Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11+ Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Sulawesi Utara

Pondok Pesantren di Sulawesi Utara

Wilayah yang berada di ujung utara pulau Sulawesi ini memiliki beberapa pondok pesantren yang terbaik, atasa alasan inipula setidaknya tentu dapat bersaing dengan pesantren-pesantren lain di wilayah Sulawesi lainnya.

Adapaun dalam artikel ini akan membahas terkait dengan daftar pondok pesantren yang berlokasi di Sulawesi Utara.

Pondok Pesantren di Sulawesi utara

Tidak semua kabupaten atau kota di Sulawesi Utara memiliki pondok pesantren. Begitu pun dengan jumlah pondok pesantren secara keseluruhan. Wilayah Sulawesi Utara memiliki jumlah pondok pesantren lebih sedikit dibandingkan provinsi lain di pulau Sumatera. 

Menurut Kemenag, jumlah pesanten di wilayah Sumatera Utara paling banyak berada di kota Bolaaang Mongondow dengan 5 pondok pesantren. Kemudian diikuti Kota Manado dengan jumlah pondok pesantren sebanyak 4, Minahasa Utara dengan 3 pondok pesantren, Kab. Boolang Mongondow Utara dan kab. Bolaang Mongondow selatan masing-masing 2 pondok pesantren. 

Sedangkan kabupaten Dengan jumlah pondok pesantren paling sedikit di provinsi Sulawesi Selatan yaitu Kepulauan Sangihe, Bolaang Mongondow Timur, Kota Tomohon, dan Kota Kotamobagu dengan jumlah pondok pesantren masing-masing 1. 

Meskipun demikian, perkembangan pondok pesantren sudah cukup baik di wilayah ini. Setiap pondok pesantren di wilayah ini memiliki ciri khas nya masing-masing. Bahkan beberapa pondok pesantren di wilayah Sumatera Utara kerap melakukan wisuda bersama di satu tempat tertentu.

Hal tersebut tentu menunjukan adanya keseriusan dan kekompakan pondok pesantren yang ada di wilayah ini untuk membangun dan membina para santri dengan rasa cinta damai dan kekeluargaan. 

Informasi lengkap lainnya terkait pondok pesantren yang ada di wilayah Sulawesi Utara akan dibahas pada tulisan dibawah ini. 

Daftar Pondok Pesantren di Wilayah Sulawesi Utara

Beberapa daftar pondok pesantren yang ada di wilayah Sulawesi Utara antara lain: 

1. Lembaga Pendidikan Islam Pondok Karya Pembangunan

Pesantren ini berlokasi di kota Manado. Sejak awal didirikan sekitar tahun 1977, pesantren ini memiliki dua jenjang pendidikan formal yaitu Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah. Dalam proses pembelajarannya, pesantren di Kota Manado ini menggunakan kurikulum dari kemenrian agama dalam pendidikan formal, serta kurikulum yang dibuat oleh pihak pesantren dalam pengajaran agama di pesantren. 

2. Pondok Pesantren Al Khairat Bolaang Mongondow Utara 

Pesantren ini berlokasi di Kab. Mongondow Utara. Berdiri sejak tahun 1963, pesantren ini menjadi salah satu pesanten tertua di provinsi Sulawesi Utara. Sebagai pesantren tertua, pesantren Al Khairat memiliki 6 jenjang pendidikan formal yaitu PAUD, TK Al Quran, MDA, SD, MTs, serta MA.

Pendidikan agama yang dibarengi dengan pendidikan ilmu pengetahuan umum memang sangat diperlukan. Begitupun di pesantren ini. Penyelenggaraan pendidikan umum dilakukan dengan persentase 25 persen dan 75 persen pendidikan agama. 

3. Pondok Pesantren Hidayatullah Bitung

Pesantren Hidayatullah Bitung didirikan sejak tahun 1995 di kelurahan Waruger Barat, Kec. Bitung Barat, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Dalam pengajarannya, pesantren ini menganut sistem pondok pesantren ashriyah. 

Terdiri dari tiga tingkatan yaitu RA, MI, dan MTs, pesantren ini memiliki santri lebih dari 200 santri. Sebagai salah satu cabang dari pondok pesantren Hidayatullah yang ada di  kota Balikpapan, kurikulum yang digunakan mengadaptasi dari pondok pesantren tersebut. 

4. Pondok Pesantren Assalam

Berlokasi di Ibukota Provinsi, pondok pesantren Assalam sudah berdiri sejak tahun 1989. Tiga lembaga pendidikan formal yang tersedia yaitu MTs, MA, dan SMK. 

Dalam proses pembelajaran, pesantren ini menggunakan kurikulum dari kementian agama untuk madrasah. Sedangkan untuk pendidikan umum, pesantren ini menggunakan kurikulum dari Kementrian pendidikan. 

Berbagi kegiatan penegmbangan juga disediakan, seperti keolahragaan, tata boga, menjahit, kesenian, Pidato bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia, serta berbagai kegiatan laiHidaynnya yang tentunya akan memabntu para santri dalam mengembangkan bakat dan minat. 

5. Pondok Pesantren Kombos

Pesantren yang satu ini didirikan pada tahun 1977 di Jl. Arie Lasut, Kombos Timur, Kec. Singkil, Manado, Sulawesi Utara. Pesantren ini memiliki nama asli Pondok Karya Pembangunan, namun lebih sering dikenal dengan sebutan pesantren kombos. 

Selain pembelajaran pondok pesantren yang bersifat agamis, pesantren ini juga membangun gerakan demografis-akomodatif, ideologi-politik, dan demografis-asosiatif. Ketiga program tersebut bertujuan untuk membangun karakter santri agar memahami ilmu agama yang dibarengi dnegan sikap rasional, humanistik, dan juga fungsional. 

