Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Sinjai Yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Sinjai

Kabupaten Sinjai merupakan wilayah yang terdiri dari pesisir, dataran rendah, dan dataran tinggi. Kegiatan perekonomiannya sendiri yang berada di bidang pertanian yaitu menghasilkan lada dan coklat. Selain itu ada pula objek pariwisata yang menarik minat wisatawan untuk mendatangi kabupaten Sinjai ini.

Nama-nama tempat wisatanya antara lain seperti Pulau Sembilan, Pulau Ujung Kupang, Air Terjun Pincuni dan masih banyak yang lainya. 

Pesantren di Kabupaten Sinjai

Kabupaten Sinjai juga memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren. Jumlah ponpes yang ada di kabupaten ini yaitu ada sekitar 16 pesantren dengan berbagai visi dan misi yang telah dirancang dengan baik.

Tujuan umum adanya ponpes di kabupaten ini yaitu untuk mencetak generasi muda paham quran, berilmu dan berawawasan luas serta memiliki kepribadian yang mulia. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sinjai

Daftar nama pondok pesantren yang ada di Sulawesi Selatan, khususnya Kabupaten Sinjai antara lain adalah sebagai berikut ini: 

1. PPS Darul Qur'an Al -Umm Laiya 

Daftar nama pondok pesantren pertama yang ada di kabupatn Sinjai adalah Pondok Pesantren PPS Darul Qur'an Al -Umm Laiya. Ponpes yang satu ini beralamat di Jalan Pondok Pesantren.

2. Wadi Mubarak

Urutan kedua adalah Pondok Pesantren Wadi Mubarak. Lokasi ponpes ini berada di Gareccing, Kec. Sinjai Selatan Kab. Sinjai. Nama tokoh pendiri pondok pesantren Wadi Mubarak yaitu H. Abdul Salam LC. 

3. Darrul Quran All Umm Laiya

Pondok Pesantren Darrul Quran All Umm Laiya beralamat di Laiya Ds. Tompobulu Kec. Bulupoddo.Kab.Sinjai.Sul-Sel. Pondok pesantren ini terdiri dari pendidikan formal dan pendidikan non formal. Jenis pendidikan formal terdiri dari MI, MTs, dan MA.

Sedangkan jenis pendidikan non formalnya ialah tahfidzul quran, madrasah diniyah, pengajian kitab kuning, dan majelis taklim. Selain itu pesantren ini juga menyediakan berbagai kegiatan ekstarkurikuler yang bisa dipilih para santri sesuai dengan bakat dan minatnya.

Macam-macam kegiatan ekstarkurikuler tersebut antara lain seperti komputer, hadrah, lukis, beladiri dan lain sebagainya. 

4. Nurul Jibal Kondo

Pondok Pesantren Nurul Jibal Kondo berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Nurul Jibal Kondo beralamat di Jln. Kondo Dusun Turuneng. Santri yang belajar agama islam di pondok pesantren ini jumlahnya ada sekitar 195 orang dengan 20 tenaga pendidik yang mengajar di pesantren tersebut. 

5. Darul Istiqamah Puce`e 

Pondok Pesantren Darul Istiqamah Puce`e beralamat di Puce'e Kel. Sangiasseri. Ponpes ini termasuk salah satu pesantren yang memiliki banyak peminatnya. Bahkan jumlah santrinya juga cukup banyak yaitu mencapai 713 orang dengan 34 ustadz yang membimbing. 

6. Darul Istiqamah Biroro

Pondok Pesantren Darul Istiqamah Biroro beralamat di Jl.Arung bunne No.34 Biroro Desa Biroro. Santri yang belajar agama islam di pondok pesantren Darul Istiqamah Biroro yaitu ada sekitar 81 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 7 orang. 

7. Syiar Islam

Pondok Pesantren Syiar Islam lokasinya berada di Jl. A.M Dahlan Isma. Ponpes ini diketahui telah memiliki 102 santri dan 9 ustadz yang membimbing. 

8. Darul Ihsan Salohe 

Pondok Pesantren Darul Ihsan Salohe berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Darul Ihsan Salohe beralamat di Jl. Poros Sinjai Bulukumba Km. 10 Desa Salohe. Para santri yang belajar agama islam di pondok pesantren ini jumlahnya mencapai 277 orang.

Sedangkan jumlah guru yang mengajar dan membimbing para santri agar memiliki bekal pendidikan agama secara lebih mendalam ada sebanyak 16 orang. 

9. Darul Ulum Manipi

Pondok Pesantren Darul Ulum Manipi berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Darul Ulum Manipi beralamat di Jl. Masjid 45 Kaluarang. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 61 orang dengan 6 guru yang mengajar. 

10. Darul Istiqamah Bongki

Terakhir yaitu ada Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bongki yang berdiri pada tahun 1980. Pondok Pesantren Darul Istiqamah Bongki beralamat di Jl. Gunung Rinjani No. 03 Rt/Rw 002/002. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada sekitar 148 orang dengan 11 ustadz yang membimbing.

Itulah saja nama-nama terkait dengan pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Sinjai, Provinsi SulSel (Sulawesi Selatan). Semoga berguna bagi kalian para pembaca yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Sinjai Yang Bagus"