Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Sindenreng Rappang Yang Terkenal

Pesantren di Kabupaten Sindenreng Rappang

Luas daerah kabupaten Sindenreng Rappang yaitu mencapai 1.102,10 km2. Kabupaten ini juga terdiri dari 11 kecamatan antara lain ialah kecamatan Baranti, Pitu Riase, Watang Pulu, Panca Rijang dan lain sebagainya.

Selain itu masyarakat yang ada di kabupaten Sindenreng Rappang dikenal sebagai penduduk muslim yang taat dan memegang teguh tradisi dengan saling menghormati satu sama lain dan tolong menolong. 

Pesantren di Sindenreng Rappang

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Sindenreng Rappang yaitu ada sekitar 10 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya secara keseluruhan yaitu ada sebanyak 2.378 orang dengan rincian 1.741 santri berasal dari daerah asal dan 637 santri dari luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sindenreng Rappang

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Sindereng Rappang adalah;  

1. Nurul Ilmi Barukku

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Barukku berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Nurul Ilmi Barukku beralamat di Jl. H. Arifin Nu'mang No. 53 Barukku. Banyaknya santri yang belajar di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 67 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 7 orang. 

2. Nurul Azhar

Pondok Pesantren Nurul Azhar berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Nurul Azhar beralamat di Jl.Pesantren Desa Talawe. Visi ponpes ini yaitu untuk mewujudkan layanan pendidikan berkualitas dan menciptaka masyarakat yang sukses dalam dunia maupun akhirat dengan berlandaskan iman da taqwa. 

3. Ddi As Salman Allakuang

Pondok Pesantren Ddi As Salman Allakuang berdiri pada tahun 2006. Pondok Pesantren Ddi As Salman Allakuang beralamat di Jalan Lahalede No.96.

4. Al Anshar Bacu Bacue 

Daftar nama pondok pesantren selanjutnya yang ada di kabupaten Sindenreng Rappang adalah Pondok Pesantren Al Anshar Bacu Bacue. Alamat pondok pesantren yang satu ini yaitu beralamat di Jl. Poros Amparita Bacu-Bacue Pokkoto.

5. Al-Wahid

Pondok Pesantren Al-Wahid beralamat di Jl. Poros Soppeng (Pape) Desa Wanio. Pondok pesantren ini diketahui memiliki fasilitas yang sudah cukup lengkap dan memberikan kenyamanan bagi para santri. Fasilitas tersebut antara lain ialah masjid, asrama, gedung, perpustakaan, lapangan, kantin, sarana olahraga dan lain sebagainya. 

6. Al Urwatul Wutsqaa

Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa berdiri pada tahun 1995. Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa beralamat di JL.KH.Abd.Muin Yusuf.No 1 Kelurahan Benteng.

Kurikulum yang digunakan dalam pondok pesantren ini yaitu kurikulum Pendidikan Agama (Depag) dari Kementerian Agama dengan kurikulum Pendidikan umum dari Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan. Sedangkan kegiatan ekstrakurikulernya meliputi seni hadrah, lukis, beladiri, tahsin dan lain sebagainya.

7. Nurul Haq 

Pondok Pesantren Nurul Haq berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Nurul Haq beralamat di Jl.Poros Soppeng Km.2 Tanete. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Nurul Haq yaitu ada sekitar 236 orang dengan 14 guru yang membimbing para santri. 

8. Darus Sa'adah As'adiyah Lancirang

Pondok Pesantren Darus Sa'adah As'adiyah Lancirang berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Darus Sa'adah As'adiyah Lancirang beralamat di Jl. Poros Pare Sengkang Kel.Lancirang. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 140 orang dengan 11 ustadz yang membimbing. 

9. Tahfidzul Quran Assalam 

Nama ponpes selanjutnya yang ada di kabupaten Sindenreng Rappang yaitu Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Assalam. Pesantren ini lokasinya berada di Jl.Tani. Banyaknya santri yang belajar di ponpes ini yaitu ada 26 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 6 orang.  

10. Lm3 Al Bahru

Pondok Pesantren Lm3 Al Bahru beralamat di Kompleks Transmigrasi Lampiring. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini yaitu ada sekitar 56 orang dengan adanya 6 ustadz yang membimbing.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Sindenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Sindenreng Rappang Yang Terkenal"