Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren di Kota Bontang yang Terbaik

 

Pesantren di Kota Bontang

Kota Bontang adalah kota yang terkenal dengan dunia bisnis industri dan jasanya. Kota ini berada di Kalimantan Timur dan memiliki 3 perusahaan paling besar yang meliputi bisnis pupuk, batubara, serta gas alam.

Selain itu masyarakat yang ada di kota Bontang ini mayoritas ialah memeluk agama islam, sehingga tidak heran apabila di wilayah tersebut ada berbagai fasilitas memadai untuk umat manusia yang hendak melakukan ibadah.  

Pesantren di Bontang

Pondok pesantren termasuk salah satu lembaga pendidikan agama islam yang selalu dikembangkan dengan baik di kota Bontang ini. Pesantren tersebut tersebar di beberapa kecamatan, seperti kecamatan Bontang Barat, Bontang Selatan, dan Bontang Utara. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Bontang

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kota Bontang antara lain adalah sebagai berikut ini; 

1. Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman beralamat di Jl. Arif Rahman Hakim Km. 03 Rt. 51 Belimbing 75313. Tujuan didirikannya pondok pesantren ini ialah untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan terbentuknya kader-kader pembangunan dalam rangka pengabdian terhadap agama, bangsa maupun negara.

Selain itu sistem pendidikan di ponpes ini yaitu menggunakan kurikulum perpaduan antara Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional dan Kurikulum Pesantren.

2. Tahfidzul Qur`an Nurul Mishbah

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur`an Nurul Mishbah beralamat di Jl.Cut Nyak Dien Gang Kerikil Rt.17. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Nurul Mishbah yaitu ada sekitar 143 orang.

Sedangkan jumlah tenaga pendidik yang mengajarkan tentang agama islam maupun pengetahuan umum lainnya ada sebanyak 9 ustdaz.  

3. Al Ma`rifah

Pondok Pesantren Al Ma`rifah didirikan pada tanggal 15 Januari 2005 dan beralamat di Jl. Paprika No. 07 Gunung Elai 35711. Santri yang belajar di pondok pesantren ini jumlahnya ada 35 orang.

Sedangkan guru yang mengajar ada 6 orang. Visi ponpes Al Ma’rifah ialah mewujudkan terciptanya insan-insan yang bertaqwa kepada Allah SWT, dan taat kepada rasul-Nya, serta cerdas, jujur, mandiri, disiplin, berakhlak mulia  dan  bermartabat.

4. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Imam Bonjol Rt. 04 Kelurahan Api-Api. Jumlah santri di ponpes ini ada sebanyak 349 orang, sedangkan guru yang membimbing para santri ada sekitar 19 orang. 

5. Tahfidzul Qur`an Darul Hijrah Wal Qurra`

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur`an Darul Hijrah Wal Qurra` beralamat di Jl. Kenangan Rt.29 Kelurahan Tanjung Laut. Ponpes ini termasuk salah satu pesantren terbaik yang ada di kota Botang. Jumlah santri di pesantren Tahfidzul Qur’an Darul Hijrah Wal Qurra ada 169 orang. 

6. Pp. Subulana

Pondok Pesantren Pp. Subulana beralamat di Jl. Letjen Urip Sumoharjo RT.8. Santri di pondok pesantren ini jumlahnya ada 77 orang dan tenaga pendidiknya ada 7 orang.

Itulah saja daftar informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Bontang, Provinsi KalTim (Kalimantan Timur). Semoga saja bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren di Kota Bontang yang Terbaik"