dengan kualitas dan keunggulannya masing-masing. Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pesantren di kabupaten Aceh Timur;

1. Nurussa'adah

Pertama yaitu ada Pondok Pesantren Nurussa'adah. Pesantren ini berada di Medan Banda Aceh.

2. Fathurrahman

Fathurrahman merupakan pondok pesantren di Aceh Tenggara yang lebih tepatnya beralamat di Buket Bata.

3. Yayasan Dayah Darul Istiqamah

Pondok Pesantren Yayasan Dayah Darul Istiqamah merupakan sala satu ponpes di Aceh Tenggara yang letaknya ada di Jln. Pendidikan Dusun Ulee Blang-Desa Meunasah Teungoh. Pesantren ini memiliki keunggulan agama mengenai tauhid atau aqidah.

Sedangkan jumlah ustadz atau pengajarnya yaitu sekitar 13 orang. Dalam peesantren yayasan dayah darul istiqamah ini pendidikan yang diselenggarakan yaitu kitab kuning dan satuan pendidikan pada umumnya. 

4. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda letaknya ada di Desa Meunasah Leubok. 

5. Darussa`adah

Pondok Pesantren Darussa`adah adalah pondok pesantren yang alamatnya ada di Desa Blang Pauh Sa.

6. Nurul `Ulum

Pondok Pesantren Nurul `Ulum, lokasinya berada di Jln. Medan - Banda Aceh Km.394. Pondok pesantren ini didirikan pada tahun 1988 atasa dasar inisiatif para tokoh masyarakat.

Pesantren memiliki nama nurul ulum dengan tujuan agar pondok pesantren terdapat cahaya ilmu dan dapat memancarkan cahaya ilmu pengetahuan tersebut kepada seluruh santrinya termasuk pada masyarakat di kabupaten Aceh Timur. 

7. Bustanul Huda Al-Kamali

Berikutnya yaitu pondok pesantren Bustanul Huda Al-Kamali yang beralamat di Desa Uteun Dama Dusun Sejahtra.

8. Nurul Khalifah

Pondok Pesantren Nurul Khalifah, alamatnya ada di Dusun Ii Lama. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 146 oang dengan ustadz sejumlah 8 orang. 

9. Yayasan Pesantren Nurul Yaqin 

Pondok Pesantren Yayasan Pesantren Nurul Yaqin lokasinya berada di Buket Peulawi. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 129 orang yang mana sebanyak 115 santri merupakan masyarakat asli Aceh sedangkan 14 orang diluar dari kabupaten Aceh Tenggara. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar yaitu sebanyak 11 orang. 

10. Bayanuddin 

Treakhir, ponpes yang ada di kabupaten Aceh Tenggara ialah Pondok Pesantren Bayanuddin. Pesantren ini berada di Desa Matang Kumbang. Jumlah santri yang ada di pesantren bayanuddin yaitu 108 santri. Sedangkan ustadz yang mengajar didalam pesantren ada sekitar 11 orang.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan daftar nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Timur.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Timur Yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel