Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Jeneponto yang Bagus

Pondok Pesantren di Kabupaten Jeneponto

Luas wilayah kabupaten Jeneponto yaitu mencapai 749,79 km2. Selain itu kabupaten ini juga memiliki batas-batas wilayah seperti dibagian utara dan barat berbatasan dengan kabupaten Takalar, sedangkan dibagian timur berbatasan dengan kabupaten Bantaeng dan terakhir di sebelah selatan berbatasan dengan Laut Flores. 

Pesantren di Jeneponto

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Jeneponto jumlahnya ada sekitar 18 pesantren. Masing-masing pesantren yang ada di kabupaten ini memiliki kualitas dan keunggulan yang dapat membantu para santri untuk memperoleh bekal pendidikan agama islam secara lebih mendalam.

Selain itu ponpes yang ada di kabupaten ini juga bertujuan untuk memberikan bimbingan akhlak karimah kepada setiap santri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Jeneponto

Daftar nama pondok pesantren di Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Janeponto antara lain ialah sebagai berikut ini;

1. Babussalam Ddi Kassi

Pondok Pesantren Babussalam Ddi Kassi berdiri pada tahun 1989. Pondok Pesantren Babussalam Ddi Kassi beralamat di Jl. Lanto Dg Pasewang No 213 Kassi 92351. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu ada sebanyak 151 orang.

Sedangkan tenaga pendidik yang mengajarkan tentang pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya ada 12 orang. 

2. Darul I`tisham Embo

Pondok Pesantren Darul I`tisham Embo berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Darul I`tisham Embo beralamat di Embo Desa Turatea. Ponpes ini juga merupakan salah satu pesantren yang unggul di kabupaten Jeneponto. Selain itu jumlah santrinya sudah mencapai 635 orang dengan banyaknya pengajar 30 orang. 

3. Pondok Pesantren Nurul Azisddi Barobbo

Pondok Pesantren Nurul Azisddi Barobbo berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Nurul Azisddi Barobbo beralamat di Jl. Pesantren No.9 Barobbo.

Ponpes ini merupakan salah satu pesantren favorit yang ada di kabupaten Jeneponto hal ini terbuktinya dengan banyak santri yang sangat antusias masuk pesantren Nurul Azisddi Barobbo. Jumlah santinya saat ini ada sebanyak 824 orang dengan 32 ustadz yang membimbing.  

4. Al-Hikam Pitape

Pondok Pesantren Al-Hikam Pitape beralamat di Dusun Pitape Desa Bungungloe. Santri yang menimba ilmu di ponpes Al-Hikam Pitape jumlahnya ada sekitar 447 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 52 orang. 

5. Madaniyah Gunung Silanu

Pondok Pesantren Madaniyah Gunung Silanu beralamat di Jl. Patriot No.12 Tombo- Tombolo. Pondok pesantren Madaniyah Gunung Silanu memiliki santri yang jumlahnya mencapai 175 orang. Sedangkan banyak guru yang mengajar ada sekitar 16 orang. 

6. An-Nuriyah

Pondok Pesantren An-Nuriyah beralamat di Bontocini. Pondok pesantren An – nuriyah memiliki jumlah santri sebanyak 162 orang. Sedangkan ustadz yang membimbing para santri agar memiliki bekal agama islam dengan lebih baik jumlahnya ada sekitar 12 orang. 

7. Pondok Pesantren Baitullah Paranga

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Baitullah Paranga beralamat di Jl. Pendidikan No. 1 Paranga Desa Lentu Kecamatan Bontoramba. Santri yang belajar di ponpes Baitullah Paranga jumlahnya ada sekitar 146 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 11 orang. 

8. Nahdlatul Ulum 2 Bonto Parang

Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum 2 Bonto Parang berdiri pada tahun 2008. Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum 2 Bonto Parang beralamat di Bonto Parang Kelurahan Tolo Selatan. Pondok pesantren ini diketahui telah mempunyai 202 santri dan 14 ustadz yang mengajarkan tentang pendidikan agama islam. 

9. Rahmatullah

Pondok Pesantren Rahmatullah beralamat di Tompo Kelara Kelurahan Tolo Utara. jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Rahmatullah jumlahnya ada sekitar 151 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 12 orang. 

10. Al Fatah

Daftar pondok pesantren terakhir yang ada di kabupaten Jeneponto yaitu Pondok Pesantren Al Fatah. Ponpes yang satu ini beralamat di Passereang. Selain itu jumlah santri yang belajar di pesantren ada sebanyak 146 orang. Sedangkan jumlah gurunya ada sekitar 11 orang.

Nah, demikinalah saja daftar informasi yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Jeneponto yang Bagus"