10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Provinsi Jambi merupakan daerah yang memiliki banyak kabupaten salah satunya adalah kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kabupaten ini letaknya berada di pantai timur Pulau Sumatera dan mempunyai 11 kecamatan. 

Kecamatan tersebut antara lain adalah kecamatan sadu, kecamatan nipah panjang, kecamatan muara sabak timur, kecamatan muara sabak barat dan lain-lain. Beberapa dari kecamatan tersebut juga memiliki pondok pesantren yang digunakan sebagai lembaga pendidikan islam dengan tujuan untuk mewujudkan generasi islam yang unggul dalam bidang agama maupun pengetahuan umum lainnya.  

Pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Pesantren di kabupaten Tanjung Jabung Timur ini memiliki kualitas yang selalu ditingkatkan. Hal ini dibuktikan dengan berbagai perkembangan pesantren yang jauh lebih modern akan tetapi tetap memprioritaskan pendidikan akhlak karimah. Selain itu fasilitas maupun program-program unggulan juga semakin lengkap. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Tanjung Jabung Timur ialah :

1. Al-Hidayah

Pondok Pesantren Al-Hidayah beralamat di Jln. Madrasah Bangun Karya. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 269 santri dengan 16 ustadz yang mengajar. 

2. Riyadhussolihin 

Pondok Pesantren Riyadhussolihin beralamat di Sk. 16 Bandar Jaya. Jumlah santri di ponpes Riyadhussolihin ialah 83 santri dengan 7 ustadz yang membimbing. 

3. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda beralamat di Jln. Parit 03 Tanjung Solok. Pesantren Nurul Huda memiliki jumlah santri sekitar 70 orang dan 7 guru yang mengajar. 

4. Wali Pettu

Pondok Pesantren Wali Pettu didirikan pada tahun 1980 dan beralamat di Jln. H. Marzuki Lauk. Santri yang ada di ponpes Wali Pettu yaitu ada sebanyak 94 orang dengan 8 ustadz yang membimbing. Selain itu di ponpes ini para santri diwajibkan untuk berbahasa arab dan bahasa inggris.

Tujuannya yaitu agar santri selain menguasai ilmu agama, juga tetap bisa mengikuti perkembangan zaman dengan kemampuan bahasa yang mereka miliki. 

5. Hidayatul Falah

Pondok Pesantren Hidayatul Falah beralamat di Sk.14 Kelurahan Bandar Jaya. Jumlah santri di ponpes Hidayatul Falah yaitu ada sekitar 23 santri dengan 6 ustadz yang membimbing. 

6. Riyadhul Muttaqin As`adiyah

Pondok Pesantren Riyadhul Muttaqin As`adiyah berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Riyadhul Muttaqin As`adiyah beralamat di Jln. Mustafa Desa Sungai Tawar. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sebanyak 110 santri. Sedangkan jumlah guru yang mengajat yaitu ada 8 orang. 

7. Al-Ishlah

Pondok Pesantren Al-Ishlah beralamat di Jln. Parit 10, Menunggal Makmur. Pesantren Al-Ishlah memiliki santri dengan jumlah 99 santri dan 8 ustadz yang mengajar. 

8. Pm. Darussalam Gontor Kampus 12

Pondok Pesantren Pm. Darussalam Gontor Kampus 12 beralamat di Komplek Gontor 12, Parit Culum 1 Ma Sabak Barat. Santri yang belajar di ponpes Pm, Darussalam Gontor Kampus 12 yaitu ada sebanyak 340 santri dengan 19 ustadz yang mengajar. Pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 12 ini lebih menekankan pada pembentukan pribadi mukmin muslim yang berbadan sehat, berbudi tinggi, berpengetahuan luas dan berpikiran bebas.

Selain itu program pendidikannya terbagi menjadi 3 yaitu intra kurikuler meliputi dirasah islamiyah (islamic studies), dirasah arabiyah (arabic studies), ilmu pasti, ilmu pengetahuan alam, keguruan, bahasa inggris, ilmu pengetahuan sosial, kewarganegaraan (keindonesiaan).

Selanjutnya yaitu program ko kurikuler meliputi Ibadah amaliyah sehari-hari, kajian kitab, pembinaan bahasa asing, pidato/diskusi 3 bahasa, penerbitan, seminar dan sebagainya. Terakhir ialah ekstrakurikuler meliputi kepramukaan, keterampilan, kesenian, kesehatan, kewirausahaan, pidato/ diskusi 3 bahasa, olahraga, koperasi. 

9. Pondok Pesantren Jarinabi

Pondok Pesantren Jarinabi alamatnya berada di Jl. Ra. Kartini, Kel. Rano Kec. Muara Sabak Barat Kab. Tanjung Jabung Timur Rano Muara Sabak Barat. Sedangkan jumlah santri yang ada di ponpes ini yait ada sekitar 215 orang dengan 8 ustadz yang mengajar. 

10. Hidayatul Mubtadie`in

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadie`in beralamat di Jln Delta Parit Bom Nipah Panjang I. Ponpes ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 130 santri. Sedangkan ustadz yang membimbing ada 9 orang.

Itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan terkait dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jawa Timur.

Belum ada Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel