Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren di Kabupaten Katingan Yang Terkenal

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Katingan

Ibu kota kabupaten Katingan yaitu berada di Kasongan. Ibu kota ini mempunyai luas wilayah 17.800 km². Selain itu kabupaten Katingan juga memiliki semboyan yang disebut Penyang Hinje Simpei, artinya adalah Hidup Rukun dan Damai untuk Kesejahteraan Bersama. 

Kabupaten Katingan memiliki beberapa daerah perbatasan seperti di bagian utara, selatan, timur, dan barat. Batas kabupaten Katingan di sebelah utara yaitu dengan kabupaten Sintang, di sebalah selatan berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Sedangkan di sebalah barat yaitu berbatasan dengan kabupaten Kotawaringin Timur dan di bagian timur yaitu berbatasan dengan 3 kabupaten meliputi kabupaten Gunung Mas, kabupaten Pulang Pisau serta kabupaten Palangkaraya. 

Pesantren di Katingan

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Katingan jumlahnya yaitu ada 5 pesantren. Semua pesantren ini secara konsisten selalu memperbaiki kualitasnya agar dapat memberikan pendidikan yang baik kepada para santri dan bisa mencetak generasi muda yang berakhlak karimah serta berwawasan luas. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Katingan

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Katingan adalah :

1. Syailillah

Pondok Pesantren Syailillah beralamat di Komplek Madani Desa Hampalit. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Syailillah ini yaitu ada sekitar 374 orang dengan 23 guru yang membimbing. 

2. Darussalamah 

Pondok Pesantren Darussalamah beralamat di Desa Tampelas. Santri yang ada di pesantren Darussalamah yaitu ada 42 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

3. Tahfidz Al Quran Daarul Quran

Lokasi pondok pesantren Tahfidz Al Quran Daarul Quran yaitu berada di Jl. Satelindo. Pesantren ini memiliki 77 santri yang menuntut ilmu di pondok. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya yaitu ada sekitar 5 orang. 

4. Tahfidz Raudatul Quran 

Pondok Pesantren Tahfidz Raudatul Quran beralamat di Jl. A. Dondang Komp. Perumahan Cahaya Pratama Kel. Samba Kahayan. Jumlah santri yang belajar di pesantren Tahfidz Raudatul Quran yaitu ada sekitar 180 orang. Sedangkan untuk guru yang mengajar sendiri berjumlah 12 orang. 

5. Ibtidaussalam

Pondok Pesantren Ibtidaussalam didirikan pada tanggal 11 Juli 2011. Lokasi dari ponpes ini yaitu berada di Jl.Cembaga Buang Rt. 10 Kereng Pangi. Pesantren ini diketahui telah memiliki 382 santri dan 21 ustadz yang membimbing.

Sistem pendidikan yang dilakukan di pesantren Ibtidaussalam ini yaitu menggunakan sistem kelas dan murni dengan pengkajian kitab arab dan semua mata pelajaran. 

Itulah tadi informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Kantingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Semoga saja memberikan wawasan.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren di Kabupaten Katingan Yang Terkenal"