Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Salafi Terbaik di Indonesia

 

Pondok Pesantren Salafi di Indonesia

Pondok pesantren pada dasarnya merupakan wadah pendidikan dengan kekhususan memperdalam ilmu agama Islam dan mempelajari Al-Quran maupun hadist untuk kebaikan dunia sekaligus akhirat. Salah satu jenis pondok pesantren terbesar yang ada di Indonesia ialah pondok pesantren salafi yang dijelaskan secara lebih lengkap dibawah ini. 

Pesantren Salafi di Indonesia

Pondok pesantren salafi adalah pondok pesantren yang mempelajari dan mengkaji kitab kitab kuning. Selain itu dalam pondok pesantren salafi ini umumya lebih bersifat tradisional dan para santri dididik oleh kyainya sendiri secara langsung.

Pondok pesantren salafi umumnya melaksanakan dua metode belajar yaitu metode sorogan dan metode wethonan. Metode sorogan adalah metode belajar para santri dimana para santri membaca kitab yang dikaji kyai secara langsung dihadapannya. Sedangkan metode wethonan adalah santri belajar kitab dengan cara menyimak dan mendengarkan kyai yang mengkaji kitab. 

Daftar Nama Pondok Pesantren Salafi di Indonesia

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren salafi di Indonesia adalah; 

1. Pondok Pesantren Imam Bukhori, Solo

Pondok pesantren yang satu ini beralamat di Jl. Raya Solo-Purwodadi KM. 8 dan telah berdiri sejak tahun 1994. Hingga saat ini ponpes Imam Bukhori telah menerima ribuan santri yaitu mencapai 2000an santri beserta dengan banyaknya para alumni yang berhasil lulus dari pondok.

Pendirian pondok pesantren di Solo bernama Imam Bukhori bertujuan untuk membentuk generasi thalibul ‘ilmi yang bermanhaj salaf dalam Beribadah, Berakhlaq, Berakidah, Bermuamalah dan Berdakwah. Selain itu, pesantren ini juga memiliki beberapa program unggulan seperti penggunaan bahasa arab dalam sehari-hari, hifdzul quran, hifdzul hadist dan sebagainya. 

2. Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz, Yogyakarta

Pondok pesantren salafi kedua yang ada di Indonesia adalah ponpes islamic centre bin baz yang didirikan sejak tahun 1993. Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Jl. Wonosari KM. 10, Karanggayam, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul. Oleh karena itulah nama pesantren di Bantul ini bisa berkembang dengan pesat.

Program yang ada di pondok pesantren ini juga sudah banyak diantaranya yaitu PAUD, Madrasah Salafi Ula, Madrasah Salafi Wustha, Madrasah Aliyah, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah dan lain-lain. 

3. Pondok Pesantren Syaikh Jamillurahman As-Salafy, Yogyakarta

Lokasi pondok pesantren syaikh jamillurahman as-salafy yaitu berada di Dusun Glondong RT 04, Desa Wirokerten, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul. Ponpes yang satu ini memiliki dua program yaitu tahfidz quran dan i’dad ad-duat. 

4. Pondok Pesantren Tahfidz Hamalatul Quran, Yogyakarta

Pondok pesantren Tahfidz Hamalatul Quran merupakan ponpes yang memiliki aturan wajiba bagi para santrinya yaitu berupa penyelenggaraan pendidikan wajib asrama untuk lulusan SD/MI/Salafi Ula/ Paket A.

Selain itu para alumnis atau lulusan pondok pesantren ini nantinya diharapkan dapat hadal al quran 30 jusz, lancar membaca kitab kuning dan lain sebagainya.

5. Pondok Pesantren Sabilunnajah, Bandung

Alamat pondok pesantren sabilunnajah yaitu berada di Jl. Raya Sapan Desa, Sukamanah, Kec. Rancaekek, Bandung, Jawa Barat. Selain itu pondok pesantren di Bandung ini juga baru didirikan pada tahun 2000an atau tepatnya tahun 2013. Ponpes ini juga mempunyai program pendidikan berupa Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). 

6. Pondok Pesantren Minhajus Sunnah, Bogor

Pesantren salafi berikutnya yang ada di Indonesia adalah pondok pesantren minhajus sunnah yang beralamat di Jl. Cibeureum Situ Leutik No.1, RT.1/RW.1, Babakan, Kec. Dramaga, Bogor, Jawa Barat.

7. Pondok Pesantren Al Furqon Al Islami 

Alamat pondok pesantren ini berada di Srowo-Sidayu, Gresik, Jawa Timur. 

8. Pondok Pesantren Al I’Tishom

Alamat pondok pesantren Al I’thisom yaitu berada di Dusun Kedongdong, Kondang Jaya, Jawa Barat. Selain itu jenjang pendidikan di pesantren ini yaitu meliputi TK, SD, dan Smp. 

9. Pondok Pesantren Ihya As Sunnah

Selanjutnya yaitu ada pondok pesantren ihya as sunnah yang memiliki jenjang pendidikan Tk, Sd, Smp, Aliyah, Pesantren Mandiri, Mahad Tahfidz Al Quran. Sedangkan alamatnya berada di Jl. Terusan Paseh-BCA No 11 Tasikmalaya.   

10. Pondok Pesantren  Abu Hurairah 

Alamat pondok pesantren Abu Hurairah yaitu berada di Jl. Soromandi No, 1 Lawata, Mataram, NTB.

Nah, itulah saja informasi yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren salafi yang ada di Indonesia. Semoga bisa memberi wawasan sekaligus referensi mendalam.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Salafi Terbaik di Indonesia"