6. Pondok Pesantren Arafah

Pesantren ini berlokasi di Dusun Kec.  Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara. Kurikulum yang digunakan berupa kurikulum dari kementrian pendidikan dan kurikulum kementrian agama yang disinergikan dengan kurikulum pesantren.

Adapaun pendidikan kepesantrenan yang diselenggarakan berupa Tahsin tajwid dan tilawah, tahfidzul quran dan hadist, kajian keislaman rutin, pidato bahasa arab dan inggris, dan ujian al quran setiap bulan. 

Jenjang pendidikan formal yang tersedia berupa MI, MTs, dan MA dengan program pengembangana diri berupa beladiri, pramuka, olahraga, cocok tanam, dan peternakan. Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari web resmi pesantren Arafah, biaya SPP bulanan sebesar 650 ribu. 

Berbagai prestasipun telah banyak dimiliki seperti juara umum pospeda se-provinsi pada tahun 2019, juara 1 nasional lomba pramuka vidio pendek pada tahun 2019, dan masih banyak lagi. 

7. Pondok Pesantren Hidayatullah Mongondow

Pesantren ini berlokasi Desa Ibolian, Kec. Dumoga Barat, Kab. Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Sistem pengajaran di lakukan di pesantren Hidayatullah Mongondow menggunakan sistem Ashriyah. 

Kegiatan keagamaan yang dilakukan hampir sama dengan pondok pesantren pada umumnya seperti program Tahfidz Al Quran, pengajian rutin, dan lain sebagainya. Salah satu hal menarik yang ada di pesantren ini adalah program kajian siroh nabawiyah dengan metode praktek langsung. 

Salah kegiatan tersebut yaitu pembersihan sampah di pesisir pantai. Selain melatih para santri untuk bersikap cinta kebersihan seperti yang di ajarkan Rasulullah, kegiatan ini juga melatih keberanian karena para santri diajarkan juga untuk menyelam. 

8. Pondok Pesantren Biharul Ulum

Pesantren ini berlokasi di Jl. Madrasah, No. 4 Dusun Maen, Kec. Likupang Timur, Kab. Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Pesantren ini merupakan salah satu pesantren Muhammadiyah yang ada di wilayah Minahasa Utara. Pesantren ini juga merupakan pesantren pertama yang berdiri di wilayah Minahasa Utara. 

Selain pendidikan formal, pendidikan pengembangana diri atau ekstrakurikuler juga menjadi perhatian khusus, salah satunya adalah bela diri pencak silat. Baru-baru ini pesantren ini mendapat juara dalam olaharaga bela diri pencak silat se-Sulawesi pada tahun 2021. 

Selian prestasi para santri, para pengajar di pesantren ini juga aktif mengikuti berbagai program pembinaan yang diselenggarakan kementrian setempat. Keaktivan Pengajar dan peserta didik menunjukan adanya semangat tinggi dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan. 

9. Pondok Pesantren Hidayatullah Bintauna Manado

Keberadaan pondok pesantren Hidayatullah di Sulawesi Utara memang tersebar di hampir di semua wilayah. Pada penjelasan sebelumnya telah dibahas pondok pesantren Hidayatullah yang berlokasi di Mongondow Utara. Kali ini akan dibahas tenteng pondok pesantren hidayatullah yang berlokasi di Kota Mapanget Barat, Kec. Mapangat, Kota Manado, Sulawesi Utara. 

Pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal berupa SD, MTs, dan MA. Untuk pendidikan non-formal, pesantren ini menyelenggarakan Taman Pendidikan Quran (TPQ), Madrasah Diniyah, serta Majelis Taklim. 

Ada 16 program pengembanngan diri atau ekstrakurikuler yang diselenggarakan mulai dari keagamaan berupa tahfidzul Quran, kajian kitab, seni baca Al Quran, serata tilawah. Selain keagamaan, ada pula ekstrakurikuler bela diri, paskibra, webDesign, paduan suara, pengembangan ketrampilan usaha berupa komputer jaringan, jurnalistik, marching band, PMR, Rebana, Olahraga, dan komputer. 

10. Pondok Pesantren Darul Istiqamah

Pesantren ini berlokasi di Kelurahan Bailang, Kec. Bailang, Kota Manado, Sulawesi Utara. Saat ini pesantren darul Istiqamah menyelenggarakan tiga jenjang pendidikan berupa Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrsah Aliyah. Pendidikan juga dibuka untuk anak-anak di lingkungan sekitar yan bukan santri Darul Istiqomah.

Selain sebagai pondok pesantren, Darul Istiqomah juga sekaligus menjadi panti asuhan bagi anak-anak yatim piatu yang ingn belajar agama islam. Lebih dari 170 santri belajar di pesantren ini setiap tahunnya. Para santri juga tidak hanya berasal dari wilayah Manado. Banyak juga santri yang berasal dari luar kota Manado.

11. Pondok Pesantren Hidayatullah Palaes

Masih dengan pondok pesantren Hidayatullah yang berada di wilayah Sulawesi Utara, yaitu pondok pesantren Hidayatullah Palaes yang berlokasi di Dusun Palaes, Kec. Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara

Pesantren ini menyelenggarakan program pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah. Untuk jenjang MA saat ini sudah terakreditasi C. Selain sebagai pondok pesantren, Hidayatullah Pales juga menjadi tempat panti asuhan bagi yatim piatu yang bersemangat belajar agama Islam.

Nah, itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Provinsi Sulawesi Utara. Semoga saja bisa berguna bagi kalian semuanya.

Posting Komentar untuk "11+ Pondok Pesantren Terbaik di Provinsi Sulawesi Utara"