Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Jombang

Pondok Pesantren Tahfidz di Jombang

Jombang merupakan daerah yang mempunyai wilayah sangat strategis, karena berada di persimpangan jalur lintas selatan dan utara Pulau Jawa.

Selain itu Jombang juga merupakan salah satu daerah yang melahirkan banyak tokoh terkemuka antara lain seperti KH Wahid Hasyim, KH Hasim Asyari, KH Abdurahman Wahid, Emha Ainun Naji,  dan lain sebagainya. 

Pesantren Tahfidz Qur’an di Jombang

Jombang dikenal pula sebagai kota santri, hal ini lantaran daerah tersebut memiliki banyak lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa Jombang merupakan pusatnya pondok pesantren di Pulau Jawa. Salah satu program pondok pesantren yang ada di Jombang adalah program tahfidz quran yang selalu diminati banyak masyarakat. 

Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an di Jombang

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar pondok pesantren tahfidz quran di Jombang adalah;

1. Pondok Pesantren Tahfidz Quran Darussalam

Pertama yaitu pondok pesantren tahfidz quran darussalam yang beralamat di Desa Gondek, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang. Pondok pesantren yang satu ini menggunakan metode shalat sunnah dengan membaca ayat Al-Quran setelah Al-fatihah di setiap rakaatnya.

Tujuannya agar para santri dapat menghafal surat surat di al quran dan dalam dua bulan sudah khatam 30 Juz. Sedangkan shalat sunnah yang diterapkan adalah shalat sunah dhuha dan tahajjud.

Selain itu ponpes ini juga menerapkan metode setoran hafalan yaitu setiap satu hari para santri wajib menyetorkan hafalan di depan guru sebanyak dua kali. Biasanya setoran dilaksanakan setiap pukul 9 pagi dan 9 malam.

2. Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an

Kedua yaitu pondok pesantren hamalatul quran yang beralamat di Jl. Raya Jogoroto Dusun Sumberbendo Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang.

Perlu diketahui bahwa pondok pesantren di Jombang yang satu ini lokasinya sangat dekat dengan beberapa pondok pesantren besar yang ada di Jombang, antara lain seperti Pesantren Tebuireng Jombang, Pesantren Darul Ulum Peterongan, Pesantren Tambakberas dan Pesantren Denanyar.

3. Pondok Pesantren Bumi Al Quran Wonossalam

Ketiga yaitu pondok pesantren bumi al quran wonossalam yang berdiri sejak tahun 2016. Kurikulum pada ponpes ini yaitu kulliyat muallimin al quraniyyah, yang mana pada kurikulum tersebut fokus utamanya ialah al quran.

Sehingga pondok pesantren bumi al quran wonossalam dikenal sebagai ponpes tahfidz terbaik yang ada di Jombang. 

4. Pondok Pesantren Walisongo Cukir

Keempat yaitu pondok pesantren walisongo cukir yang letaknya berdekatan dengan pondok pesantren tebuireng Jombang. Program pendidikan di ponpes ini cukup lengkap yaitu mulai dari diniyah, tahfidz quran, dirasal al quran, lughat arabiyah, dan sebagainya. 

5. Pondok Pesantren Madrasatul Quran

Kelima yaitu pondok pesantren madrasatul quran yang fokus pendidikannya yaitu pada al quran. Sehingga keistimewaan pada ponpes ini adalah tahfidz qurannya.

Program tahfidz quran ini dilakukan melalui pembelajaran dari awal seperti tahsin, pembenaran memeriksa bacaan pada masing-masing santri, penghafalan al quran, dan pembelajaran qiraah sabah atau 7 macam jenis bacaan al quran. 

6. Pondok Pesantren Tahfidz Al Falah 2 Jombang

Terakhir yaitu pondok pesantren tahfidz al falah 2 yang alamatnya berada di JL. Kemuning, Blok F-2, Candi Mulyo, Gang Masjid Baitussholihin, Candi Mulyo, Kec. Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren khusus tahfidz qur’an yang berada di Kabuaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Semoga bisa berguna.

Posting Komentar untuk "6+ Pesantren Tahfidz Qur’an Terbaik di Jombang"