Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Tahfidz Qur’an di Semarang

Pesantren Tahfidz Qur’an di Semarang

Kota Semarang adalah Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah dan termasuk kota terbesar kelima yang ada di Indonesia setelah kota Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung.

Oleh karena itu tidak heran apabila di kota Semarang ini banyak sekali adanya berbagai kegiatan mulai dari politik, pendidikan, keagamaan, bisnis dan lain-lain. Salah satu kegiatan pendidikan yang berhubungan dengan keagamaan yaitu adanya lembaga pendidikan agama seperti pondok pesantren yang berfokus menghafal Al-Qur'an.

Pesantren Tahfidz Qur’an di Semarang

Pondok pesantren yang ada di Semarang tentunya sangat beragam dengan berbagai jenjang yang ada di dalamnya. Salah satu pesantren yang ada di Semarang adalah pondok pesantren tahfidz quran yang mampu mencetak hafidz maupun hafidzoh. 

Daftar Nama Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Semarang

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren tahfidz quran yang ada di Semarang adalah: 

1. Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al Khoiriyyah

Pondok pesantren tahfidz quran al khoririyyah merupakan salah satu ponpes tahfidz quran yang ada di Semarang dan beralamat di Jl. Bulustalan III-A No 253. Pesantren di Jawa Tengah ini juga memiliki banyak kegiatan antara lain seperti tahajjud / qiyamul lail, shalat fardhu berjamaah, ziadah tahfidzul quran, kajian kitab, tikror tahfidzul quran, dan tikror mapel sekolah.

Sedangkan fasilitas yang diterima para santri pada saat melakukan mondok di pesantren ini yaitu makan 3 kali sehari, asrama putri dan putra, almari santri, serta tempat tidur dan lain sebagainya. 

2. Pondok Pesantren Nurus Sunnah 

Sekolah islami yang satu ini pada dasarnya memiliki program tahfidz dalam jangka waktu 9 tahun dengan target hafalan minimal 15 juz. Jangka waktu 9 tahun tersebut dibagi menjadi 2 tahapan yaitu tahap pertama usia 3 sampai dengan 6 tahun selama 3 tahun dan usia 6 hingga usia 12 tahun selama 6 tahun. 

3. Pondok Pesantren Salafiyyah Al-Munawir 

Pondok pesantren tahfidz quran di Semarang yang berikutnya yaitu pondok pesantren Salafiyyah Al-Munawir. Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Jalan KH. Munawir 13, Kota Semarang. Selain memiliki program tahfidz quran, ternyata pondok pesantren ini juga memiliki kegiatan lainnya seperti pengajian kitab kuning, rebana, bahtsul masail, dan lain-lain. 

4. Pondok Pesantren As Salafy Al-Asror

Pondok pesantren As Salafy Al – Asror diselenggarakan sesuai dengan ahlussunnah wal jamaah. Selain itu visi ponpes ini ialah mencetak kader muslim, beriman, bertaqwa, memiliki akhlak terpuji dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pesantren As Salafy Al-Asror selain memiliki program atau kegiatan tahfidz quran, ternyata juga dilakukan pengkajian kitab kuning, tilawatil quran, rebana , qosidah, dan lain-lain. 

5. Pondok Pesantren Tahfidz Quran/Bustanul Quran

Berikutnya yaitu ada pondok pesantrn tahfidz quran atau lebih akrab disebut bustanul quran ini beralamat di Jl. Madusari I, Plamongan Sari, Kec. Pedurungan, Kota Semarang. 

6. Pondok Pesantren Tahfidz Wathonul Quran

Terakhir yaitu ada pondok pesantren tahfidz wathonul quran yang beralamat di Jalan Prasetya Abdi Bangsa II No.44, Gemah, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren tahfidz Al-Qur’an yang ada di wilayah Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Semoga bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Tahfidz Qur’an di Semarang"