Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Lampung Selatan

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan terletak di Ibu Kota Kalianda. Salah satu kabupaten di provinsi Lampung ini mempunyai luas wilayah 2.007,01 km². sedangkan penduduknya sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu penduduk asli dan penduduk pendatang. 

Umumnya yang disebut sebagai penduduk asli adala sub suku Lampung Peminggir. Sedangkan penduduk pendatang yaitu seperti suku Jawa, suku Sunda, Bali, Sumatera dan lain sebagainya yang tinggal di wilayah Lampung. 

Pesantren di Kabupaten Lampung Selatan

Kabupaten Lampung Selatan ini pada dasarnya memiliki 17 kecamatan seperti kecamatan Sidomulyo, kecamatan Natar, Kecamatan Palas, kKcamatan Merbau Mataran, dan lain-lain. Banyaknya kecamatan tersebut, ternyata beberapa diantaranya terdapat bangunan pondok pesantren yang digunakan sebagai sarana belajar untuk menimba ilmu agama islam oleh santri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Selatan

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Lampung Selatan adalah;

1. Pps Al-Ghozali

Daftar nama pondok pesantren pertama di kabupaten Lampung Selatan yaitu Pondok Pesantren Pps Al-Ghozali. Ponpes ini beralamat di Jalan Masjid Al Hikmah Desa Rejomulyo. Jumlah santri di ponpes Pps Al-Ghozali yaitu ada 57 orang dengan 6 orang tenaga pendidik. 

2. Pps Faqirurrohmah

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Pps Faqirurrohmah yang beralamat di Jalan Veteran Atas Kp. Sawah. Selain itu santri yang belajar di pesantren ini jumlahnya yaitu ada sekitar 27 orang, sedangkan pengajarnya ada 6 orang. 

3. Pps Mathla'ul Anwar Cintamulya

Pondok Pesantren Pps Mathla'ul Anwar Cintamulya beralamat di Cintamulya. Jumlah santri yang ada di pesantren Pps Mathla’ul Anwar Cintamulya yaitu ada 159 orang dengan 12 ustadz pembimbing. Beberapa contoh sarana prasarana yang ada di pesantren ini yaitu seperti asrama, mushola, kantin, lapangan, kantor, posko kesehatan, dan lain-lain. 

4. El-Ma'somem 

Pondok Pesantren El-Ma'soem berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren El-Ma'soem beralamat di P. Dipenogoro No. 45 Dusun Bandung Jaya. Pesantren ini memiliki 54 santri dan 6 tenaga pendidik. 

5. Bahrul Ulum

Pondok Pesantren Bahrul Ulum beralamat di Dusun Ii Desa Marga Kaya Kec. Jati Agung. Jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu ada sekitar 96 santri dengan 8 guru yang mengajar. tujuan didirikannya pesantren ini yaitu untuk mewujudkan para santri agar bertaqwa, bertalenta, cerdas, inovatif, selamat dunia dan akhirat. Beberapa jenis kegiatan ekstrakurikuler dari pesantren ini yaitu seperti kaligrafi, menjahit, basket, pramuka, pidato 3 bahasa, dan sebagainya. 

6. Raudhatul Aulia

Pondok Pesantren Raudhatul Aulia didirikan pada tahun 2014 dan beralamat di Jl Pabuaran Desa Sukabanjar Kec. Sidomulyo. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sebanyak 76 santri dengan 7 guru yang mengajar.

Program unggulan yang paling ditawarkan dari pesantren Raudhatul Aulia adalah perkembangan akhlak mulia santri dengan berbagai bimbingan dan metode pembelajaran yang berkualitas. Selain itu untuk kurikulumnya sendiri, pesantren ini memadukan antara kurikulum kementerian pendidikan dan kebudayaan, kementerian Agama dan kurikulum pesantren. 

7. Ushuluddin Terpadu

Pondok Pesantren Ushuluddin Terpadu berdiri pada tahun 2001. Pondok Pesantren Ushuluddin Terpadu beralamat di Jl Trans Sumatera Desa Belambangan Kec. Penengahan. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 68 santri. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 7 orang. 

8. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda beralamat di Jl Lebung Buluh Desa Merak Belantung Kec. Kalianda. Pesantren ini mempunyai santri sebanyak 67 orang dan 7 ustadz pembimbing. 

9. Pps Miftahul Huda

Pondok Pesantren Pps Miftahul Huda beralamat di Jl. Trans Sumatra Desa Hatta. Diketahui bahwa pesantren Pps Miftahul Huda memiliki jumlah santri sebanyak 110 orang dengan 8 ustadz yang membimbing. 

10. Pps Assamawi

Daftar nama pondok pesantren terakhir di kabupaten Lampung Selatan yaitu ada Pondok Pesantren Pps Assamawi. Alamat ponpes Pps Assamawi yaitu berada di Jalan Raya Palas. Kemudian untuk jumlah santrinya sendiri, pesantren ini memiliki santri sebanyak 26 orang dan untuk tenaga pendidiknya ada 6 orang. 

Itulah tadi infomasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Semoga memberikan penjelasan yang memahamkan. 

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Lampung Selatan"