Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Terbaik Kabupaten Berau

 

Pondok Pesantren di Berau

Kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Timur ini memiliki luas daerah sebesar 36.962,37 km². Perlu diketahui bahwa dalam catatan sejarah, kabupaten Berau ini asal mulanya yaitu dari Kesultanan Berau yang berdiri sekitar abad 14.

Selain itu kabupaten Berau juga termasuk daerah yang memiliki potensi pariwisata cukup baik. Hal ini terbukti dari ramainya para wisatawan yang berkunjung pada beberapa tempat wisata di kabupaten Berau seperti Kepulauan Derawan, Danau Ubur-Ubur, Labuan Cermin dan lain sebagainya. 

Pesantren di Berau

Kabupaten Berau selain terkenal dengan tempat wisata yang indah-indah, ternyata juga memiliki beberapa pondok pesantren yang digunakan sebagai tempat belajar para santri dalam memperdalam ilmu agama islam.

Oleh karena itu, pesantren di kabupaten ini selalu dijaga dan terus dikembangkan dengan baik. Tujuannya agar dapat mencerak para santri yang paham tentang ilmu agama islam, mencintai Al-Quran, dan berakhlak mulia.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Berau

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Berau adalah;

1. Nurul Amin

Pondok Pesantren Nurul Amin beralamat di Jl. P.Diponegoro I. Pondok pesantren yang satu ini diketahui sudah memiliki 41 santri dan 6 orang ustadz yang mengajar di pesantren tersebut. 

2. Miftahul Huda 

Pondok Pesantren Miftahul Huda beralamat di Rt.01 Purna Sari Jaya. Selanjutnya ponpes Miftahul Huda juga termasuk salah satu pesantren yang ada di kabupaten Berau dan telah mempunyai 69 santri. Sedangkan jumlah tenaga pendidik yang ada di ponpes ini yaitu sekitar 6 orang. 

3. Al-`Itisham

Pondok Pesantren Al-`Itisham beralamat di Tungkuan Rt. 03 Biatan Ilir. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren Al-‘Itisham yaitu ada sekitar 72 orang dengan 6 orang guru yang mengajarkan tentang agama islam.

4. Al-Kholil

Daftar nama pondok pesantren yang berikutnya di kabupaten Berau yaitu Pondok Pesantren Al-Kholil. Lokasi ponpes Al-Kholil yaitu berada di Jl. Raya Bangun Rt. 01 Kel. Sambaliung. Sedangkan jumlah santrinya ada sekitar 170 orang dengan 11 ustadz yang membimbing. 

5. At-Taqwa

Pondok Pesantren At-Taqwa beralamat di Jl. Abimanyu Rt. 11 Trans Bangun. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren At – Taqwa yaitu ada 89 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

6. Al Ridho & Al Fajar

Pondok Pesantren Al Ridho & Al Fajar beralamat di Jl. Pegat Bukur No. 04 Rt 13 Kelurahan Teluk Bayur. Pesantren ini diketahui telah memiliki ratusan santri yang jumlahnya mencapai 360 santri. Sedangkan jumlah guru yang mengajarkan tentang pendidikan agama islam ada sekitar 19 orang. 

7. Al-Ihsan

Pondok Pesantren Al-Ihsan beralamat di Pangeran Hidayatullah. Santri yang belajar di pondok pesantren Al-Ihsan yaitu ada sekitar 784 orang. Kemudian para santri juga diajarkan tentang pendidikan agama islam oleh tenaga pendidik yang jumlahnya ada sekitar 36 orang. 

8. Al-Ikhlas

Pondok Pesantren Al-Ikhlas beralamat di Jl. Lombok Rt. 03 Manunggal Jaya. Jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes ini ada sebanyak 67 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

9. Nurul Muhajirin

Pondok Pesantren Nurul Muhajirin beralamat di Jl.Diponegoro Rt I Labanan Makarti. Ponpes Nurul Muhajirin diketahui telah memiliki santri yang jumlahnya mencapai 328 orang. Sedangkan jumlah gurunya ada 16 orang. 

10. Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul Ulum beralamat di Jl.Pulau Dewata. Rt 01. Kampung Eka Sapta. Jumlah santri di ponpes Miftahul Ulum yaitu ada sekitar 73 orang. Sedangkan jumla gurunya ada 6 orang.

Itulah saja nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah  Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur (KalTim). Semoga bisa memberi wawasan bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Terbaik Kabupaten Berau"