8 Pondok Pesantren di Kabupaten Sijunjung yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Sijunjung

Mengenal kabupaten Sijunjung, awal mulanya nama dari kabupaten ini ialah kabupaten Sawahlunto Sijunjung yang merupakan sebuah Kabupaten di Sumatera Barat. Ibu kota kabupaten Sijunjung bernama Muaro Sijunjung.

Pada saat ini jumlah kecamatan yang ada di daerah ini ada sekitar 8 kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 202.000 Jiwa. Kondisi geografis kabupaten Sinjunjung terdiri dari bukit barisan yang begitu memanjang dari arah barat laut ke tenggara. 

Pesantren di Kabupaten Sijunjung

Kabupaten Sijunjung ini juga dikenal sebagai daerah yang memperhatikan kualitas sumber daya manusianya dengan moral maupun nilai-nilai keagamaan yang perlu diterapkan.

Oleh karena itu di wilayah ini ada sejumlah pondok pesantren yang didirikan untuk mendidik maupun membimbing generasi muda agar menjadi sosok penerus yang beragama, berakhlak, dan berbudi pekerti luhur.

Daftar Pesantren di Kabupaten Sijunjung

Beberapa daftar pesantren yang ada di kabupaten Sijunjung ialah sebagai berikut ini;

1. Modern Tabek Basuang

Pondok Pesantren Modern Tabek Basuang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Muaro Sijunjung. Pesantren Modern Tabek Basuang mempunyai jumlah santri sekitar 126 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sebanyak 8 orang. 

2. Riadhus Sholihin

Pondok Pesantren Riadhus Sholihin beralamat di Jorong Koto Panjang. Psantren ini memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 114 santri. Untuk pengajar atau gurunya sendiri ada sebanyak 7 orang. 

3. Nurul Iman 

Pondok Pesantren Nurul Iman beralamat di Jalan Sikayan No.086 Jorong Ujung Padang Nagari Tanjung. Santri di ponpes Nurul Iman jumlahnya ada 118 santri dengan 8 orang ustadz yang mengajar. 

4. Darul Falah 

Pondok Pesantren Darul Falah berdiri pada tahun 1992. Pondok Pesantren Darul Falah beralamat di Dusun Padang Bariang Jorong Jambu Lipo Kenagarian Lubuk Tarok Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung.

Selain itu pesantren ini juga mempunyai santri yang jumlahnya sudah ratusan yaitu sekitar 213 santri dengan 14 pengajar atau ustadz. Pesantren Darul Falah ini dipimpin oleh Fauzan Azmi. Fasilitas yang ada di ponpes ini juga sudah cukup memadai dan di tahun ini sedang dilakukan renovasi untuk ruang belajar agar jumlahnya jauh lebih banyak dan bisa menampung santri lebih banyak lagi. 

5. Darun Najah

Pondok Pesantren Darun Najah beralamat di Jorong Koto Nagari Guguk 27562. Sedangkan untuk santrinya sendiri ada sekitar 123 santri dengan 8 ustadz yang mengajar. 

6. Dinul Ma`ruf 

Pondok Pesantren Dinul Ma`ruf beralamat di Jorong Koto Baru Nagari Tanjung Bonai Aur. Santri yang ada di pondok pesantren Dinul Ma’ruf ada sebanyak 116 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 8 orang. 

7. Syech Amiluddin

Pondok Pesantren Syech Amiluddin beralamat di Jorong Pudak Nagari Sijunjung. Jumlah santri di pondok pesantren Ayech Amiluddin ada 195 santri dengan 12 ustadz yang mengajar. Pimpinan pondok pesantren ini yaitu bernama H. Syafri Malin Sidi. 

8. Nurul Ilmi

Pondok Pesantren Nurul Ilmi berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Nurul Ilmi beralamat di Jalan Lintas Sumatera dan mempunyai santri sebanyak 91 santri dengan 6 ustadz yang membimbing.

Itulah tadi informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sijunjung.

Belum ada Komentar untuk "8 Pondok Pesantren di Kabupaten Sijunjung yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel