Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kapuas

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Kapuas

Kabuapaten Kapuas merupakan daerah yang ada di Kalimantan Tengah dan beribukota di Kuala Kapuas. Kabupaten ini terdiri dari beberapa suku bangsa yaitu Suku Banjar, Suku Dayak, Suku Bali, dan Suku Jawa. 

Selain itu sektor ekonomi yang paling unggul di kabupaten ini yaitu pada sektor pertanian. Hal ini karena lahan persawahan di kabupaten Kapuas masih luas dan sangat terbuka lebar. Sehingga potensi pertanian dimaksimalkan dengan baik.  

Pesantren di Kapuas

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Kapuas tersebar ke beberapa kecamatan yang ada dikabupaten tersebut. Beberapa kecamatan tersebut antara lain ialah kecamatan Kapuas Kuala, kecamatan Kapuas Timur, kecamatan Kapuas Hulu, kecamatan Kapuas Barat, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kapuas

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Kapuas antara lain ialah sebagai berikut ini :

1. PP Nurul Hidayah

Pondok Pesantren PP Nurul Hidayah beralamat di Tepi Sungai Anjir Serapat Barat KM 9. Pesantren ini memiliki 84 santri yang belajar di pondok dan 7 ustadz yang mengajar. 

2. Babussalam 

Pondok Pesantren Babussalam beralamat di Jl. Patih Rumbih No. 22 Rt/Rw. 07/04. Salah satu ciri khas dan keunggulan dari ponpes ini yaitu tidak hanya berfokus pada pembekalan ilmu pengetahuan agama islam dan pengetahuan umum lainnya.

Akan tetapi ponpes Babussalam juga menerapakan cara berwirausaha kepada para santri dengan adanya pengembangan budidaya ikan air tawar di pesantren tersebut guna menambah penghasilan, untuk konsumsi santri, dan sekaligus tempat belajar di bidang kerja. 

3. Darul Hikmah Darussalam

Pondok Pesantren Darul Hikmah Darussalam beralamat di Desa Sei. Jangkit Kec. Bataguh.

4. Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman beralamat di Jl. Trans Kalimantan Km. 3.

5. Fajar Islam

Pondok Pesantren Fajar Islam beralamat di Jl Lintas Kalimantan Basarang Km.9.

6. Al-Amin 

Pondok Pesantren Al-Amin didirikan pada tahun 1999 dan beralamat di Jl.Pemuda Km.20 Desa Anjir Palambang. Pesantren ini menjadi salah satu ponpes terbaik di kabupaten Kapuas, karena selain mendidik tentang agama islam kepada para santri juga mampu memanfaatkan lahan yang ada disekitar pondok dengan ditanaminya palawija dan melakukan ternak itik.

Sehingga tidak heran pada tahun 2007 pesantren ini sempat mendapatkan penghargaan Ketahanan Pangan Nasional dari Presiden Bambang Susilo Yudhoyono. 

7. Noorhidayah Darussalam

Pondok Pesantren Noorhidayah Darussalam beralamat di Jl. A. Yani Rt. 1 No. 13 Palingkau Lama 73593.

8. Miftahussalam 

Pondok Pesantren Miftahussalam beralamat di Jl. Ayani Rt 1 Tajepan 73593.

9. Abnauth Thalibin

Pondok Pesantren Abnauth Thalibin beralamat di Jl.Inpres Tamban Baru Mekar. Fasilitas yang ada di ponpes ini antara lain yaitu lapangan, ruangan belajar, ruang kesehatan dan lain sebagainya. Selain itu ponpes ini juga mengadakan perguruan silat untuk membekali para santri agar memiliki kemampuan minimal, dapat melindungi dirinya sendiri dari berbagai kejahatan.  

10. Pps Bifahmil Anbiya

Pondok Pesantren Pps Bifahmil Anbiya beralamat di Jalan Mahakam No 48.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Kapuas"