Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Bantaeng Yang Terkenal

Pesantren di Kabupaten Bantaeng

Kabupaten Bantaeng merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan sumber perekonomiannya yang diperoleh dari bidang pertanian, industri dan pariwisata. Beberapa objek pariwisata yang sering dikunjungi para wisatawan yaitu Pemandian Eremerasa (Ermes), Air Terjun Bissapu, Pantai Seruni dan lain sebagainya. 

Pesantren di Bantaeng

Kabupaten Bantaeng juga memiliki pondok pesantren yang keberadaannya tersebar di beberapa kecamatan. Nama-nama kecamatan tersebut antara lain berada di kecamatan Tompobulu, Eremerasa, Bantaeng, dan lain-lain. 

Daftar Nama Pondok Pesantren Di Kabupaten Bantaeng

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Bantaeng adalah; 

1. Al-Furqan

Pondok Pesantren Al-Furqan berdiri pada 8 Juli 1986. Pondok Pesantren Al-Furqan beralamat di Ereng-Ereng. Visi ponpes ini adalah menjadi lembaga pendidikan dengan berlandas Al-Qur’an dan hadits.

2. Ddi Mattoanging

Pondok Pesantren Ddi Mattoanging berdiri pada 17 Juli 1994. Pondok Pesantren Ddi Mattoanging beralamat di Jalan Pendidikan No. 13 Mattoanging Kel. Lamalaka Bantaeng 92412.

Selain itu, pesantren ini juga telah memiliki beberapa prestasi diantaranya yaitu menjuarai perlombaan MTQ, debat Bahasa Inggris, Pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) hingga pertandingan olahraga seperti sepak takraw.

3. As`adiyah Ereng-Ereng

Pondok Pesantren As`adiyah Ereng-Ereng berdiri pada tahun 1987. Pondok Pesantren As`adiyah Ereng-Ereng beralamat di Jln. H. Muh. Thahir No. 4 Ereng-Ereng. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes As’adiyah Ereng-Ereng yaitu ada sekitar 354 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sebanyak 19 orang.

4. Madrasatul Qur`An Hasyim Asy`Ari

Pondok Pesantren Madrasatul Qur`An Hasyim Asy`Ari berdiri pada tahun 1999. Pondok Pesantren Madrasatul Qur`An Hasyim Asy`Ari beralamat di Jl.Poros Tanetea-Banyorang Rt/Rw 01/01 Desa Nipa-Nipa. Selanjutnya pondok pesantren ini diketahui juga telah memiliki 129 santri dan 9 guru yang mengajar. 

5. Al-Murahmatul Islamy

Pondok Pesantren Al-Murahmatul Islamy beralamat di Jl. Baji Areng No. 26 Banyorang. Pondok pesantren Al-Murahmatul Islamy mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 124 santri dengan 9 ustadz yang membimbing. 

6. Ulul Azmi

Pondok Pesantren Ulul Azmi beralamat di Senea. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Ulul Azmi ada sekitar 78 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengarkan ilmu agama islam maupun pengetahuan umum lainnya ada sebanyak 7 orang. 

7. Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah

Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Kh.Ahmad Dahlan Muhammadiyah beralamat di Jln. Pendidikan Rt 003/02 Kel. Ereng-Ereng. Ponpes yang satu ini juga merupakan salah satu pesantren di kabupaten Bantaeng yang sudah memiliki banyak santri. Santrinya yaitu ada sekitar 201 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

8. As`adiyah Dapoko

Pondok Pesantren As`adiyah Dapoko berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren As`adiyah Dapoko beralamat di Jln. Poros Ermes Dapoko. Santri yang menimba ilmu di pondok pesantren As’adiyah Dapoko jumlahnya ada sekitar 797 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sebanyak 36 orang. 

9. Darul Ilmi Al-Islamy

Pondok Pesantren Darul Ilmi Al-Islamy berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Darul Ilmi Al-Islamy beralamat di Jl.Poros Permandian Ermes. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren Darul Ilmi Al-Islamy yaitu ada sekitar 270 orang. Sedangkan banyaknya guru yang mengajar ada sekitar 16 orang.

10. Syekh Muhammad Ja`far

Pondok Pesantren Syekh Muhammad Ja`far berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Syekh Muhammad Ja`far beralamat di Jl.Pendidikan No.24 Banyorang Utara. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada 176 orang dengan 12 ustadz yang membimbing.

Itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga saja memberikan wawasan untuk kalian yang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Bantaeng Yang Terkenal"