Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pesantren di Kabupaten Rejang Lebong yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Rejang Lebong

Kabupaten Rejang Lebong diketahui mempunyai wilayah yang luasnya mencapai 1.515,76 km². Selain itu di kabupaten ini dikenal memiliki dua suku utama asli yaitu suku Lembak dan suku Renjang. 

Secara geografis, kabupaten Rejang Lebong terdiri dari daerah yang berbukit – bukit memiliki dataran tinggi pengunungan maupun bukit barisan. Sedangkan penduduknya, mayoritas beragam islam sebanyak 97% dan yang lainnya beragama katolik, Kristen, khonghucu, budha, dan hindu.  

Pesantren di Kabupaten Rejang Lebong

Pondok Pesantren di Kabupaten Rejang Lebong hanya ada 5 pesantren. Pesantren tersebut yaitu ada ponpes Ar Rahma, ponpes Miftahul Jannah, ponpes Muhammadiyah, ponpes Tahfidz Asy Syafii dan ponpes Hidayatullah.

Masing-masing pondok pesantren tersebut berada di kecamatan maupun desa yang ada di kabupaten Rejang Lebong. Selain itu pesantren di kabupaten ini secara keseluruhan memiliki tujuan umum yang sama yaitu mencetak kader ulama dan pemimpin yang berjiwa sosial, beragama, beriman, dan memiliki wawasan luas dalam berbagai bidang. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Rejang Lebong

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Rejang Lebong ialah sebagai berikut ini;

1. Miftahul Jannah

Pertama yaitu ada Pondok Pesantren Miftahul Jannah. Alamat dari pondok pesantren Miftahul Jannah yaitu berada di Jl. Lingkar Pesantren.

2. Tahfidz Asy Syafii

Kedua yaitu ada pondok pesantren Tahfidz Asy Syafii. Ponpes ini beralamat di Desa Jambu Keling Kecamatan Bermani Ulu Raya. Diketahui bahwa pesantren ini merupakan pondok pesantren penghafal Quran.

3. Muhammadiyah

Daftar nama pondok pesantren ketiga di kabupaten Rejang Lebong adalah Pondok Pesantren Muhammadiyah. Ponpes ini berdiri pada tahun 1988 dan beralamat di Jalan Syahrial.

4. Ulumul Qur An Hidayatullah

Pondok pesantren berikutnya di kabupaten Reang Lebong adalah Pondok Pesantren Ulumul Qur An Hidayatullah. Lokasi dari pondok pesantren ini yaitu berada di Amd Desa Kampung Baru.

5. Ar Rahmah

Terakhir yaitu ada Pondok Pesantren Ar Rahmah. Alamat pondok pesantren Ar Rahmah yaitu berada di Jl.Pramuka Air Meles Atas.

Nah, itulah saja informasi yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "5 Pesantren di Kabupaten Rejang Lebong yang Bagus"