Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pondok Pesantren di Kabupaten Bangka yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bangka

Ibu kota kabupaten Bangka yaitu berada di kecamatan Sungailiat. Kabupaten Bangka terdiri dari 8 kecamatan seperti kecamatan Mendo Barat, kecamatan Merawang, kecamatan Puding Besar, kecamatan Sungailiat, kecamatan Pemali, dan lain-lain. 

Penduduk di kabupaten Bangka ini mayoritas memeluk agama islam dengan presentase angka 85,92%. Sehingga tidak heran apabila daerah ini mempunyai beberapa pondok pesantren yang digunakan sebagai tempat belajar para santri agar memiliki bekal hidup agama untuk kehidupan didunia maupun di akhirat. 

Pesantren di Kabupaten Bangka

Pondok pesantren di kabupaten Bangka jumlahnya ada sekitar 12 pesantren. Sedangkan untuk jumlah santrinya secara keseluruhan yaitu mencapai 3.544 santri yang terdiri dari 3.184 santri berasal dari dalam daerah dan sebanyak 360 santri berassal dari luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bangka

Berikut dibawah ini beberapa contoh daftar nama pondok pesantren di kabupaten Bangka adalah : 

1. Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul Ulum didirikan sejak tahun 1995 dan dipimpin oleh KH. Muhsin Alwi. Alamat pondok pesantren Miftahul Ulum yaitu berada di Dusun Tiang Pulut.

2. Ilzamun Maju Bahrin

Pondok Pesantren Ilzamun Maju Bahrin didirikan pada tahun 2002 dan dipimpin oleh KH. Ilyasak. Selain itu untuk lokasinya sendiri, pesantren ini beralamat di Jalan taman hutan raya depati bahrin.

3. Plus Bahrul Ulum 

Pondok Pesantren Plus Bahrul Ulum beralamat di Jl. Matras Lama Kelurahan Sinar Jaya Sungailiat Bangka Belitung. Pesantren ini sudah berdiri sejak 19 tahun yang lalu atau tepatnya ditahun 2002. 

4. At Toybah 

Pondok Pesantren At Toybah beralamat di Desa Balun Ijuk. Pesantren ini didirikan sejak tahun 2014 dan dipimpin oleh seorang tokoh yang bernama Ibrohim. 

5. Sabilul Muhtadin Jada 

Pondok Pesantren Sabilul Muhtadin Jada berdiri pada tahun 1989. Sedangkan alamat dari pesantren Sabilul Muhtadin Jada yaitu berada di Desa Jada Bahrin. 

6. Nurul Ihsan

Pondok Pesantren Nurul Ihsan beralamat di Jl. PPNI Desa Batu Rusa Kec. Merawang. Selain diajarakan tentang nilai-nilai agama islam, di pesantren Nurul Ihsan para santri juga dilatih untuk mengembangkan skill lain yang dalam dirinya melalui kegiatan esktrakurikuler.

Beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain yaitu karate, basket, futsal, grup belajar, dan lainnya. 

7. Nurul Muhibbin

Pondok Pesantren Nurul Muhibbin berdiri sejak tahun 1999 dan dipimpin oleh KH. Zanawi. Sedangkan alamat pondok pesantren Nurul Muhibbin yaitu berada di Kemuja.

8. Darunnnajah

Pondok Pesantren Darunnnajah didirikan sejak tahun 2004 atau sekitar 17 tahun yang lalu dengan pimpinannya yang bernama Ibnu Mahlub. Pondok pesantren Darunnajah alamatnya berada di Paya Benus.

9. Riyadhul Jannah

Pondok Pesantren Riyadhul Jannah didirikan sejak tahun 2006 dan dipimpin oleh M. Yazanuddin. Alamat ponpes ini yaitu berada di Jl. Raya Kayu Besi.

10. Daarul Abror

Pondok Pesantren Daarul Abror berdiri sejak tahun 2004 dan dipimpin oleh H. Sofyan Abu Yamin. Lokasi pondok pesantren Daarul Abror yaitu brada di Desa Kace.

Nah, demikinalah saja daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Bangka. Semoga saja memberikan wawasan pada pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Bangka yang Bagus"