Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Pesantren di Kota Manado Yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kota Manado

Kota Manado merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Sulawesi Utara. Kota ini disebut sebagai kota terbesar kedua di Sulawesi setelah kota Makasar. Selain itu, kota Manado juga diketahui telah memiliki 11 kecamatan dan 87 desa. 

Nama-nama kecamatan yang ada di kota Manado antara lain ialah kecamatan Bunaken, Sario, Singkil, Tikala, Wanea dan lain-lain. Sedangkan masyarakatnya sebagian besar berasal dari suku Minahasa. 

Pesantren di Kota Manado

Kota Manado juga memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren yang terus dikembangkan dan dijaga kualitasnya. Hal ini bertujuan agar ponpes yang ada di kota Manado bisa memberikan lulusan pesantren yang dapat berpatisipasi dalam pembangunan negara dengan nilai-nilai keadilan dan berakhlak mulia. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Manado

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Sulawesi Utara, khususnya Kota Manado adalah;

1. Darul Istiqamah

Pondok Pesantren Darul Istiqamah berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Darul Istiqamah beralamat di Jl. Bailang Raya.

Selain itu para santri yang belajar di ponpes Darul Istiqamah ini selalu diberikan pengajaran ajaran Islam yang cinta kedamaian, sehingga seluruh peserta didik memiliki iman yang kuat dan dapat menjadi teladan di tengah masyarakat. 

2. Assalaam

Pondok Pesantren Assalaam berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Assalaam beralamat di Jl. Kuala Buha Lk. Iv Kelurahan Bailang. Pesantren ini memiliki dua jenis pendidikan yaitu pendidikan formal dan pendidikan non formal.

Pendidikan formalnya terdiri dari MTs dan MA, sedangkan pendidikan non formal terdiri dari tahfidzul quran, madrasah diniyah, serta majelis taklim. Para santri juga mendapat kegatan ekstrakurikuler yang dapat dipilih sesuai dengan minatnya, antara lain seperti seni baca al quran, marching band, PMR, web design, olahraga dan lain sebagainya. 

3. Alkhairaat

Pondok Pesantren Alkhairaat berdiri pada tahun 1985. Pondok Pesantren Alkhairaat beralamat di Jl. Pesantren Rt. 02 Rw. 07. Para santri yang menempuh pendidikan di ponpes Alkhairaat ini tidak hanya diajarkan ilmu agama islam saja, akan tetapi juga diasah skil maupun bakat yang ada dalam diri santri masing-masing.

Hal itu dilakukan dengan memberikan pilihan kepada para santri untuk bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler antara lain seperti jurnalistik, rebana atau hadrah, kajian kitab, komputer, web design dan lain sebagainya. 

4. Pondok Karya Pembangunan Manado

Pondok Pesantren Pondok Karya Pembangunan Manado berdiri pada tahun 1978. Pondok Pesantren Pondok Karya Pembangunan Manado beralamat di Jln Arie Lasut Kombos Timur. Fasilitas yang ada di ponpes ini sudah cukup memadai antara lain yaitu adanya asrama, gedung pesantren, masjid, perpustakaan, koperasi, laboratorium, kantin, gudang dan sebagainya.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara yang bisa dibagikan. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "4+ Pesantren di Kota Manado Yang Bagus"