3 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Solok

 

Pondok Pesantren di Kota Solok

Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan islam yang dapat mendidik generasi muda agar memiliki kepribadian baik dan berbekal ilmu agama. Melalui pondok pesantren santri akan memiliki manajemen waktu yang baik, karena kegiatan sehari-harinya dilakukan untuk belajar dan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat.

Selain itu, di masa sekarang ini ponpes sudah ada yang menerapkan sistem pendidikan secara modern. Artinya pondok pesantren sudah menerapkan kurikulum ganda yang menerapkan pembelajaran agama Islam dengan pembelajaran pengetahuan umum seperti di sekolah pada umumnya. Sehingg para santri tidak hanya berbekal ilmu agama islam saja, melainkan juga mendapatkan pembelajaran pengetahuan umum seperti matematika, bahasa inggris, ipa dan lain-lain.  

Pesantren di Kota Solok

Pada dasarnya pesantren di negara Indonesia sendiri sudah meluas ke berbagai daerah salah satunya yaitu di kota Solok. Walaupun jumlah pesantren di kota Solok tidak terlalu banyak yaitu hanya ada sekitar 3 pesantren.

Namun masing-masing dari pesantren tersebut selalu berusaha untuk meningkatkan kualitasnya. Tujuannya agar para santri mendapat pendidikan dengan baik. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Solok

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pesantren di kota Solok adalah :

1. Tahfizh Al Qur`an Al Mumtaz Muhammadiyah

Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur`an Al Mumtaz Muhammadiyah berdiri pada tanggal 10 Januari 2008. Pondok Pesantren Tahfizh Al Qur`an Al Mumtaz Muhammadiyah beralamat di Jl. Sawah Parambah Kelurahan Kampung Jawa.

Pesantren ini memiliki perkembangan yang sangat baik dan hal ini dibuktikan dengan kelengkapan sarana prasarana, penambahan tenaga pendidik disetiap tahunnya dengan kualitas yang baik, dan jumlah santri yang semakin meningkat dari tahun ketahun.

Selain itu pesantren Tahfizh Al Qur`an Al Mumtaz Muhammadiyah juga telah menggunakan kurikulum ganda yaitu kurikulum dari pondok dan kurikulum yang telah ditetapkan oleh departemen pendidikan nasional. 

2. Waratsatul Anbiya`

Pondok Pesantren Waratsatul Anbiya` berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Waratsatul Anbiya` beralamat di Jalan Padang Ribu-Ribu Ampang Kualo. Tipe pondok pesantren Waratsatul Anbiya ini adalah salafiyah dengan pengajaran al quran dan ilmu-ilmu agama islam yang lebih mendalam.

Pemimpin dari ponpes ini bernama Tengku Dalmarison dan dalam pesantren ini juga sudah menampung ratusan santri sekitar 100 santri lebih. Tujuan utama dari ponpes Waratsatul Anbiya ialah untuk mencetak kader ulama yang dapat dijadikan teladan sekaligus panutan untuk umat.

Kurikulum yang digunakan dalam ponpes ini yaitu ada dua macam meliputi kurikulum dari pondok dan kurikulum yang berasal dari departemen pendidikan nasional. 

3. Ponpes Darut Thalib

Pondok Pesantren Darut Thalib berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Ponpes Darut Thalib beralamat di Jalan kapten bahar hamit kecamatan tanjung harapan keluharan laing Kota solok.

Itulah tadi informasi yang bisa kami kemukakan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Solok, Provinsi Sumatra Barat.

Belum ada Komentar untuk "3 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Solok"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel