Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Pesantren Terbaik di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Pondok Pesantren di Penukal Abab Lematang Ilir

Karaktek baik seorang anak bisa didik sedari mereka masih kecil. Oleh karena itu pendidikan yang berkualitas perlu diberikan pada setiap anak, agar mereka mengetahui perbuatan-perbuatan yang benar dan salah. 

Pendidikan tersebut bukan hanya pendidikan akan pengetahuan sains, bahasa inggris, matematika dan lain sebagainya. karena pendidikan seperti hal tersebut hanya berguna untuk pengetahuan umum. Sedangkan pendidikan karakter dapat dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan baik yang dilakukan serta pembelajaran agama yang ditanamkan ke anak sejak masih kecil. Salah satu pendidikan agama di zaman sekarang ini yang orangtua pilihkan untuk anak ialah pondok pesantren, karena dapat mengantarkan anak memiliki akhlak baik dan berwawasan luas. 

Pesantren di Penukal Abab Lematang Ilir

Jumlah pondok pesantren di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yaitu ada 9 pesantren. Jumlah keseluruhan santri yaitu 628 santri berasal dari pemukim asli, sedangkan sebanyak 587 berasal dari luar pemukim atau luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Berikut ini daftar pondok pesantren di kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir adalah : 

1. Al-Rozi

Pondok Pesantren AL-Rozi berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren AL-Rozi beralamat di Jln. Lintas. Modong - Tanah Abang Desa Sedupi. Kemudian untuk jumlah santrinya sendiri, ponpes Al- Rozi ini memiliki santri sekitar 110 orang dengan 7 ustadz yang membimbing.

Tujuan didirikannya pesantren Al-Rozi ialah untuk melakukan pembangunan terutama pembangunan manusia yang berjiwa sosial, berilmu, berakhlak, cerdas, disiplin, berwawasan luas, beriman, dan berdikari. Jenis pendidikan formalnya terbagi menjadi dua yaitu madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah. 

2. Mamba`ul Hikam

Pondok Pesantren Mamba`ul Hikam berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Mamba`ul Hikam beralamat di Jln. Raya Prambatan Dsn.III Talang Penantian Ds. Prambatan. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Mamba’ul Hikam yaitu ada 86 santri dengan 6 guru yang mengajar. 

3. Nurul Huda Al-Masykuri

Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Masykuri berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Nurul Huda Al-Masykuri beralamat di Jl. Raya Trans Desa Tanding Marga. Pesantren ini mempunyai jumlah santri kira-kira 291 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 14 orang. 

4. Pondok Pesantren Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jl. Pertamina Dsn. 4 Desa Pengabuan. Pesantren Darussalam diketahui mempunyai santri yang jumlahnya ada 171 santri dengan 12 ustadz pembimbing. 

5. Pondok Pesantren Mamba'ul Hadi 

Pondok Pesantren Mamba'ul Hadi berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Mamba'ul Hadi beralamat di Sungai Baung. Jumlah santri di ponpes Mamba’ul Hadi yaitu ada 116 santri dan 7 ustadz pengajar. 

6. Pondok Pesantren Terpadu La Tansa Mustika 

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Terpadu La Tansa Mustika berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Terpadu La Tansa Mustika beralamat di Jl. Merdeka KM.10. Selain itu santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya yaitu ada sekitar 111 santri dengan 8 guru yang mengajar.

Pesantren yang satu ini memiliki visi dan misi yang sangat jelas dan telah ditetapkan sedari awal pendirian pesantren. Visi tersebut ialah untuk menciptakan generasi qur’ani. Bukan hanya visi dan misi saja, akan tetapi ponpes ini juga memiliki moto yang unik yaitu di paksa, terpaksa, terbiasa, dan luar biasa.

Makna dari moto tersebut ialah berawal dari santri yang masuk pesantren karena dipaksa, dan menjalkan berbagai kegiatan dengan terpaksa lalu menjadi terbiasa dan hasil yang diperoleh justru luar biasa

7. Pondok Pesantren Terpadu Qolbun Salim

Pondok Pesantren Terpadu Qolbun Salim berdiri pada tahun 2018. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Terpadu Qolbun Salim beralamat di Jl. Merdeka Talang Bulang. Santri di ponpes Terpadu Qolbun Salim jumlahnya ada 100 orang dengan 6 ustadz yang mengajar. 

8. Pondok Pesantren Nurul Iman Modong

Pondok Pesantren Nurul Iman Modong berdiri pada tahun 2018. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Nurul Iman Modong beralamat di Jl. Desa Modong. Kemudian untuk jumlah santri yang menuntut ilmu di pesantren ini yaitu berjumlah 70 orang dengan 8 ustadz yang mengajar. 

9. Pondok Pesantren Darussalam TegalRejo Al-Qoma 

Pondok Pesantren Darussalam TegalRejo Al-Qoma berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Darussalam TegalRejo Al-Qoma beralamat di Jl. Baru Desa Pengabuan Timur. Pesantren ini mempunyai santri yang berjumlah 109 santri dengan 7 ustadz pembimbing.

Nah, itulah saja informasi yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir. Semoga memberikan pemahaman.

Posting Komentar untuk "9 Pesantren Terbaik di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir"