Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Wilayah Malang Raya

Pesantren di Malang Raya

Malang Raya adalah salah satu kawasan yang ada di Jawa Timur yaitu mencakup daerah Malang, Kota Batu, dan kabupaten Malang itu sendiri. Bentuk Malang Raya yaitu karesidenan yang terdiri dari 4 kota yaitu kota Malang, kota Batu, kota Probolinggo, dan kota Pasuruan.

Wilayah Jawa Timur tentusaja memiliki banyak sekali jumlah pondok pesantren sebagai upaya memberikan pendidikan kepada generasi mudanya.

Pesantren di Malang Raya

Daerah Malang Raya juga terdapat beberapa pondok pesantren yang masing-masing memiliki visi dan misinya sendiri.

Akan tetapi secara garis besar tujuan didirikannya pondok pesantren tersebut ialah untuk mewujudkan terciptanya generasi yang paham ilmu alquran, berwawasan luas, dan mampu berkontribusi dalam masyarakat luas dengan menggunakan akhlak yang mulia. 

Daftar Pondok Pesantren di Malang Raya

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren di Malang Raya adalah sebagai berikut: 

1. Pondok Pesantren Al Khoirot

Daftar pertama pondok pesantren yang ada di Kota Malang Raya ialah pondok pesantren al khoirot. Alamat pondok pesantren yang satu ini berada di Jl. KH Syuhud Zayyadi No.01, Karangsuko, Pagelaran, Karangsuko, Pagelaran, Malang, Jawa Timur. Ponpes al khoirot didirikan pada tahun 1963 oleh KH Syuhud Zayyadi. 

2. Pondok Pesantren Ilmu Al Quran

Daftar kedua pondok pesantren yang ada di Malang Raya yaitu ponpes ilmu al quran yang alamatnya berada di Jalan Raya No.107, Pagentan, Singosari, Malang, Jawa Timur. Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren ilmu al quran yaitu bernama KH Bashori Alwi tepatnya pada tanggal 1 Mei 1978. 

3. Pondok Pesantren Darul Falah

Alamat pondok pesantren darul falah yaitu berada di Jl. Pronoyudo, Dadaprejo, Junrejo, Batu Malang, Jawa Timur 65233. Pendiri ponpes ini yaitu bernama H. Sulaiman Suhardjito dengan Muhammad Syifa'uddin,SS,M.Ag.

Perlu diketahui bahwa sistem pendidikan di pondok pesantren Darul Falah yaitu bersifat kombinasi antara sistem salaf dan modern. Selain itu aspek yang ditekankan dalam ponpes di batu ini yaitu aspek akhlak dan aspek pengembangan diri. 

4. Pondok Pesantren Miftahul Huda 

Berikutnya yaitu ada pondok pesantren miftahul huda yang lokasinya berada di Jl. Galunggung, Gading Kasri, Klojen. Pendiri pondok pesantren ini bernama KH Hasan Munadi dan didirikan sejak tahun 1768. Kurikulum dalam pesantren ini terbagi atas 3 tingkatan yaitu ula, wustho, dan ulya. 

5. Pondok Pesantren Bahrul Ulum

Lokasi pondok pesantren barul ulum yaitu berada di Jl. Durian No.26, Prabon II. 

6. Pondok Pesantren Darul Karomah

Daftar ponpes selanjutnya yang ada di kota Malang Raya yaitu pondok pesantren darul karomah. Alamat pondok pesantren ini berada di Jl.Raya Randu Agung Gg V Singosari Malang. Pesantren ini didirikan sejak tanggal 1 Juli 1993.

7. Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri 

Pondok pesantren mulai dirintis sejak tahun 1963 oleh Romo Kyai Ahmad. Sedangkan alamat lengkap ponpes salafiyah bihaaru bahri asali fadlaailir rahmah yaitu berada di Jln. KH. Wahid Hasyim Desa Sananrejo, Turen, Kabupaten Malang. 

8. Pondok Pesantren Darul Muttaqien

Alamat pondok pesantren darul muttaqien yaitu berada di Jl. Pondokan , Bantur.

9. Pondok Pesantren Babussalam

Pondok pesantren yang ada di Malang Raya berikutnya yaitu ponpes babussalam. Alamat pondok pesantren yang satu ini yaitu berada di Jalan Kh Hasyim Asyari , Banjarejo.

10. Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Lokasi pondok pesantren mambaul ulum yaitu berada di Dusun Tunjungsari , Desa Bantur.

Nah, itulah saja informasi yang bisa diberikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah di Malang Raya, Provinsi Jawa Timur. Semoga bisa berguna ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Wilayah Malang Raya"