10 Pondok Pesantren di Kabupaten Musi Rawas yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Musi Rawas

Zaman modern seperti sekarang ini ternyata membawa pengaruh baik dalam bidang pendidikan. Salah satu pengaruh tersebut ialah bentuk perkembangan pondok pesantren yang semakin modern dengan berbagai program unggulan dan berbagai fasilitas yang lebih lengkap. 

Salah satu ponpes yang selalu mengalami perkembangan dengan baik ialah pesantren di kabupaten Musi Rawas. Kabupaten ini termasuk daerah yang cocok untuk perkebunan, karena memiliki keadaan tanah yang baik. 

Pesantren di Musi Rawas

Pondok pesantren di kabupaten Musi Rawas jumlahnya ada sekitar 16 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya yaitu mencapai 2.078 santri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Musi Rawas

Daftar pondok pesantren di Sumatra, khususnya Kabupaten Musi Rawas diuraikan sebagai berikut ini :

1. Rahmatullah 

Daftar pondok pesantren pertama yang ada dikabupaten Musi Rawas yaitu Pondok Pesantren Rahmatullah. Ponpes ini beralamat di Desa Jajaran Baru Ii. Selain itu pondok pesnatren Rahmatullah juga sudah memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 103 santri dengan 8 ustadz pengajar. 

2. Modern Babussalam

Ponpes yang kedua yaitu Pondok Pesantren Modern Babussalam. Pesantren yang satu ini lokasinya berada di Kantor Pos Air Beliti. Sedangkan jumlah santri yang belajar di pesantren ada sebanyak 191 orang dengan 5 ustadz pembimbing. 

3. Mutiara Al Qur`An Selangit 

Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Mutiara Al Qur`An Selangit yang alamatnya berada di Jalan Raya Lama No. 244 Lingkungan Ii. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 202 orang dengan 8 guru yang mengajar. 

4. Al-Azhaar Ii

Pondok Pesantren Al-Azhaar Ii berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Al-Azhaar Ii beralamat di Jl.Pendidikan Desa T1.Bangunsari Kecamatan Purwodadi 31667.

Selain itu ponpes Al-Azhaar Ii ini juga sudah memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 281 orang dengan 11 pengajar atau ustadz. Kelebihan yang dimiliki pesantren Al-Azhaar Ii ini salah satunya yaitu sudah berbasis ICT atau Information and Communication Technology. 

5. At Tabatul Al Amin

Pondok Pesantren At Tabatul Al Amin beralamat di Desa Bumi Makmur. Pesantren diketahui memiliki santri yang berjumlah 172 orang, sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 6 orang. 

6. Darun Najah 

Pondok Pesantren Darun Najah berdiri pada 2 Oktober 2006. Pondok Pesantren Darun Najah beralamat di Jl Sd N 1 Banpres Kec Tuah Negeri Kab.Musi Rawas. Sedangkan jumlah santri ponpes Darun Najah yaitu berjumlah 202 orang dengan 8 guru yang mengajar.

Selain itu pembangunan pesantren ini juga memerlukan dukungan dari berbagai pihak mulai dari tokoh masyarakat, ulama dan lain sebagainya. beberapa nama tokoh yang membantu pendirian pesantren Darun Najah yaitu seperti ky ponidi, ky wardi yono, H.wasis M, dan H.surahman.

Tingkat pendidikan yang di kembangkan dalam pesantren ini antara lain adalah salafiyah Ula setingkat SD, salafiyah Wustho setingkat SMP, Ulya setingkat SMA. Bahkan pesantren Darun Najah juga diketahui mempunyai program ungulan seperti pengajian dan pengembangan kitab kuning/kitab klasik, al quran maupun bahasa arab dan tahasus/interaktif.

7. Syifaul Janam

Pondok Pesantren Syifaul Huda beralamat di Jl. Syueb Tamat Desa Air Satan Kec. Muara Beliti Kab. Musi Rawas Air Satan Muara Beliti. Pesantren ini diketahui mempunyai santri yang berjumlah 153 orang dan 12 ustadz yang mengajar. 

8. Walisongo

Pondok Pesantren Walisongo beralamat di F. Trikoyo dan memiliki santri sebanyak 202 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada sekitar 8 orang. 

9. Riyadhus Sholihin

Pondok Pesantren Riyadhus Sholihin beralamat di Jalan Samin No 25 Megang Sakti V. Pesantren Riyadhus Sholihin diketahui mempunyai santri yang belajar di pondok dengan jumlah sekitar 266 orang dan 7 ustadz pembimbing. 

10. Miftahul Huda 

Daftar ponpes terakhir yang ada di kabupaten Musi Rawas ialah Pondok Pesantren Miftahul Huda. Pesantren ini berdiri pada tahun 2002.

Sedangkan alamat Pondok Pesantren Miftahul Huda yaitu berada di Lintas Sumatera Km. 37 Desa Kosgoro. Selain itu pesantren Miftahul Huda juga telah memiliki santri sebanyak 564 santri dengan 17 ustadz pengajar.

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Sumatra Selatan, khususnya Kabupaten Musi Rawas. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Musi Rawas yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel