Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Bima Yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bima

Kabupaten Bima adalah kabupaten yang beribukota di Woha dan merupakan salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten ini memiliki makanan khas yang unik yaitu beruapa sambah khas kabupaten Bima seperti sambal colek asam, sambal kuah asam, sambal saus asam, dan lain-lain.

Selain itu, kabupaten Bima juga memiliki beberapa kuliner khas daerah antara lain seperti tota fo’o, bingka dolu, uta sepi tumis dan sebagainya.  

Pesantren di Kabupaten Bima

Pondok pesantren di kabupaten Bima jumlahnya ada sekitar 41 pesantren. Berdasarkan banyaknya jumlah pesantren tersebut, maka santri yang ada dikabupaten Bima secara keseluruhan mencapai ribuan orang yaitu berjumlah 8.573 santri yang berasal dari dalam daerah maupun luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Bima

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Bima antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Al Aqso

Pondok Pesantren Al Aqso beralamat di Jalan Lintas Pandai-Risa. Jumlah santri yang terdapat di ponpes Al Aqso yaitu ada sekitar 47 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

2. Fastabiqul Khairat

Pondok Pesantren fastabiqul khairat beralamat di wadu wani. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Fastabiqul Khairat yaitu ada sekitar 58 orang dengan adanya 6 tenaga pendidik.

3. Darul Ma`arif

Pondok Pesantren Darul Ma`arif beralamat di Jln. Lintas Sambori. Sedangkan jumlah santri yang belajar di ponpes Darul Ma’arif yaitu berjumlah 247 orang dengan 16 guru yang mengajar. 

4. Al-Falah Nipa

Pondok Pesantren Al-Falah Nipa beralamat di Desa Nipa. Pesantren ini diketahui telah memiliki santri sebanyak 542 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya yaitu ada 27 orang. 

5. Darussakinah 

Pondok Pesantren Darussakinah berdiri pada tahun 1984 dan beralamat di Jalan Lapangan Putih Desa Sangia. Pesantren ini memiliki visi mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki iman dan ilmu berkualitas unggul dan berbudi luhur.

Sedagkan misi yang dilakukan ialah menerapkan kurikulum terpadu yang seimbang antara agama dan pengetahuan umum sekaligus membentuk kepribadian santri agar memiliki akhlak yang karimah. Jumlah santri di ponpes ini yaitu sekitar 391 orang dengan 21 ustadz yang mengajar. 

6. Al Muslimin

Pondok Pesantren Al Muslimin beralamat di Jln. Kancoa Rida. Sedangkan jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes ini jumlahnya ada 537 orang dengan 25 tenaga pendidik yang ada di sana. 

7. Al Furqan 

Pondok Pesantren Al Furqan beralamat di Jalan Kalate Rt 005 Rw 002. Santri yang ada di pesantren ini jumlahnya mencapai 103 orang dengan 8 ustadz yang membimbing. 

8. Al Fatahu 

Pondok Pesantren Al Fatahu beralamat di Jl. Tg Agussalim Mt No.25. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes Al Fatahu yaitu 368 santri dengan 21 orang guru yang mengajar di sana. 

9. Uswatun Hasanah

Pondok Pesantren Uswatun Hasanah beralamat di Kompleks Pasar Lama Dusun Suka Maju Rt.006 Rw.003 Tente Woha-Bima-Nusa Tenggara Barat 84171. Santri di ponpes Uswatun Hasanah jumlahnya yaitu ada sekitar 44 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 6 orang. 

10. Al-Qadar 

Pondok Pesantren Al-Qadar beralamat di Rt 13 Rw 05 Desa Dena. Pesantren ini diketahui sudah memiliki santri sebanyak 169 orang dengan 12 ustadz pembimbing.

Itulah saja daftar informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama podnok pesantren yang ada di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Semoga saja bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Bima Yang Bagus"