Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Pinrang Yang Terkenal

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Pinrang

Kabupaten Pinrang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan dengan mempunyai pemandangan alam yang sangat indah. Beberapa tempat pariwisata yang sering dikunjungi para wisatawan di kabupaten Pinrang ini antara lain adalah Pantai Salopi, Air Terjun Kali Jodoh, Pantai Ujung Tape dan lain sebagainya. 

Pesantren di Pinrang

Kabupaten Pinrang juga memiliki 10 pondok pesantren yang tersebar di beberapa kecamatan. Nama – nama kecamatannya tersebut antara lain seperti kecamatan Lansirang, Batu Lappa, Paleteang dan masih ada beberapa yang lainnya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Pinrang

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Pinrang antara lain ialah sebagai berikut ini : 

1. PPS Ibnu qasim

Pertama yaitu ada Pondok Pesantren PPS Ibnu qasim beralamat di Jl. Poros Ujung Lero, Dusun Sabamparu, Desa Tasiwalie Kec. Suppa Kab. Pinrang. Santri yang belajar pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya di pesantren ini jumlahnya ada sebanyak 27 orang dengan 6 ustadz yang membimbing.

2. Darul Arqam Muhammadiyah

Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah beralamat di Jl. A. Wahid No.1 Punnia, Labumpung Desa Bunga 91271.

Pondok pesantren Darul Arqam Muhmmadiyah merupakan salah satu ponpes di kabupaten Pinrang yang sudah memiliki banyak santri. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 169 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 12 orang. 

3. Manahilil Ulum Addariyah Ddi Kaballangang 

Pondok Pesantren Manahilil Ulum Addariyah Ddi Kaballangang beralamat di Jl. Kampus, Poros Pinrang Polman Km.15 Rw/Rt 01/01 Dusun Batri Desa Kaballangang.

Pesantren ini menjadi salah satu ponpes yang memiliki banyak peminatnya di kabupaten Pinrang. Sehingga tidak heran apabila ponpes Manahilil Ulum Addariyah Ddi Kaballangang diketahui telah memiliki 376 santri dan 21 guru yang mengajar.  

4. Manbaul Ulum Addariyah Ddi Patobong

Pondok Pesantren Manbaul Ulum Addariyah Ddi Patobong beralamat di Jl. Poros Pinrang-Langnga Km. 13 Desa Patobong.

Pondok pesantren Manbaul Ulum Addariyah Ddi Patobong merupakan salah satu ponpes terbaik yang ada di kabupaten Pinrang. Hingga saat ini jumlah santrinya mencapai 679 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada sekitar 32 orang.

5. Darul Qur`An Attaqwa Jampue 

Pondok Pesantren Darul Qur`An Attaqwa Jampue beralamat di Jl. Poros Waetuoe No.199 Kessie. Kelurahan Lanrisang.

Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Darul Qur’an Attaqwa Jampue jumlahnya ada sebanyak 294 orang. Sedangkan banyaknya guru yang memberikan pendidikan kepada para santri jumlahnya ada 16 orang. 

6. Ittihadul Usrati Wal-Jamaah Lerang-Lerang

Pondok Pesantren Ittihadul Usrati Wal-Jamaah Lerang-Lerang lokasinya berada di Jl. Sungai Saddang. Ponpes yang satu ini juga termasuk salah satu pesantren yang ada di kabupaten Pinrang dengan memiliki jumlah santri sebanyak 182 orang. Selain itu banyaknya ustadz yang membimbing para santri yaitu ada sekitar 12 orang. 

7. Mazra`Atul Akhirah Baramuli

Pondok Pesantren Mazra`Atul Akhirah Baramuli beralamat di Jl. Pole Baramuli Km.3 Poros Pinrang Polman Palia Paleteang 91227. Santri yang menimba ilmu di ponpes Mazra’ Atul Akhirah Baramuli jumlahnya ada sebanyak 140 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada sekitar 11 orang. 

8. Darul `Ulum Ath- Thahiriyah Paladang

Pondok Pesantren Darul `Ulum Ath- Thahiriyah Paladang beralamat di Jl. Poros Barugae - Jampue Km 08 Paladang Desa Mallongilongi 91261. Ponpes ini diketahui telah memiliki 230 santri dan 14 ustadz yang membimbing dan mengajarkan pendidikan agama islam kepada para santri yang ada di pesantren. 

9. PP Tassbeh Baitul Quran

Pondok Pesantren PP Tassbeh Baitul Quran beralamat di Jl. Serigala Lr. Smp 5 Pinrang. Santri yang ada di pondok pesantren PP Tassbeh Baitul Quran jumlahnya ada sekitar 216 orang dengan 14 guru yang mengajar. 

10. PP Ittihadiyah Tanreassona

Pondok Pesantren PP Ittihadiyah Tanreassona beralamat di Tanreassona Jl. Poros Jampue Km.4 Desa Padakkalawa Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini ada sekitar 96 orang dengan 8 ustadz yang membimbing.

Demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan, khususnya tentang daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah  Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Pinrang Yang Terkenal"