7 Pondok Pesantren di Kota Payakumbuh yang Bagus

 

Pesantren di Kota Payakumbuh

Pondok pesantren pernah menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang, karena dianggap memiliki peraturan yang terlalu ketat. Padahal kenyataannya pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang mampu memberikan bekal pendidikan bagi generasi muda. 

Agar dapat menentukan pilihan-pilihan yang baik dan buruk. Sekaligus mempunyai bekal untuk kehidupan di dunia maupun diakhirat kelak. Salah satu pondok pesantren yang memiliki kualitas unggul ialah beberapa ponpes di daerah Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat. 

Pesantren di Kota Payakumbuh

Pesantren di Kota Payakumbuh ini tersebar ke beberapa daerah maupun kecamatan. Sedangkan jumlah kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh itu sendiri ada sekitar 5 kecamatan dan 47 kelurahan. Selain itu pesantren yang ada di kota ini juga selalu meningkatkan kualitasnya masing-masing, agar setiap santri dapat dibimbing dan diberi pendidikan dengan lebih baik lagi. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Payakumbuh

Berikut dibawah ini beberapa contoh daftar pesantren sumatra, khususnya di Kota Payakumbuh yaitu sebagai berikut;

1. Ibnul Qoyyim

Daftar pesantren yang pertama di Kota Payakumbuh adalah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim beralamat di Jln. Tan Malaka No. 5. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 317 orang dengan 13 ustadz yang mengajar.

Asrama yang ada di pesantren Ibunul Qoyyim ini diketahui terdiri dari 3 lantai dengan ditambah pula kelengkapan fasilitas atau sarana prasarana yang lebih memadai. Selain itu beberapa prestasi juga telah didapatkan para santri di ponpes ini yaitu dalam kejuaraan tahfidz quran di tingkat provinsi.

Visi dari pondok pesantren Ibnul Qoyyim adalah untuk membentuk sarana pendidikan yang mendidik generasi islam agar memiliki aqisah yang lurus, beribadah dengan benar, berakhlak mulian, cerdas, kreatif, dan memiliki sikap mandiri.  

2. Madrasah Tarbiyah Islamiyah

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah. Ponpes ini berdiri pada tahun 1928. Selain itu Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah alamatnya yaitu berada di Jalan Soekarno Hatta No. 271 Pakan Sinayan.

Jumlah santri yang ada di Madrasah Tarbiyah Islamiyah ada sebanyak 137 orang. Sedangkan ustadz atau pengajarnya ada 8 orang. 

3. Ma`had Islamy 

Pondok Pesantren Ma`had Islamy beralamat di Jl.Surabaya No.3 Payakumbuh 26224. Pesantren Ma’had Islamy ini mempunyai santri sekitar 107 orang dengan 7 orang ustadz yang membimbing. Beberapa sarana prasarana yang ada di ponpes ini meliputi runag kelas belajar, wc, masjid dan lain sebagainya.

Selain itu pesantren Ma’had Islamy ini juga dikenal sebagai pesantren yang memiliki santri dari berbagai daerah di nusantara. Kemudian tokoh pendiri pesantren ini yaitu bernama Buya Zainuddin Hamidy. 

4. Tarbiyah Islamiyah

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah beralamat di Jln. Siti Manggopoh Koto Panjang Lamposi. Santri di ponpes Tarbiyah Islamiyah jumlahnya yaitu ada 172 santri. Sedangkan ustadz yang mengajar ada sebanyak 11 orang. 

5. Syekh Ibrahim Harun

Pondok Pesantren Syekh Ibrahim Harun beralamat di Jln. Rangkayo Rasuna Said Balai Batimah. Jumlah santri di ponpes ini ada sekitar 144 orang, sedangkan jumlah pengajarnya ada 8 ustadz. 

6. Darul Irsyad

Pondok Pesantren Darul Irsyad beralamat di Kel. Tanjung Gadang Koto Nan Empat. Pesantren Darul Irsyad ini mempunyai santri yang jumlahnya ada 261 orang. Sedangkan untuk pengajarnya atau ustadznya sendiri ada 14 orang. 

7. Pondok Pesantren Terpadu Insan Cendekia

Terakhir yaitu ada Pondok Pesantren Terpadu Insan Cendekia. Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Terpadu Insan Cendekia beralamat di daerah Jalan Ra Kartini, Padang Kaduduk, Kelurahan Tigo Koto Diate.

Santri yang ada di ponpes ini berjumlah ribuan yaitu sekitar 1.116 orang dengan 49 pengajar atau ustadz. Visi pondok pesantren Terpadu Insan Cendekia ialah untuk mencetak generasi islam yang cerdas, berakhlak mulia, berprestasi, dan mandiri.

Selain itu pesantren ini juga telah menerapakan sistem pembelajaran yang sudah modern yaitu tidak hanya mengajarkan pendidikan agama islam saja, melainkan juga pengetahuan umum yang lainnya.

Itulah tadi informasi yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Payakumbuh.

Belum ada Komentar untuk "7 Pondok Pesantren di Kota Payakumbuh yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel