Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Maluku

Pondok Pesantren di Maluku

Wilayah dengan julukan kepulauan rempah ini menjadi salah satu wilayah yang banyak dikunjungi para pedagang dari dalam maupun luar negeri. Oleh karena itu, pertukaran budaya di sini cukup berkembang pesat, salah satunya dalam bidang agama.

Sebagai agama mayoritas, Islam berkembang cukup pesat. Berikut ini akan dibahas daftar informasi tentang pondok pesantren yang ada di wilayah Maluku

Pondok Pesantren di Provinsi Maluku 

Sebagai salah satu tempat penyebaran Agama Islam, pondok pesantren di wilayah Maluku tersebar hamper di semua wilayah di Maluku. Jumlah pemeluk agama islam disini sebesar 52,85 persen dari keseluruhan jumlah penduduk.

Jumlah pesantren di wilayah ini memang tidak lebih dari 100 pondok pesantren. Meskipun demikian, masyarakat islam di wilayah ini selalu antusias dan menerima baik kehadiran pondok pesantren sebagai salah satu tempatt penyebaran agama islam. 

Simak terus artikel berikut ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait pondok pesantren yang ada di wilayah Maluku. 

Daftar Pondok Pesantren yang ada di wilayah Maluku 

Daftar pondok pesantren yang ada Provinsi Maluku antara lain: 

1. Pondok Pesantren Suffah Hizbullah 

Pesantren ini merupakan salah stau pesantren salafiyah yang berlokasi di dusun oli. Desa Hitu, Kec. Leihitu, Maluku Tengah. Saat ini pesantren ini masih banayk diminati para orang tua karena kualitas Pendidikan yang bagus dan pola asuh santri yang mengedepankan Pendidikan akhlak bagi para santrinya. 

Pola Pendidikan modern islami juga menjadi salah satu daya tarik di pesantren ini. Sanksi sanksi yang membangunpun banyak diterapkan bagi para santri yang melanggar aturan. Salah satu bentuk sanksi yang mendidik adalah para santri harus menghafal 1 juz yang telah ditentutakn ustadz/ustadzah dalam jangka waktu tertentu. 

Pemberian sanksi-sanksi yang membangun, tentu akan memberikan rasa tanggungjawab bagi perkembanagn anak yang mana mereka jauh dari orang tua. 

2. Pondok Pesantren Nurul Quran

Pesantren ini berlokasi di Desa Igobula, Kec. Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara. Lebih dari 150 santri mukim berada di pesantren ini. Menganut tipe pesantren slaafiyah, pesantren ini menerima santri dari berbagai wilayah di Indonesia. 

Program unggylan berupa Tahfidz Al Quran dan terjemahannya. Sedangkan untuk program Pendidikan umum sama seperti ponpes pada umumnya berupa Pendidikan formal jenjang SMP/MTs. Pendidikan pengembangan yang tersedia berupa kaligrafi, computer dan lain sebagainya. 

3. Pondok Pesantren Al Khairat Bukit Rahmat

Masih dari wilayah Maluku Utara, pesantren ini berlokasi di Jl. Bukit Rahmat, Desa Waiipa, Sanana, Kab. Kepulauan Sula, Maluku Utara. Pesantren ini merupakan salah stau cabang pesantren Al Khairat yang berpusat di Palu. 

System Pendidikan yang diterapkan di sini juga sama seperti system pembelajaran Pesantren Al Khairat Palu dan cabang-cabang lainnya, dimana program utamanya adalah Tahfidz Al quran. 

Lebih dari 400 santri bermukin di pondok pesantren ini. Jumlah tersebut terbilang cukup besar dibandingkan pondok pesantren lainnya di wilayah Maluku.

4. Pondok Pesantren Nurul Bahri 

Pesantren ini berlokasi di Jl. Tambak, Bojo Pohea, Kec. Sanana, Maluku Utara. Jenjang Pendidikan disini dimulai dari tingkat Diniyah hingga Madrasah. Tipe pengajaran menggunakan tipe kombinasi. 

Pesantren ini cukup banayakk diminasi masyarakat karena kualitasnya. Saat ini lebih dari 400 santri mukim dan tidak mukim menimba ilmu di pesantren ini. 

5. Pondok Pesantren Darul Muhsinin

Pesantren ini berlokasi di Jl. Pesantren, Waihama Sanana, Kec. Sanana, kab. Kepulauan Sula, Maluku Utara. Jenjang Pendidikan formal yang ada di pesantren ini mulai dari Madrasah Ibtidaiyah hingga Madrasah Aliyah. 

Menerapkan tipe kombinasi dalam pengajaran di pesantren, ponpes Darul Muhsinin memiliki jumlah santri lebih dari 100 santri. 

6. Pondok Pesantren Sunnah Ali bin Abi Thalib Tidore

Pesantren ini berlokasi di Kota Tidore, Maluku. Bagi para calon santri yang ingin mendaftar harus melalui tahap seleksi berupa tes pengetahuan umum dan PAI, tes psikotes termasuk wawancara orang tua/wali, serta BTQ dan hafalan Al Quran. 

Biaya masuk di pesantren ini sebesar Rp. 7.925.000 sudah termasuk uang pengembangan sekolah dan seragam serta berbagai fasilitas lainnya. Jenjang pendidikan formal yang tersedia berupa salafiyah Wustha atau setingkat SMP/MTs dengan program unggulan berupa tahfidz Al Quran dan bahasa Arab. 

7. Pondok Pesantren Darul Quran Al Anwariyah Tulehu

Pesantren ini berlokasi di Desa Tulehu, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku sistem pendidikan dilakuakn dengan menerapkan sistem pendidikan modern dengan penggunaan dua bahasa dalam aktivitas sehari-hari yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris. 

