Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Majene

Pesantren di Kabupaten Majene

Kabupaten Majene merupakan daerah di Sulawesi Barat yang kondisi geografisnya sangat bervariasi yaitu mulai dataran rendah, dataran tinggi, hingga pesisir. Selain itu sebagain besar masyarakat di kabupaten ini yaitu berasal dari Suku Mandar yang memang merupakan suku asli Sulawesi Barat. Karena letaknya berada di pesisir Selat Malaka, maka perekonomian di kabupaten Majene dibantu pada sektor perikanan. 

Pesantren di Majene

Kabupaten Majene juga memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren. Ponpes dikabupaten ini letaknya ada di beberapa kecamatan seperti di kecamatan Ulumanda, kecamatan Banggae, kecamatan Tubo Sendana dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Majene

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Majene adalah;

1. Darut-Tahdzib

Nama pondok pesanten yang pertama di kabupaten Majene adalah Pondok Pesantren Darut-Tahdzib. Ponpes ini berdiri pada tahun 2004. Sedangkan alamatnya Pondok Pesantren Darut-Tahdzib ini berada di Simullu. Selain itu pesantren ini diketahui juga sudah memiliki 107 santri yang terdiri dari 66 santri laki-laki dan 41 santri perempuan.

2. Ihyaul Ulum DDI Baruga

Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga berdiri pada tahun 1985. Pondok Pesantren Ihyaul Ulum DDI Baruga beralamat di Jl. Muhammad Saleh Bone No. 01 Baruga.

Visi ponpes ini yaitu untuk menciptakan lembaga pendidikan yang kondusif bagi lahirnya santri yang memiliki pengetahuan, penguasaan teknologi, beriman, bertaqwa, dan berwawasan kebangsaan. Sedangkan misi yang dilakukan untuk bisa mencapai visi tersebut salah satunya adalah melaksanakan   pendidikan agama bagi para santri agar memiliki integritas moral, beriman dan bertaqwa.  

3. Al Mardiyah Rangas

Nama ponpes berikutnya di kabupate Majene adalah Pondok Pesantren Al Mardiyah Rangas yang berdiri pada tahun 1998. Pondok Pesantren Al Mardiyah Rangas beralamat di Rangas. Banyaknya santri yang menempuh pendidikan di ponpes yaitu ada sekitar 279 santri laki-laki dan 282 santri perempuan. 

4. Miftahul Jihad Tande

Urutan keempat nama ponpes di kabupaten Majene adalah Pondok Pesantren Miftahul Jihad Tande. Ponpes ini berdiri pada tahun 2000. Sedangkan alamat Pondok Pesantren Miftahul Jihad Tande yaitu berada di Jln. Korban 40.000 Jiwa.

5. Miftahul Ulum Banua

Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banua berdiri pada tahun 1993. Pondok Pesantren Miftahul Ulum Banua beralamat di Banua Utara. Jumlah santri di ponpes ini ada 240 orang yang terdiri dari 115 santri laki-laki dan 125 santri perempuan. Sedangkan nama tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren Miftahul Ulum Banua yaitu Muh. Said, S.Ag. 

6. Jabal Rahmah Limboro 

Pondok Pesantren Jabal Rahmah Limboro berdiri pada tahun 1990. Pondok Pesantren Jabal Rahmah Limboro beralamat di Limboro.

Banyanya santri laki-laki di ponpes ini ada sekitar 66 orang, sedangkan santri perempuannya ada sebanyak 82 orang. Nama tokoh yang mempelopori berdirinya pondok pesantren Jabal Rahmah Limboro yaitu Drs. Ilham Majid. 

7. Pp Darul Hikmah Poniang

Nama ponpes selanjutnya di kabupaten Majene adalah Pondok Pesantren Pp Darul Hikmah Poniang. Ponpes ini berdiri pada tahun 2008. Sedangkan alamat Pondok Pesantren Pp Darul Hikmah Poniang yaitu berada di Jl. Poros Majene Mamuju Km. 41 Poniang.

8. Al Aman Lombo`na

Pondok Pesantren Al Aman Lombo`na berdiri pada tahun 2008. Pondok Pesantren Al Aman Lombo`na beralamat di PorosMajene Mamuju km 70.

9. Al Ma`arif Totolisi

Pondok Pesantren Al Ma`arif Totolisi berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Al Ma`arif Totolisi beralamat di Totolisi.

10. Al Mansyuriah

Terakhir yaitu ada Pondok Pesantren Al Mansyuriah yang berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Al Mansyuriah beralamat di Poros Majene Km 90 Malunda. Para santri yang belajar di ponpes ini selain mendapatkan bekal ilmu agama juga dapat mengikuti kegiataan bermanfaat yang sesuai bakat maupun minat santri melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain adalah pencak silat, pramuka, seni musik islami, kaligrafi, dan lain-lain.

Itulah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Majene"