Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Lampung Utara

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Utara

Provinsi Lampung merupakan provinsi yang memiliki beberapa kabupaten dan salah satunya yaitu kabupaten Lampung Utara. Diketahui bahwa kabupaten Lampung Utara beribu kota di Kotabumi. 

Daerah di kabupaten Lampung Utara dikenal sebagai salah satu wilayah di provinsi Lampung yang memiliki beberapa objek wisata dengan keindahannya masing-masing. Objek wisata di kabupaten Lampung Utara tersebut antara lain seperti wisata green bamboo, wisata budaya, air terun curup paten, bendungan tirta sintha, dan lain-lain.

Pondok Pesantren di Lampung Utara

Selain memiliki sejumlah objek wisata yang sering dikunungi para wisatawan. Ternyata kabupaten Lampung Utara juga memiliki bangunan pendidikan agama islam yang dapat menampung para santri untuk belajar agama islam secara lebih mendalam yaitu pondok pesantren.

Ponpes di Lampung, terkhusus abupaten Lampung Utara sudah semakin berkembang dengan baik dan memiliki keunggulan yang jauh lebih berkualitas. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Lampung Utara

Beberapa daftar nama pondok pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Lampung Utara adalah sebagai berikut ini; 

1. Riyadul Ulum

Pesantren pertama di kabupaten Lampung Utara adalah Pondok Pesantren Riyadul Ulum yang beralamat di Jl. Majapahit No. 01 Rt. 02 Rw. 02 Sukoharjo. Jumlah santri di ponpes Riyadul Ulum yaitu ada sekitar 71 orang dengan 9 pengajar yang ada di sana. 

2. Mardhotillah

Pondok Pesantren Mardhotillah beralamat di Jl. Kampung Komering Rt/Rw 003/003 N0. 003 Des. Gedung Raja. Pesantren ini diketahui mempunyai jumlah santri sebanyak 88 orang. Sedangkan guru yang mengajar ada 5 orang. 

3. Al Maarif

Pondok Pesantren Al Maarif beralamat di Jalan Manunggal No. 09 Sumber Rejo 34555. Santri yang belajar di pesantren Al Maarif jumlahnya ada 107 santri dengan 5 ustadz yang membimbing. 

4. Nurul Hikmah 

Pondok Pesantren Nurul Hikmah beralamat di Sidorahayu Rt. 02 Lk. 03. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu mencapai 112 santri dengan 8 ustadz pembimbing. 

5. Madrasatul Qur'an

Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an beralamat di Jl. Way Abung III Kalicinta Kotabumi Utara. Pesantren Madrasatul Qur’an diketahui mempunyai jumlah santri sebanyak 186 santri. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya yaitu ada 12 orang. 

6. Miftahul Hidayah Al Amin

Pondok Pesantren Miftahul Hidayah Al Amin beralamat di Jalan Pesantren Tanjung Rejo 34555. Santri yang ada di pesantren Miftahul Hidayah Al Amin yaitu berjumlah 197 orang dengan 14 ustadz yang mengajar. 

7. Al-Hidayah

Pondok Pesantren Al-Hidayah beralamat di Negeri Campang Jaya. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 87 santri dengan 4 tenaga pendidik. 

8. Al-Falah Minhajul Karomah

Pondok Pesantren Al - Falah Minhajul Karomah beralamat di Jl. Raya Prokimal Sawojajar, Desa Sawojajar, Kec.Kotabumi Utara. Jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada 67 orang dengan 7 ustadz pembimbing. 

9. Manba'ul Huda

Pondok Pesantren Manba'ul Huda beralamat di Jl. Pesantren No.01 Rt 02/Rw 02 Comok Sinar Jaya 34558. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Manba’ul Huda jumlahnya yaitu ada sekitar 120 santri. Sedangkan jumla tenaga pengajarnya ada 5 orang. 

10. Hidayatul Qur`An 

Terakhir adalah Pondok Pesantren Hidayatul Qur`An beralamat di Jl. Sumber Jaya Marga Rahayu Tanjung Baru Bukit Kemuning. Pesantren ini diketahui mempunyai jumlah santri sebanyak 82 santri dengan 5 ustadz yang membimbing. 

Nah, demikianlah saja informasi yang bisa dibaginakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Semoga memberikan wawasan bagi kalian.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Lampung Utara"