Berdiri sejak tahun 2001, pesantren di Maluku Tengah sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat serta banayk prestasi yang diraih seperti juara 1 lomba MTQ tingkat Provinsi pada tahun 2019. Untuk jenajng pendidikan, pesantren ini menyediakan jenjang pendidikan pendidikan dasar dan menengah. 

8. Pondok Pesantren Salafiyah Ittaqullah Cengkeh

Pesantren yang berdiri sejak tahun 2007 ini berlokasi di Jl. Kebun Cengkeh, Kelurahan Batu Merah, Kec. Sirimau, Kab. Ambon, Maluku. Kurikulum pendidikan pesantren yang diterapkan berupa pendidikan pesantren dari kementrian agama dengan program utama yaitu pengkajian kitab kuning seperti sorofa, amsilah, nahwu, syarah, Mutammimah, dan safinah. 

Secara umum tidak ada metode pembelajaran khsusus yang diterapkan di pondok pesantren ini, pembelajaran dilakukan sesuai dengan kebiasaan yang sudah tertanam di pondok pesantren ini. 

9. Pondok pesantren Khoiru Ummah Waitila

Pesantren ini didirikan sejak tahun 1995 di Jl. Lintas Seram, Desa waitila, Kec. Seram Utara Timur Seti, Kab. Maluku tengah, Maluku. Dalam pengajarannya, pesantren ini mengkombinasikan sistem pendidikan salaf dan modern. 

Pendidikan formal yang tersedia berupa RA, MI, MTs, dan MA. Sala satu prestasi yang pernah didapat adalah juara dalam lomba TPQ hingga tingkat nasional. Hal tersebut menandai perkembangan pesantren yang pesat dari segi prestasi. 

10. Pondok Pesantren Hidayatullah Liang

Pesantren yang berdiri sejak tahun 1993 ini berlokasi di Dusun Tanah Merah, Desa Liang, Kec. Salahutu, Kab. Maluku Tengah, Maluku. Pesantren ini merupakan salah satu cabang pesantren Hidayatullah di Jakarta Timur. 

Untuk menyeimbangkan antara pendidikan umum dan pendidikan pesantren, pesantren Hidayatullah membuka jenjang pendidikan formal mulai dari RA hingga MA. Pembelajaran agama dilakukan dnegan mengkaji kitab Minhajul Muslim, Al Sa’ady, Al Ahkam, Al Rahiq Al Maktum, serta Al Arabiyah baina Yadaikas. 

11. Pondok Pesantren Al Anshor

Pesantren yang masih terbilang cukup baru ini didirikan di Desa Batu Merah, Kec. Sirimau, Kota Ambon, Maluku. Mulai beridir sejak tahun 2014, pesantren ini tidak hanya mememiliki tujuan utama untuk mengasuh dan mendidik anak yatim dan Duafa. 

Dalam perkembangannya saat ini, pesantren ini berhasil membangun jenjang pendidikan formal berupa RA, MI, MTs, serta MA. Seperti pada pondok pesantren pada umumnya, untuk pembelajaran di sekolah formal dilakukan pemisahan antara santri putra dan santri putri. 

12. Pondok Pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Tidore

Pesantren ini berlokasi di Ome, Tidore Utara, Kota Kepulauan Tidore, Maluku. Selain pendidikan keagamaan di pesantren, pesantren Harisul Khairaat Bumi Hijrah Tidore membuka jenjang pendidikan formal MI, MTs, dan MA. Lokasi jenjang pendidikan formla berada dalam satu lokasi. 

Sama seperti pondok pesantren pada umumnya, pesantren ini juga mengedepankan pendidikan agama berupa Tahfidz Al Quran dan pengkajian kitab kuning. 

13. Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Namlea

Pesantren ini berlokasi di Desa Karang Jaya, Namlea, Kab. Buru, Maluku. Jenjang pendidikan formal yang disediakan berupa MTs Uswatun Hasanah, dan MA Uswatun Hasanah. Kurikuklum yang digunakan dalam pembelajaran berupa kurikulum dari kemenag dan kurikulum pendidikan. 

Program pendidikan yang menjadi unggulan di pesantren ini antara lain Tahfidzul quran, Durusul Lughoh Al Arabiyah, Kajian kitab Turast, Basic English and Arabic Language, serta Muhadharah. Saat ini Islamic Boarding School ini sudah terakreditasi B+.

14. Pondok Pesantren Al Ikhlas Tual

Pesantren ini berlokasi di desa Tamedan, Kec. Dullah Utara, Kota Tual, Maluku. Berbagai kegiatan pengembangan disediakan di pondok pesantren ini, salah satunya adalah seni tari. 

Untuk saraan dan prasarana, pesantren ini memiliki satu masjid yang terbilang cukup besar sebagai pusat kegiatan para santri. Selain itu di tengah pesantren terdapat lahan lapangan hijau yang luas yang memungkinkan para santri belajar dnegan lebih nyaman karena lokasi dan sarpras yang memadai.

15. Pondok Pesantren Darul Ihsan Laimu

Pesantren ini berlokasi di Jl. Trans Seram Laimu, Kec. Telutih, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Sistem pendidikan diselenggaran berdasarkan sistem pendidikan modern. Pendidikan formal bersistem muadallah mallimin (SPM/KMI). 

Dalam kesehariannya, para santri diajarkan dan dibiasakan untuk menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris. Para santri yang telah lulus dan memiliki ijazah jenjang SPM/KMI yang setara dengan jenjang ulya atau SMA/MA ini nantinya dapat diterima sebagai pengajar di pondok pesantren ini. 

Itulah saja daftar informasi yang bisa admin bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Provinsi Maluku. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "15 Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Maluku"